Beranda » Profil Profesor & Doktor » Djoko Saryono, Dr. M.Pd

Djoko Saryono, Dr. M.Pd

Dr. Djoko Saryono, M.Pd

Dr. Djoko Saryono, M.Pd. lahir di Madiun tanggal 27 Maret 1962. Memperoleh gelar Sarjana dalam Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dari IKIP MALANG (1985). Gelar Magister dalam Bidang Pendidikan Bahasa Indonesia diperoleh dari IKIP MALANG (1991). Gelar Doktor dalam Bidang Pendidikan Bahasa Indonesia diperoleh dari IKIP MALANG (1998) dengan disertasi berjudul Representasi Nilai Budaya Jawa dalam Prosa Fiksi Indonesia di bawah Promotor: Prof. Dr. Zuchridin Suryawinata (IKIP MALANG).

Bidang yang diminati dan ditekuninya selama ini adalah Estetika Sastra, Teori Sastra, Kajian Budaya, dan Pengajaran Bahasa dan Sastra.

Sudah banyak buku referensi yang ditulisnya, antara lain (1) Beberapa Teori Belajar Bahasa (Proyek OPF IKIP MA­LANG, 1994), (2) Tata Krama Komunikasi Berbahasa Indonesia (Proyek OPF IKIP MALANG, 1995), (3) Psikolinguistik (FPBS IKIP MALANG, 1995), (4) Bahasa Indonesia, Kebudayaan, dan Kekuasaan: Dalam Kaitannya dengan Orde Baru (FPBS IKIP MALANG, 1996) (5) Sufisme dan Sastra (FPBS IKIP MALANG, 1996), (6) Seserpih Model Kajian Fiksi Indonesia (FPBS IKIP MALANG, 1996), (7) Religiositas Jawa dalam Fiksi Indonesia (FPBS IKIP MALANG, 1997), (8) Nilai Budaya Jawa (FPBS IKIP MALANG, 1997), (9) Historiografi Sastra Indonesia: Konsep, Teori, dan Problematika (FPBS IKIP MA­LANG, 1997), (10) Estetika Sastra di Indonesia: Pendekatan Sosial Historis (HISKI Komda Malang, 1998), (11) Dasar-dasar Berita (JPBSI FPBS IKIP MALANG, 1998), (12) Pengetahuan Kebahasaan (Diktat Pelatihan Metodologi Mengajar bagi Guru MIN, STAIN MALANG, 1999, (13) Linguistik Bandingan (Penerbit Universitas Terbuka Jakarta, 1999), (14) Dasar-dasar Apresiasi Sastra (Proyek OPF, IKIP Malang, 1997) (15) Di Depan Arogansi Kekuasaan: Kumpulan Kolom (Tabloid Kampus Komunikasi, Universitas Negeri Malang, 2000), (16) Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru (Proyek Perluasan dan Peningkatan Mutu SLTP Jawa Timur, 2001), (17) Manajemen Mutu Sekolah (Proyek Perluasan dan Peningkatan Mutu SLTP Jawa Timur, 2001), (18) Model-model Pembelajaran Mutakhir (Proyek Perluasan dan Peningkatan Mutu SLTP Jawa Timur, 2001), (19) Pergumulan Estetika Sastra di Indonesia (Penerbit Sava Media Malang, dalam proses penerbitan), dan (20) Mendulang Suara Sufistis dan Relegius dalam Sastra (Penerbit Ar-Ruzz, Yogyakarta, dalam proses penerbitan).

