Beranda » Kegiatan Tri Darma Dosen » MODEL PEMBELAJARAN APRESIASI SENI BERBASIS SWAP ESTETIK PADA PERTUNJUKAN SENI TRADISI LOKAL SEBAGAI ALTERNATIF MODEL PEMBELAJARAN APRESIASI SENI TERPADU DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS – Dra. Lilik Indrawati, M.Pd.

MODEL PEMBELAJARAN APRESIASI SENI BERBASIS SWAP ESTETIK PADA PERTUNJUKAN SENI TRADISI LOKAL SEBAGAI ALTERNATIF MODEL PEMBELAJARAN APRESIASI SENI TERPADU DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS – Dra. Lilik Indrawati, M.Pd.

Lilik Indrawati

A. Pendahuluan

Pemikiran ini berangkat dari kegelisahan-kegelisahan terhadap kondisi pelaksanaan pembelajaran pendidikan seni di sekolah seperti yang juga telah banyak digelisahkan oleh Para pakar pendidikan seni. Karena tampaknya pelaksanaan pendidikan seni di lapangan masih jauh dari harapan dan idealisme konseptual tentang besarnya manfaat dari pelaksanaan pendidikan seni di sekolah umum (SD, SMP, SMA), yang diyakini dapat memberi sumbangan positif pada perkembangan anak didik untuk menjadi manusia dewasa yang utuh.

Beberapa kegelisahan yang mendukung pemikiran ini antara lain: (1) bahwa anak Indonesia saat ini tampak semakin asing, bahkan tidak mengenal budaya dan lingkungannya sendiri (Fajardo, dalam Pannen, 2008). Anak-anak masa kini tampaknya lebih akrab dengan cerita dan tokoh impor seperti Ipin-Upin, Harry Potter dan sebagainya. Bahkan Jazuli (2008: 83) memprediksi bahwa sebagian besar generasi muda sekarang kurang mengenal warisan seni budaya nenek moyangnya yang diyakini memiliki nilai filosofis yang tinggi.

Adanya pengakuan dan pelaksanaan pendidikan seni di lapangan (sekolah umum) yang jauh dari ideal. Apalagi ketika nama mata pelajaran ini di SD dan SMP pernah menjadi KTK atau Kertakes, di mana pada saat itu tampaknya jati diri pendidikan seni semakin terjebak sebagai mata pelajaran keterampilan, apalagi jika gurunya tidak berbekal konsep yang jelas dan mantap tentang posisi mata pelajaran ini dalam lairikulum di sekolah umum. Banyak guru seni yang lebih menekankan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran seni pada produk

DOWNLOAD FILE: 04. Model Pembelajaran Apresiasi

Tags:

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment