Pembahasan mengenai pendidikan bahasa memang tidak ada habisnya karena selalu terdapat inovasi yang berkaitan dengan teknologi dalam pelaksanaannya. Duo mahasiswi Sastra Inggris sebagai delegasi UM, Afifah Ainiyah dan Novy Auliya Istighfary, mengikuti kegiatan pelaksanaan The Fourth English Language Teaching and Technology (ELT-Tech 4) Conference yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UPI berkolaborasi dengan Association of Indonesian Scholars of English Education (AISEE) dan Indonesian English Teacher Association (IETA) bertempat di gedung Auditorium B FPBS UPI pada tanggal 15-16 November 2019. Tema yang diusung adalah “Technology Cultivation and Learner Engagement in English Language Teaching”, diikuti oleh perguruan tinggi seluruh Indonesia yang cukup antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Pembukaan event ELT-TECH dilaksanakan di Auditorium B FPBS UPI. Pada hari itu terdapat satu keynote speaker dan dua plenary speakers yang mengisi materi sebagai tambahan wawasan baik bagi presenters maupun participants. Pembicara yang pertama adalah Prof. Brent Jones, Ph.D. yang membahas mengenai metode dalam memaksimalkan keterlibatan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar. Pupung Purnawarman, M.S.Ed., Ph.D. sebagai plenary speaker yang pertama membahas mengenai integrasi teknologi . Selain itu, ada Prof. Roger Palmer yang membahas mengenai penggunaan teknologi dalam pembelajaran.

Pada konferensi tersebut, Afifah Ainiyah dan Novy Auliya Istighfary mahasiswi sastra inggris angkatan 2017 sebagai presenters mempresentasikan hasil studinya dengan judul CALL and MALL Use in Listening Class Activities to Enhance The Students’ Listening Skills : Learners’ Perspective. Studi tersebut melibatkan mahasiswa dan mahasiswi bahasa inggris UM yang telah menempuh mata kuliah Advance Listening. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan CALL dan MALL dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.

Hari kedua masih melanjutkan sesi presentasi parallel dari para presenters dan dilanjutkan dengan workshop dari masing-masing pembicara. Kegiatan workshop tersebut dibuat sebagaimana suasana kegiatan pembelajaran dalam kelas dan juga mengaplikasikan materi yang telah disampampaikan pada saat pembukaan.

 

Afifah Ainiyah + Novy Auliya Istighfary (Sastra Inggris 2017)