Pelbagai penelitian yang sudah dilakukakannya, antara lain (1) Manusia dalam Novel-novel Iwan Simatupang (Pusat Penelitian IKIP MALAN­G, 1994), (2) Sufisme dalam Cerpen-cerpen Danarto (Pusat Peneliti­an IKIP MA­LANG, 1994), (3) Tata Berbahasa Indonesia: Telaah Pemakaian Bentuk Bahasa dalam Tindak Berbahasa (Ditbinlibtamas, Jakarta, 1995), (4) Transformasi Nilai Budaya Jawa dalam Sastra Indonesia (Ditbinlib­tamas, Jakarta, 1995), (5) Tata Krama Komunikasi Masyarakat Indonesia Indonesia (Ditbinli­tabmas, Jakarta, 1996), (6) Citra Wanita Indonesia dalam Sastra: Telaah Isi Novel-novel Indonesia Modern (Ditbinlitabmas, Jakarta 1997), (7) Dunia-Kehidupan Perempuan dalam Novel Indonesia (Ditbinli­tabmas, Jakarta, 1998), (8) Karakteristik Karya Sastra Karya Penulis Jawa Timur (Pusat Pembinaan dan Pengembang­an Bahasa, Jakarta, 1998), (9) Dunia-Kehidupan Perempuan dalam Novel Populer Indonesia (Ditbinlitabmas, Jakarta, 2000), (10) Representasi Nilai Budaya Jawa dalam Prosa Fiksi Indonesia (Disertasi, Program Pascasarjana IKIP Malang, 1998), (11) Uji Kompetensi Guru-guru 8 Mata Pelajaran di Jawa Timur (Proyek Perluasan dan Peningkatan Mutu SLTP Jawa Timur, 2001), (12) Pengembangan Model Pelatihan Guru Mata Pelajaran bagi Peningkatan Mutu Pembelajaran (Proyek Perluasan dan Peningkatan Mutu SLTP Jawa Timur, 2001), (13) Pengembangan Model Pendidikan Dasar dan Menengah Berorientasi Kecakapan Hidup di Jawa Timur (Lembaga Penelitian UM bekerja sama dengan Balitbang Provinsi Jawa Timur, 2002), dan (14) Dunia-Kehidupan Perempuan dalam Sastra Peranakan Tionghoa (LIPI dan Kementerian Ristek, Jakarta, 2004).

Pelbagai artikel jurnal yang sudah dipublikasikan, antara lain (1) Gagasan Dasar Noam Chomsky tentang Tatabahasa Transformasi (Jurnal Bahasa dan Seni, No. 53, Februari 1993), (2) Bahasa Indonesia sebagai Cermin Dinamika Kekuasaan Orde Baru (Majalah Kebudayaan Basis, No.2, Februari 1993, Tahun XLII), (3) Wanita Tersiksa dalam Novel Indonesia (Majalah MAKNA, Edisi III, Agustus 1993, (4) Pertemuan Dua Dunia: Sufisme dan Sastra, Majalah Vokal, Edisi, Tahun IV, 1993, (5) Sekelumit tentang Disfasia (Jurnal Bahasa dan Seni, No. 1, Februari 1994), (6) Konsepsi sastra Indonesia dalam Historiografi Sastra Indonesia, Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, JPBSI, Th. 1, No. 1, Feb. 1995), (7) Basa-basi dalam Tata Krama Berbahasa Indonesia (Jurnal Pendidikan Humanio­ra dan Sains, Th. 1, No. 2, April 1995), (8) Transformasi Nilai Budaya Jawa: Kisah dan Berita Pikiran dalam Novel Indonesia (Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, Th. 1, No. 2, Agustus 1995), (9) Sosok Mutakhir Pengajaran Apresiasi Sastra Indonesia (Telaah Kurikulum 1994 Bidang Studi Bahasa Indonesia) (Jurnal Vokal, ­Th. VI, No. 1, Maret 1996), (10) Sastra, Sistem Lambang, dan NIlai Budaya (Jurnal Vokal, Th. VII, No. 1, Februari 1997, (11) Transformasi Nilai Budaya: Konstruk Teoretis (Jurnal Paradigma, Th. III, No. 1, Juni 1997), (12) Citra Wanita dalam Novel Indonesia (Jurnal Paradigma, Th. III, No. 2, Desember 1997, (13) Chairil Anwar: Citra dan Sosoknya (Jurnal Puisi Perisa, Dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia, 1997), (14) Pemikiran Iwan Simatupang tentang Manusia (Jurnal Paradigma, Juli 1998), (15) Sosok Priyayi Jawa dalam Prosa Fiksi Indonesia (Jurnal Humaniora dan Sains, Agustus 1998), (16) Representasi Nilai Estetis Jawa dalam Prosa Fiksi Indonesia (Jurnal Paradigma, Volume VI, Nomor 10, Agustus 1999), (17) Transformasi Nilai Budaya Jawa dalam Sastra Indonesia (Jurnal Vokal JPBSI FPBS IKIP Malang, Desember 1999), (18) Konstruks Idealistis Nilai Estetis Jawa (Jurnal Bahasa dan Seni, Volume II, Agustus 2000), (19) Konstruktivisme dalam Pemerolehan Bahas (Jurnal Teknologi Pembelajaran, Volume II, Agustus 2000), (20) Pembelajaran Kuantum sebagai Model Pembelajaran yang Menyenangkan (Jurnal Teknologi Pembelajaran, Volume II, Agustus 2001), (21) Analisis Masalah dan Teknik Pengambilan Keputusan dalam Pembelajaran (Jurnal Gentengkali, Nomor 9—10, Volume 3, Tahun 2001), (22) Keutamaan Kompetensi dalam Era Globalisasi dan Implikasinya bagi Pendidikan Sekolah (Jurnal Gentengkali, Nomor 3—4, Volume 4, Tahun 2002), (23) Pendidikan Kecakapan Hidup: Konsepsi dan Implementasi di Sekolah (Jurnal Gentengkali, Nomor 5—6, Volume 4, Tahun 2002), (24) Hermeneutika sebagai Piranti Analisis Dimensi Sosial Budaya (dari) Karya Sastra (Jurnal Bahasa dan Seni, Edisi Agustus 2003), (25) Pendidikan Sekolah sebagai Wahana Pembentukan Karakter dan Intelektualitas Pelajar untuk Menyongsong Abad Pengetahuan (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Agustus 2003), (26) Keutamaan Kompetensi dalam Era Globalisasi dan Implikasinya bagi Pendidikan Sekolah (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Februari 2004), dan (27) Citra Perempuan dalam Novel-novel Indonesia, (Pelangi Sastra: Jurnal Ilmu Sastra dan Kajiannya, Th. 1, No. 1, Maret 2003).

