PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI TARI DAN MUSIK

JURUSAN SENI DAN DESAIN

FAKULTAS SASTRA

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

 

 

  1. A. Nama Program Studi

Prodi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni Desain FS-UM

 

  1. Visi dan Misi Program Studi Pendidikan Geografi
  2. VISI

Mengacu pada katalog Jurusan Seni dan Desain, bahwa visi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, (2015:89) adalah: “Menjadi perguruan tinggi unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi” dan visi Fakultas Sastra UM yaitu  “Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi unggul di wilayah Indonesia Timur tahun 2019. Dalam pengembangan ilmu kependidikan dan non-kependidikan dalam bidang humaniora, seni, desain, dan keagamaan yang peduli terhadap nilai kemanusiaan”.  Konsep visi, misi, tujuan dan sasaran program studi dirumuskan bersama antara Gugus Penjamin Mutu ditingkat jurusan / program studi, dengan pimpinan jurusan dan dosen Desain Komunikasi Visual. Bertolak dari rumusan tersebut di atas maka visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dapat dirumuskan. Selanjutnya, rumusan yang telah dihasilkan, disepakati, dan ditetapkan, serta disosialisasikan kepada seluruh civitas akademik program studi Desain Komunikasi Visual untuk memperoleh tanggapan, masukan, dan kritikan demi penyempurnaannya. Hasil akhir dari visi, misi, tujuan, dan sasaran dalam media cetak serta elekronik berupa katalog Jurusan Seni dan Desain yang di dalamnya tersirat Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, serta dilengkapi dengan Website JSD, X banner, media social, dan poster.

 

  1. MISI

Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang atau disingkat DKV JSD FS-UM memiliki misi menjadi program studi yang unggul dan menjadi rujukan dalam proses penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi bidang ilmu desain komunikasi visual yang berorientasi pada budaya lokal dan pendayagunaan teknologi informasi yang mempertimbangkan nilai-nilai kemanusiaan. Secara terperinci misi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang menyiapkan lulusan mahasiswa strata satu atau tingkat sarjana (S-1) yang memenuhi kebutuhan profesi melalui Penyelengaraan bidang:

  1. Memiliki kemampuan dan keterampilan desain, khususnya bidang; media grafis, media interaktif, media audio visual, ataupun media alternatif,
  2. Memiliki keunggulan wawasan dan keterampilan (skill) dalam bidang desain komunikasi visual yang berorientasi pada interaksi antara manusia dengan objek dalam konteks local content terkait dengan aspek teknologi, lingkungan, sosial, dan ruang lingkup budaya,
  3. Memiliki karakter dan kompetensi sebagai praktisi bidang industri kreatif yang positif dan agen perubahan social serta budaya dan lingkungan dalam masyarakat,
  4. Memiliki kemampuan untuk mengolah, mengembangkan, dan mengkomuni-kasikan konsep kreatif yang akan digunakan dalam pengembangan karya desain komunikasi visual,
  5. Memiliki kemampuan menyiapkan karya desain akhir (final artwork) untuk direproduksi guna kepentingan masyarakat,
  6. Memiliki kemampuan melakukan prosedur formal yang berhubungan dengan sistem untuk mendokumentasikan proyek desain komunikasi visual pada industri kreatif,
  7. Memiliki kemampuan dalam mengoperasikan perangkat media audio visual serta kemampuan mempersiapkan media audio visual untuk platform (video, televisi, internet dan lain sebagainya) di industri desain kreatif,
  8. Memiliki kemampuan dalam meningkatkan citra yang berkualitas baik dalam bentuk materi media cetak maupun audio visual
  9. Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dengan mengutamakan objektivitas baik dalam mengambil keputusan, memahami pentingnya waktu (kedisiplinan), dan pentingnya peranan orang lain (team work),
  10. Memiliki kemampuan dalam menciptakan lapangan kerja (wirausahawan) maupun sebagai pekerja desain di bidang industri kreatif,
  11. Memiliki keunggulan dalam menghasilkan pengetahuan berbasis penelitian dan pengembangan (research and development) dalam bidang desain komunikasi visual, baik berupa karya ilmiah, rancangan karya, maupun program terapan yang memiliki pemanfaatan luas

 

  1. TUJUAN

Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (DKV JSD FS-UM) dalam penyelenggaran pembelajaran program S-1 mempunyai tujuan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang cerdas, religius, berakhlak mulya, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional dalam bidang ilmu desain komunikasi visual,
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dan menjadi rujukan dalam bidang ilmu desain komunikasi visual,
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan dalam bidang ilmu desain komunikasi visual,
  4. Menghasilkan kinerja program studi desain komunikasi visual yang efektif dan efisien untuk menjamin pertumbuhan kualitas dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang berkelanjutan.

