Malang 22 Mei 2019, Untuk pertama kali Universitas Negeri Malang menerima delapan Asesor AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance) yang akan melakukan asesmen terhadap dua program studi di Fakultas Sastra dan dua program studi di Fakultas MIPA selama tiga hari dari tanggal 21 sampai dengan 23 Mei 2019. Dua program studi tersebut adalah (1) Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah dan (2) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra.

 

Kegiatan visitasi Asesor AUN-QA ini merupakan tahapan penting dari rangkaian proses sertifikasi karena prodi yang mengajukan sertifikasi akan dicek langsung. Sebelumnya tim prodi dan fakultas/universitas sudah bekerja keras mempersiapkan segala unsur yang dinilai oleh asesor seperti membuat SAR (Self Assessment Report) dan menambah/memperbaharui fasilitas pendukung pengajaran, keamanan dan evaluasi, serta fasilitas untuk orang berkebutuhan khusus. Terdapat 11 poin penting penilaian yang dilakukan terhadap prodi dan prodi akan tersertifikasi jika memperoleh skor minimal empat dari skala tujuh, poin penting tersebut adalah: (1) expected learning outcomes; (2) programme specification; (3) progremme structure and content; (4) teaching and learning approach; (5) student assessment; (6) academic staff quality; (7) supporting staff quality; (8) student quality and support; (9) facility and infrastructure; (10) quality enhancement; dan (11) output.

 

Hari pertama kegiatan visitasi berlangsung di Graha Rektorat UM diawali dengan pertemuan dengan pimpinan universitas, pimpinan fakultas dan jurusan, dan tim penyusun SAR. Selanjutnya Asesor melakukan sesi wawancara dengan Tenaga Akademik (Dosen) dan Tenaga Kependidikan (Tendik/Staf Pendukung) baik itu tingkat universitas maupun fakultas. Hari ke-dua melakukan pertemuan dengan mahasiswa, alumni, dan pengguna alumni (stakeholder) serta melakukan konfirmasi dengan Tim SAR. Hari terakhir kunjungan visitasi merupakan pemaparan asesor terhadap apa yang telah didapat dari hari sebelumnya untuk selanjutnya menunggu hasil penilaian.