Djoko Saryono adalah penyaji seminar yang banyak dinantikan peserta seminar. Pelbagai makalah sudah dibentangkannya, antara lain (1) Reformasi Pendidikan Nasional bagi Pembangunan Bangsa Yang Bermartabat (Sarasehan Pendidikan Senat Mahasiswa IKIP MA­LANG, Juli 1998), (2) Islam, Globalisasi, dan Transformasi Budaya, (Diskusi Ilmiah di BDM Al-Hikmah IKIP MALANG, Agustus 1998), (3) Program Budaya Raja Sepuh: Satire Pembentukan Budaya Kekerasan (Seminar Nasional Budaya Kekerasan, Senat Mahasiswa IKIP MALANG, 26 November 1998), (4) Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional: Perspektif Ke­buda­yaan (Seminar Nasional Perumusan Rekomendasi Akhir Peratur­an Perundangan Pendidikan Ikatan Sarjana Teknologi Pembelajaran se-Indonesia di PPS IKIP MALANG, 20 Januari 1999), (5) Agama sebagai Sistem Interpretasi Realitas dalam Kebersamaan Ber­bangsa (Diskusi Ilmiah HMJ Pendidikan Fisika IKIP MA­LANG, 18 Maret 1999), (6) Kendaraan, Simbol, dan Kekuasaan: tentang Hegemoni Kekuasaan di Dunia Transportasi (Yayasan Cakrawala Timur Surabaya, September 2000), (7) Sosok Pemimpin Masa Depan dalam Orde Reformasi (STIBA Malang, November 2000), (8) Menemukan Tempat Sastra Indonesia dalam Upaya Membangun Masyarakat Madani (Simposium Sastra Nasional di Universitas Muhammadiyah Malang, 29-30 Juni 1999), (9) Buku Ajar Bahasa Indonesia bagi Mahasiswa Bukan Bidang Studi Bahasa (Semiloka Penulisan Buku Ajar Bahasa di Politeknik Universitas Brawijaya, 15 November 1999), (10) Masa Depan Bahasa dan Sastra Indonesia pada Milenium III (Seminar Kebahasaan di STKIP Ngawi, 5 Desember 1999), (11) Pengembangan Visi dan Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (Diskusi dan Workshop di FKIP UMM, 11 Februari 2000), (12) Posisi Pers Indonesia dalam Upaya Penguatan Masyarakat Madani demi Terciptanya Tatanan Demokratis (Seminar Pers dan Masyarakat Madani, Untag Banyuwangi, 15 Februari 2000), (13) Memantapkan Rasa Persatuan dan Kesatuan Bangsa menuju Masyarakat Demokratis (Sarasehan Pembinaan Generasi Muda Malang oleh Pemda Kota Malang, 31 Januari 2000), (14) Kiat Menulis Karya Ilmiah (Seminar Sehari Penulisan Karya Ilmiah di SMK Negeri Sidoarjo, 11 Juli 200), (15) Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Inovatif dan Kreatif di SD (Seminar Sehari Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD, IKIP PGRI Malang, 15 Juli 2000), (16) Perlindungan Hak Cipta atas Karya Seni (Seminar Hak Cipta, Direktorat Jenderal Hak Cipta Depkumdang dan PN Malang, 11 Oktober 2000), (17) Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Kedua: Perspektif Pemerolehan Bahasa (Seminar Sehari MGMP Bahasa Indonesia di Aula SMU Tugu Malang, 21 November 2000), (18) Strategi Kebudayaan untuk Membangun Peradaban Baru (Diskusi Kebudayaan yang diselenggarakan oleh Pemda Kabupaten Ngawi dan Lingkar Sastra Tanah Kapur, 4 Maret 2001), (19) Cerpen-cerpen Ratna Indraswari Ibrahim (Sarasehan Peluncuran Kumpulan Cerpen Ratna Indraswari Ibrahim di Gedung DPRD Kota Malang, 13 Maret 2001), (20) Madrasah dan Sekolah Islam: Harapan dan Kenyataan (Seminar Sehari Pendidikan Islam, HMPS Tarbiyah STAIN Malang, 14 Maret 