 

 

  1. PROFIL LULUSAN

Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang  disiapkan menjadi Sumber  Daya Manusia yang memiliki kualitas manajerial yang tanggap terhadap perkembangan zaman dan responsif terhadap kaidah dan norma ketimuran. Kualifikasi utama tersebut diharapkan memiliki kemampuan dalam menyikapi terhadap permasalahan lingkungan yang divisualisasikan pada karya nyata sesuai spesifikasi bidang desain komunikasi yang dipilih. Kewenangan lulusan tersebut secara rinci tertulis pada Standar Kompetensi Lulusan dan Capaian Pendidikan.  Adapun standar kompetensi lulusan dalam Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, dapat tersusun sebagai berikut:

  1. Pendidikan dan pembelajaran dalam bidang ilmu Desain Komunikasi Visual yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.
  2. Penelitian dalam bidang bidang ilmu Desain Komunikasi Visual dan hasil temuannya bermanfaat bagi pengembangan ilmu serta kesejahteraan masyarakat,
  3. Pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Desain Komunikasi Visual yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat,
  4. Tata pamong Program Studi Desain Komunikasi Visual yang akuntabel dan transparan untuk menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.

 

 

  1. RUMUSAN SCPL

Program Studi Desain Komunikasi visual memiliki rumusan SCPL

  1. Memiliki kemampuan perancangan untuk memecahkan berbagai masalah dalam bentuk karya desain
  2. Mengelola bisnis desain komunikasi visual
  3. Memiliki penguasaan  dalam menyelesaikan masalah desain komunikasi visual melalui karya ilmiah

 

  1. STRUKTUR KURIKULUM

 

I    Matakuliah Dasar Pengembangan Karakter  (MDPK)                          16 SKS

II   Matakuliah Wajib Keilmuan  (MWK)                                                       121 SKS

  1. Mata Kuliah Keilmuan           33 Sks
  2. Mata Kuliah Ketrampilan       88 Sks

III  Matakuliah Peminatan Dan Pengembangan Diri (MPPD)                    10 SKS

TOTAL  147 SKS

 

NO KODE MK MATA KULIAH SKS JS SEMESTER T/P Status Prasyarat
1 2 3 4 5 6 7 8 inti Inst
1. MATA KULIAH DASAR PENGEMBANGAN KARAKTER
1 UNIV6001 Pendidikan Agama Islam* 3 3 3               T   ü  
2 UNIV6002 Pendidikan Agama Protestan* 3 3 3               T   ü  
3 UNIV6003 Pendidikan Agama Katolik” 3 3 3               T   ü  
4 UNIV6004 Pendidikan Agama Hindu* 3 3 3               T   ü  
5 UNIV6005 Pendidikan Agama Budha* 3 3 3               T   ü  
6 UNIV6006 Pendidikan Agama Konghuchu* 3 3 3               T   ü  
7 UNIV6007 Pendidikan Pancasila 2 2 2             T   ü  
8 UNIV6008 Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2             T   ü  
9 UNIV6009 Bahasa Indonesia 2 2 2             T   ü  
10 UNIV6010 Manajemen Inovasi 3 3   3         T   ü  
                                 
