Asia Youth International Model United Nation (AYIMUN) adalah salah satu simulasi konferensi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dimana peserta saling berkompetisi untuk menjadi delegasi terbaik. Dalam konferensi ini peserta berdiskusi mengenai isu-isu hingga peristiwa hangat yang terjadi di dunia. Dalam diskusi tersebut setiap peserta akan mewakili satu negara dengan topik yang berbeda untuk setiap peserta. Pada tahun 2017 AYIMUN diselenggarakan di Malaysia yang diikuti oleh 620 peserta dari 45 negara. Sedangkan berikutnya, diikuti oleh 1066 peserta dari 70 negara yang diselenggarakan di Bangkok-Thailand. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari usia 17-25 tahun (student, post graduate student, non-goverment Organization/Media person/practitioner).

AYIMUN mengajarkan peserta tentang diplomasi hubungan Internasional, riset, public speaking, debat, dan skill menulis dalam berpikir kritis, kerjasama dan kemampuan kepemimpinan. Peserta dalam konferensi ini diharuskan untuk melakukan riset sebelum konferensi yang kemudian akan didiskusikan dan didebatkan dengan delegasi lain. AYIMUN ini penting untuk meningkatkan pengalaman Internasional dengan membawa isu di abad ke-21 ini sehingga meningkatkan pengetahuan para delegasi tentang PBB, melatih berpikir kritis mengenai isu-isu global serta melatih peserta untuk menyelesaikan permasalahan Internasional dan mengasah skill diplomasi.

Banyak pengalaman yang saya dapatkan dengan mengikuti AYIMUN yang diselenggarakan pada tanggal 25-28 Agustus 2019 di Putrajaya, Malaysia. Acara ini bertemakan “Human Security Agenda in The Globalized World”. Saya sebagai delegasi dari negara Croatia pada council United Nation Environment Program membahas tentang “Combating the use of single-use plastics and reducing the size of ‘seventh (plastic) continent”. Disana kami berdiskusi tentang apa saja yang termasuk plastik sekali pakai, bahan pembuatannya, dampak yang terjadi pada lingkungan, dan bagaimana solusi untuk pencegahannya. Selain membahas tentang topik-topik pada setiap council, kami diharuskan untuk membuat working project dan draft resolution sebagai hasil akhir dari pembahasan selama meeting session.

 

 

Nama               : Elwin Walimatul Fara

NIM                : 160231603284

Prodi               : S1 Pendidikan Bahasa Arab

Jurusan            : Sastra Arab