2001), (21) Heterogenitas dan Pluralitas Kebudayaan dan Masyarakat Indonesia (Latihan Kader Pemimpin HMI Cabang Malang, 15 Maret 2001), (22) Hidup Damai di Tengah Kemajemukan Budaya dan Masyarakat Indonesia: Membangun Semangat Multikulturalisme (Orientasi Mubalighin-Mubalighat NU se-Kota Malang, 24 Maret 2001), (23) Perempuan dan Kekerasan Kultural (Pertemuan KOHATI se-Jawa-Bali di Malang, 5 April 2001), (24) Memposisikan Budaya sebagai Perekat Bangsa (Sarasehan Kebudayaan di Universitas Brawijaya, 19 April 2001), (25) Sastra sebagai Media Pembelajaran Etika dan Moral (Seminar Sehari Pembelajaran Etika di IKIP PGRI Malang, 2 Juli 2001), (26) Pembelajaran Kuantum (Seminar Quantum Learning di Untag Banyuwangi, 17 September 2001), (27) Menggagas Manajemen Pendidikan Berbasis Kekuatan Daerah (Seminar Manajemen Pendidikan dalam Era Otoda di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang, 23 September 2001), (28) Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (Seminar Sehari Manajemen Sekolah di Universitas Terbuka UPBJJ Malang, Oktober 2001), (29) Penulisan Karya Ilmiah (Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Angka Kredit bagi Guru Gol. III/d dan IV/a se-Kota Mojokerto, 17 Februari s.d. 3 Maret 2002), (30) Peningkatan Profesionalitas Guru untuk Memasuki Abad Pengetahuan (Seminar Nasional Menggagas Pendidikan Pasca Abad XX di Universitas Muhammadiyah Malang, 3 Maret 2002), (31) Relevansi Kebijakan Depdiknas tentang Penghapusan EBTANAS dengan Otonomi Pendidikan (Seminar Sehari di Universitas Islam Malang, 9 Maret 2002), (32) Penulisan Karya Ilmiah (Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Pembina KIR se-Kabupaten Gresik, 12—13 Maret 2002), (33) Kebijakan Baru Depdiknas dan Antisipasinya oleh Sekolah (Seminar Sehari di Magistra Utama, 23 Maret 2002), (34) Kebijakan Depdiknas menurut Perspektif Akademis (Rapat Konsultasi dan Koordinasi Kepala Sekolah SLTP dan SMU se-Jatim di Batu, 24 Maret s.d. 28 April 2002), (35) Pembelajaran Kuantum (Pelatihan Contextual Teaching and Learning di Madrasah Ibtidaiyah Jenderal Sudirman, 30 Maret 2002), (36) Sosok Kurikulum Berbasis Kompetensi (Pelatihan Demand-driven Guru Bahasa Indonesia se-Kabupaten Sampang di Sampang, 9 Mei 2003), dan (37) Strategi Pencapaian Keberhasilan Proyek-proyek Pendidikan di Jawa Timur (Rapat Koordinasi Perencanaan Pendidikan Jawa Timur di Batu, 24 Agustus 2003), (38) Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (Seminar KBK di Ponorogo, 16 September 2003), (39) Perangkat Kurikulum Berbasis Kompetensi (Workshop KBK Kepala SLTPN se-Jember di Kalibaru, Banyuwangi, 17—18 September 2003), (40) Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Kompetensi (Semlok Penyusunan Kontrak Perkuliahan, FH Universitas Brawijaya, 17—18 Mei 2004), (41) Pembelajaran Sastra yang Menyenangkan, Mengasyikkan, dan Mencerdaskan (Seminar MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Mojokerto, 6 Oktober 2004), dan (42) Gambaran Umum Kurikulum 2004 (Seminar Pemahaman dan Pemantapan Implementasi Kurikulum 2004, Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo, 11 Oktober 2004).

