Warning: Illegal string offset 'id' in /var/www/sastra/wp-content/themes/edupress/single.php on line 4 Warning: Illegal string offset 'id' in /var/www/sastra/wp-content/themes/edupress/single.php on line 4 Warning: Illegal string offset 'id' in /var/www/sastra/wp-content/themes/edupress/single.php on line 4 Warning: Illegal string offset 'id' in /var/www/sastra/wp-content/themes/edupress/header.php on line 4 Warning: Illegal string offset 'id' in /var/www/sastra/wp-content/themes/edupress/header.php on line 4 Warning: Illegal string offset 'id' in /var/www/sastra/wp-content/themes/edupress/header.php on line 4 Seminar “Isu-Isu Mutakhir Pembelajaran Bahasa, Sastra, dan Seni

Beranda » Kegiatan Tri Darma Dosen » Seminar “Isu-Isu Mutakhir Pembelajaran Bahasa, Sastra, dan Seni

Seminar “Isu-Isu Mutakhir Pembelajaran Bahasa, Sastra, dan Seni

Seminar “Isu-Isu Mutakhir dan Problematika dalam Pembelajaran Bahasa, Sastra, Seni dan Alternatif Pemecahannya” diselenggarakan di Aula E6 Fakultas Sastra UM, pada Sabtu, 21 Februari 2009. Seminar tersebut diselenggarakan oleh Pengelola Jurnal Bahasa dan Seni FS UM yang diketuai Dr. Suyono. Seminar tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Sastra UM, Prof. Dr. Dawud. Seminar tersebut menghadirkan empat orang pakar, yakni Prof. Dr. Imam Syafi’ie, Dr. Widodo Hs, Prof. Dr. A. Syukur Ghazali, dan Dr. Moeljadi Pranata.

Pada acara pembukaan, Dr. Suyono menyebutkan bahwa seminar ini merupakan rangkaian kegiatan penguatan jurnal Bahasa dan Seni. Sementara itu, Prof. Dr. Dawud menekankan pada isu pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Kemudahan dan kecepatan mengakses dan mengolah informasi harus diimbangi dengan penciptaan, penyediaan, dan pemberdayaan informasi.

Prof. Dr. Imam Syafi’ie menyajikan makalah Beberapa Isu Mutakhir dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Dalam makalah tersebut dipaparkan model pengajaran BI dan berdasarkan model itu dibahas lebih lanjut isu-isu mutakhir tentang landasan dan tujuan, kurikulum, desain pembelajaran, materi, metode dan media, evaluasi, guru, lingkungan masyarakat, sarana dan prasarana pembelajaran bahasa Indonesia.

Dr. Widodo Hs menyajikan makalah Pembelajaran Bahasa Indonesia Inovatif: Pemberdayaan Potensi Diri Pembelajar. Dalam makalah tersbut dikemukakan bahwa pada sosok pembelajar terdapat potensi diri, yakni (1) kompetensi berbahasa Indonesia, (2) kedwibahasaan, (3) minat, (4) sikap terhadap Bahasa Indonesia, dan (5) motivasi belajar. Pada dasarnya pemberdayaan diri melalui strategi inovatif merupakan upaya pengeksploitasian dan pemeranan kelima aspek potensi diri pembelajar dalam mekanisme instruksional yang intensif dengan mengacu pada prinsip inovatif. Prinsip pembelajaran inovatif yang dimaksud antara lain (1) melibatkan aspek mental secara optimal, (2) menghadirkan dan mengondisikan stimulus belajar yang variatif, unik, dan menantang, (3) menciptakan aktivitas belajar yang kondusif (bermakna, ada nilai baru, dan menyenangkan), dan (5) merekam perkembangan laporan hasil belajar yang teramati dan terukur.

Prof. Dr. A. Syukur Ghazali memaparkan makalah Beberapa Persoalan Pembelajaran Sastra dan Alternatif Pemecahannya. Dalam makalah tersebut dipaparkan pentingnya mempelajari sastra, persoalan pemilihan strategi pembelajaran sastra, persoalan khasanah dan seleksi bacaan sastra, dan persoalan tagihan: nilai atau karya kreatif siswa. Pada penutup makalah tersbut dikemukakan bahwa pembelajaran apresiasi sastra memberikan banyak tawaran yang menggiurkan. Selain sebagai hiburan, ia bisa memperkaya anak didik kita dengan pengetahuan tentang dunia, pikiran dan perilaku orang lain, dan penggunaan bahasa yang hidup. Hamparan permata ini tidak boleh diabaikan. Ratna mutu manikam itu bisa digali jika guru dan siswa senang melakukannya. Manfaat sastra sebagai pengisi jiwa menunggu pribadi-pribadi yang berhasrat memanfaatkannya.

Dr. Moeljadi Pranata menyajikan makalah Pembelajaran Seni dan Desain: Pandangan-Pandangan dan Arah-Arah Baru. Dalam makalah tersebut dikemukakan isu pembelajaran multimedia, teori perancangan multimedia pembelajaran, dan implikasi pada pembelajaran seni dan desain.

Tags:

 
 

1 Comment

  1. bian mengatakan:

    Seneng banged dah bacanya!!
    Hidup bahasa Indonesia!!! :-P

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 

 
 
Warning: Illegal string offset 'id' in /var/www/sastra/wp-content/themes/edupress/footer.php on line 4 Warning: Illegal string offset 'id' in /var/www/sastra/wp-content/themes/edupress/footer.php on line 4 Warning: Illegal string offset 'id' in /var/www/sastra/wp-content/themes/edupress/footer.php on line 4