Bakti Literasi merupakan salah satu program kerja Himpunan Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Bakti Literasi 2019 mengangkat tema “Mengabdi Di Dusun Sumber Kreco Sebagai Wujud Meraih Kemuliaan Di Bulan Suci Ramadan”. Bakti literasi kali ini akan diadakan di Dusun Sumber Kreco, Desa Sidomulyo, Kec. Jabung, kab. Malang.

Adapun serangkaian acara pada Bakti literasi adalah Lomba Adzan, Hafalan Surat Pendek, Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Sasindo Mengajar, Sasindo Mengaji dan Riung Desa. Kegiatan ini melibatkan pengurus Himpunan Sastra Indonesia, beberapa mahasiswa Sastra Indonesia serta BEM Politeknik Kesehatan Malang. Pada acara ini HMJ Sastra Indonesia bekerja sama dengan BEM Politeknik Kesehatan Malang dalam pemeriksaaan kesehatan masyarakat dusun Sumber Kreco.

Pada hari pertama HMJ Sastra Indonesia menghadiri rapat takmir masjid Dusun Sumber Kreco, Desa Sidomulyo. Pada rapat tersebut kami menyampaikan kegiatan HMJ sastra Indonesia dengan harapan warga desa dapat ikut berpartisipasi memeriahkan kegiatan yang ada. Hari kedua dilaksanakan Sastra Indonesia Mengajar di MI Al-Hidayah serta dilanjutkan Pemeriksaan Kesehatan Gratis bagi warga Dusun Sumber Kreco dan juga dilanjutkan lomba-lomba yakni lomba adzan, hafalan surat pendek pada sore harinya. Hari ketiga, kami melanjutkan kegiatan Sastra Indonesia Mengajar di MI Al-Hidayah, tidak sekedar mengajar, kami juga membantu menata ulang perpustakaan sekolah tersebut. Pada hari ketiga ini pula kami menggelar Riung Desa, dimana masyarakat membagi pengalamannya dengan kami. Buka bersama setelah riung desa ini pun dipimpin oleh salah satu tokoh masyarakat yakni Bapak Sholeh, pemilik pondok pesantren setempat.

Kegiatan bakti literasi yang bertepatan dengan bulan Ramadhan memberi kami kesempatan untuk saling berbagi rezeki dan pengalaman dengan masyarakat Dusun Kreco.

(HMJ Sastra Indonesia)