2. MATA KULIAH KEILMUAN DAN KETRAMPILAN (MKK)
10 FSAS6001 Pengantar Filsafat Ilmu 2 2 2               T   ü  
11 FSAS6002 Manusia Dan Kebudayaan Indonesia 2 2   2         T   ü  
12 DKVI6001 Ilmu Komunikasi 2 2 2               T ü    
13 DKVI6038 Nirmana 2 Dimensi 3 4 3               P ü    
14 DKVI6039 Nirmana 3 Dimensi 3 4   3             P ü   DKVI6038
15 DKVI6040 Estetika 2 2 2               T ü    
16 DKVI6002 Etika Desain 2 2   2             T ü   DKVI6040
17 DKVI6003 Gambar Sket 3 4 3               P ü    
18 DKVI6004 Tipografi 3 4     3           P ü    
19 DKVI6005 Gambar Teknik dan CAD 3 4   3           P ü    
20 DKVI6041 Fotografi 3 4     3           P ü    
21 DKVI6042 Videografi 3 4       3         P ü   DKVI6041
22 DKVI6006 Illustrasi 3 4   3             P ü    
23 DKVI6007 Tinjauan Desain Nusantara 2 2 2               T ü    
24 DKVI6008 Tinjauan Desain Barat/ mancanegara 2 2   2             T ü    
25 DKVI6009 Metodologi Desain 2 2       2         T ü    
26 DKVI6010 Metode Reprografika 3 4       3         P ü    
27 DKVI6042 Kapita Selekta Budaya Nusantara 2 3     2         TP ü    
28 DKVI6011 Manajemen Periklanan 2 2       2         T ü    
29 DKVI6012 Kewirausahaan 2 3         2       TP ü    
30 DKVI6043 Metodologi Penelitian 3 4         3       T ü    
31 DKVI6044 Proposal Penelitian 3 4           3     T ü    
32 DKVI6013 Semiotika 2 2   2             T ü    
                                 
3.  MATAKULIAH KEAHLIAN BERKARYA (MKB)
33 DKVI6014 Bahasa dan Sistem Tanda Visual 4 6     4           TP ü    
34 DKVI6015 Identitas Korporat 4 6       4         TP ü   DKVI6014
35 DKVI6016 Media dan Perwajahan 4 6         4       TP ü   DKVI6015
36 DKVI6017 Reposisi dan Positioning Produk 4 6           4     TP ü   DKVI6016
37 DKVI6018 Porto Folio 4 6             4   TP ü   DKVI6017
38 DKVI6019 copywriting 3 4     3           TP ü    
39 DKVI6020 Visual Merchandising 3 4         3       P ü    
40 DKVI6021 Desain Kemasan Produk 3 4         3       P ü   DKVI6010
41 DKVI6022 Budaya Visual 3 4       3         T ü    
42 DKVI6045 Komputer grafis 3 4   3             P ü    
43 DKVI6023 Multi Media Interaktif 3 4           3     P ü   DKVI6045
44 DKVI6024 Desain Web 3 4       3         P ü   DKVI6046
45 DKVI6025 Video Editing 3 4         3       P ü   DKVI6042
46 DKVI6026 Animasi 3 4         3       P ü    
47 DKVI6027 Kreatif Media 3 4           3     TP ü   DKVI6009
48 DKVI6028 Pameran 4 4             4   T ü    
                                 
  3.17.   PILIHAN DESAINER
49 DKVI6029 visual branding proyek komersial 3 4           3     TP ü    
50 DKVI6030 visual branding proyek non komersial 3 4           3     TP ü    
51 DKVI6031 visual branding proyek inisiatif 4 6             4   TP ü    
  3.18.  PILIHAN CREATIVE PRENEUR
52 DKVI6032 Perencanaan bisnis 3 4           3     TP ü    
53 DKVI6033 Bisnis Produk dan Jasa 3 4           3     TP ü    
54 DKVI6034 Media Pemasaran 4 6             4   TP ü    
  3.19.  PILIHAN RISET
55 DKVI6035 Riset Konsep Media 3 4           3     TP ü    
56 DKVI6036 Riset Pesan Media 3 4           3     TP ü    
57 DKVI6037 Riset Target Audiance 4 6             4   TP ü    
                                 
58 DKVI6100 Skripsi 6             6   T ü    
59 UPKL6090 Praktik Kerja Industri 4               4 P ü    
60 UKKN6090 KKN 4               4 TP ü    
                                 
    KURIKULUM TEMPUH ## ## 19 21 21 20 21 19 18 8 0 0 0