Pameran karya inovasi pengembangan belajar berbasis kehidupan digelar selama 2 hari di Graha Cakrawala pada tanggal 21 dan 22 November 2018. Pameran ini dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Malang Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd dan dihadiri tokoh-tokoh inovator Indonesia  Prof. Onno W Purbo, M.Eng., Ph.D. yang merupakan Pakar Telematika Indonesia, Pegiat Inovasi Belajar UM Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd., dan  Dedy Permadi, Ph.D. Staf Ahli Bidang Kebijakan Digital Kemenkominfo.

Pameran tersebut menampilkan karya-karya dosen dan mahasiswa hasil pengembangkan produk pembelajaran yang berbasis IPTEKS, masing-masing fakultas menampilkan stand menarik yang setiap hari padat dikunjungi oleh masyarakat untuk dapat menikmati produk inovasi pembelajaran, bahkan masyarakat tertarik untuk mengaplikasikannya di tempat masing-masing.

Stand Fakultas Sastra merupakan salah satu stand yang paling banyak dikunjungi, masyarakat antuasias untuk mencoba website-website pembelajaran (MOOC) yang ditampilan oleh 5 inovator unggulan Fakultas Sastra antara lain Bleaching, Mending “ Vitopeper” (Setiawan, S.Sos, M.IP), Smart Editor (Ariva Luciandika, S.Pd, M.Pd), mbatik.sedesa.sastra.um.ac.id (Lisa Sidyawati, S.Pd., M.Pd), creativolution.um.ac.id (Abdul Rahman Prasetyo, S.Pd., M.Pd), dan Videografi Pembelajaran Berkarya Seni Keramik (Dr. Ponimin, M.Hum). Dalam stand tersebut juga ditampilkan produk produk keramik dan batik yang juga menjadi spot selfie.

Pada puncak acara dipilih pemenang-pemenang terbaik dari setiap kategori, Fakultas Sastra menjuarai di 3 kategori yaitu Juara 3 Inovator terbaik yang di raih oleh Ariva Luciandika, S.Pd, M.Pd, Juara 1 Poster terbaik yang di raih oleh Dr. Ponimin., M.Hum, dan Juara Stand terbaik yang diketuai oleh Lisa Sidyawati, S.Pd., M.Pd. yang selanjutnya produk inovasi tersebut dapat diaplikasikan pada pembelajaran di kelas. Salam Ala Sastra!!!!

Berikut ini adalah daftar Pemenang Gelar Karya Inovasi Belajar 2018

Inovator Terbaik 1
▪Aripriharta, S.T., M.T., Ph.D

Inovator Terbaik 2
▪Heriyanto, S.Pd, M.Si

Inovator Terbaik 3
▪Ariva Luciandika, S.Pd, M.Pd

Poster Terbaik
▪Dr. Ponimin, M.Hum
▪Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd
▪Atsnaita Yasrina, S.Si, M.Sc

Stand Terbaik
▪Fakultas Sastra