Djoko Saryono adalah kolomnis yang produktif. Pelbagai artikelnya dimuat dalam Republika, Koran Nusa Tenggara, Bhirawa, Karya Dharma, Tabloid Komunikasi, Memmorandum, Tombo Ati, Jawa Pos, Malang Voice, dan Radar Malang.

Mengajar beberapa mata kuliah, antara lain (1) Keterampilan berbahasa Produktif (S2), (2) Bahasa Indonesia Lanjut (S2), (3) Sastra Lanjut (S2), (4) Seminar Kesusasteraan (S3), (5) Studi Mandiri (S3), (6) Semantik (S1), (7) Kajian Sastra Daerah dan Folklor (S1), dan (8) Psikolinguistik (S1).

Tags:

 
 

8 Comments

  1. Gregorius Sandy mengatakan:

    Selamat siang Pak Djoko. Saya. Sandy, mahasiswa STFT Widya Sasana Malang. Apakah saya bisa berkorespondensi dengan Bapak berkaitan dengan skripsi yang sedang saya tulis mengenai Serat Tripama, Kepemimpinan, dan Religiusitas Jawa. Untuk itu, apakah saya boleh meminta alamat e-mail Bapak. Terima kasih.

  2. Agus Darmuki mengatakan:

    Pak Joko Saryono mohon alamat rumah untuk meminta rekomendasi untuk bisa memperoleh BPPS.Saya mahasiswa bapak Pasca sarjana Unisma jurusan Bahasa Indonesia wisuda oktober tahun ini.

  3. muhammad thahir mengatakan:

    Salam Hormat Prof…
    Mohon ijin, saya Muhammad Thahir, seorang staf pengajar di Universitas Muhammadiyah Makassar, dalam menjalankan profesi sebagai pengajar sering sekali merasa pesimis bukan disebabkan karena rasa capek atau bosan dengan rutinitas yang sangat monoton tetapi saya merasakan hal itu ketika saya kehabisan literatur/buku-buku panduan sebagai referensi dalam mengembangkan wawasan kesastraan saya; literature, prosa, dan drama.
    dengan tidak mengurangi rasa hormat saya memohon arahannya.
    Salam hormat

    Thahir

  4. Fatma Dian S mengatakan:

    wowww… dosen yang sangat Luar biasa cerdas dan murah hati :wink:
    berpengetahuan sangat luas dalam bidang sastra, mempunyai banyak sekali koleksi novel-novel untuk mahasiswanya,,, trimakasih untuk semua ilmu dan pengalamannya………

  5. Choirul mengatakan:

    Prof tak tunggu guyonane. Hidup harus hepi ditengah himpitan kerja. Biar nggak stress terus

  6. eve account mengatakan:

    Thanks a lot! The information was very helpful!!!

  7. yusak H mengatakan:

    saya selalu kagum atas karya dan joke-joke Bapak! Sukses

  8. agung prabowo mengatakan:

    saya minta web anda prof..terima kasih

 
 

Leave a Comment