Home » Kemahasiswaan » Seminar & Workshop Musik Internasional 2012

Seminar & Workshop Musik Internasional 2012

Seminar & Workshop Musik Internasional 2012

Seminar dan workshop musik Internasional 2012, dengan tema “I’m A Music Teacher” diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Seni Tari dan Musik, Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang  bekerja sama dengan Malang Youth Orchestra. Acara ini diselenggarakan di aula Ava gedung E6 FS UM pada tanggal 26 juli 2012.

Narasumber pada seminar dan workshop ini terdiri dari  empat orang guru musik yang berasal dari Indiana USA,yaitu Mr. Chris Meyer,Mrs. Lindsey Meyer, dan Mrs. Heather Perkins.

Menurut Tutut Pristiati S.Sn selaku Dosen Prodi Pendidikan Seni Tari dan Musik sekaligus ketua pelaksana acara seminar dan workshop musik diadakannya acara ini bertujuan untuk pelatihan pembelajaran musik khususnya bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Tari dan Musik, sebagai media pembelajaran peningkatan musik sekolah,.Selain itu acara ini untuk menjalin kerja sama dengan guru-guru luar negeri untuk mendapatkan pengalaman dalam pembelajaran musik sekolah. Dengan diadakannya acara seminar dan workshop ini diharapkan khususnya  mahasiswa PSTM 2011 UM mendapatkan bekal pengalaman dalam bidang pengetahuan musik sekolah sebagai calon guru seni budaya maupun sebagai guru musik nantinya.

Prodi Pendidikan Seni Tari dan Musik merupakan salah satu program studi yang bertujuan menghasilkan tenaga pengajar yang memiliki orientasi tinggi dalam bidangnya. . Prodi Pendidikan Seni Tari dan Musik memiliki Visi dan Misi sebagai berikut:

Visi

Visi Prodi Pendidikan Seni Tari dan Musik menjadi penyelenggara pendidikan tinggi yang unggul, berorientasi pada budaya local dalam pengembangan ilmu kependidikan seni tari dan musik; serta memberikan fasilitas menuju alih fungsi seni tari dan musik dalam masyarakat, melalui pendayagunaan teknologi informasi, yang mempertimbangkan aspek nilai-nilai kemanusiaan.

Misi

Misi Prodi Pendidikan Seni Tari dan Musik adalah mempersiapkan sarjana pendidikan seni tari dan musik yang memenuhi kebutuhan profesi melalui:

  1.  Penyelenggaraan pendidikan tinggi dalam rangka memberikan peluang yang seluas luasnya pada masyarakat untuk mengakses ilmu kependidikan seni tari dan musik.
  2. Keiikutsertaan melakukan konservasi budaya local dan revitalisasi seni tari dan musik dalam masyarakat melalui pendidikan dan pembelajaran, penelitian, dan pengembangan ilmu, serta pengabdian kepada masyarakat.
  3. Pembangunan organisasi yang sehat dalam rangka penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan pencitraan public.

 

Malang Youth Orchestra

MYO (Malang Youth Orchestra) adalah sebuah lembaga Pendidikan Musik yang mencoba mengambil peran mengembangkan minat dan bakat generasi muda dalam bidang musik. Mempersiapkan serta mendidik generasi muda dalam menanggapi perbedaan melalui media musik. perbedaan tersebut adalah perbedaan latar belakang, karakter, kepercayaan dan kebudayaan. Kami berharap dapat menampilkan harmoni yang baik dan baru dalam perkembangan musik di dunia maupun secara khusus di kota Malang. MYO (Malang Youth Orchestra) juga mencoba mempelajari makna kehidupan melalui media musik. Bukan hanya sekedar bermusik tetapi mencoba menghidupi makna agung dari sebuah musik yang dihadirkanNya. Berharap dapat menjadi berkat ditengah dunia dan kehidupan yang penuh keberagaman ini.

Sedangkan menurut Agung Siregar selaku Direktur Malang Youth Orchestra. Malang Youth Orchestra adalah sebuah program yang bertujuan untuk menyediakan wahana bagi anak-anak dari kalangan menengah kebawah dan komunitas marjinal untuk mengeskpresikan diri dan berkreasi.Melalui metoda ‘Orkestra’—lewat proses berlatih, bermain musik bersama, membaca notasi, menulis notasi,mencipta, mengaransir—Anak-anak berkesempatan untuk menjadi seorang musisi dengan kemampuan musik yang baik. Mempersiapkan bibit-bibit musisi profesional yang berasal dari anak-anak kalangan menengah kebawah bahkan dari komunitas marjinal. Memiliki kemampuan bereksplorasi terhadap musik Klasik hingga musik Tradisional. Malang Yotuh Orchestra berupaya menciptakan jembatan bagi anak2 menengah kebawah serta komunitas marjinal untuk menyampaikan bakat dan kemampuan mereka kepada masyarakat

Isi seminar dan workshop ialah tentang system RPP yang diterapkan di Indiana USA. Yaitu dengan metode Bottle Scaft. Bottle Scaft adalah hasil kreatifitas dari kami dimana metode tersebut dkembangkan dari standar pembelajaran musik yang dikeluarkan oleh pemerintah Amerika Serikat. Ada proses pembelajaran dari TK ke SD dari meniru kemudian sedikit demi sedikit belajar membaca notasi. Pembelajaran musik di TK Amerika menggunakan teknik echo-ing atau menirukan. Perlu ditanamkan kepada siswa tentang pentingnya kemampuan membaca notasi, terutama akan sangat dibutuhkan ketika mereka berada di sebuah paduan suara. Bisa menggunakan permainan untuk menarik perhatian siswa untuk belajar notasi seperti menggunakan metode bottle scaft dan hula hop.

Penyelenggaraan seminar dan workshop musik internasional pada tanggal 26 Juli 2012 tergolong cukup sukses. Dengan jumlah peserta mencapai 150 orang, yang terdiri dari beberapa dosen dari ISI Surakarta, ISI Yogyakarta, UNESA, ISI Denpasar, guru-guru sekolah musik se’Malang Raya, guru-guru seni budaya tingkat SMP/MTS/SMA/SMK/MA, Mahasiswa Myanmar, Mahasiswa CLS,dan Mahasiswa Universitas Malang khususnya Prodi Pendidikan Seni Tari dan Musik.

 

 

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment