Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang melebarkan kerjasama luar negeri. Jika selama ini sudah bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi asing, maka kini ditambah lagi dengan perguruan tinggi/universitas di Malaysia yaitu Fakulti Pendidikan UiTM Cawangan Selangor.

Perguruan tinggi tersebut langsung menjalin kerjasama di berbagai bidang dengan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang antara lain (1) bidang pendidikan; (2) penelitian dan pengabdian; dan (3) pertukaran mahasiswa program magang dan transfer kredit dalam pertemuan antara mereka dengan 8 orang delegasi dari Fakultas Sastra UM antara lain Prof. Hj. Utami Widiati , M.A., Ph.D (Dekan FS UM), Dr. Primardiana Hermilia W , M.Pd (Wakil Dekan I FS UM), Dr. Moch. Syahri , S.Sos, M.Si (Wakil Dekan II FS UM), Prof. Dr. Yazid Basthomi , M.A (Direktur HI UM) beserta beberapa perwakilan dari 5 jurusan yang ada di Fakultas Sastra UM  di Studio FSK 1,5 Aras 7 Universiti Teknologi Mara (UiTM) Cawangan Selangor 18 April 2019.

Selain membahas tentang kerjasama akademik, pada kesempatan tersebut Ibu Utami Widiati, Ibu Primardiana, dan Bapak Andy Pramono juga menyampaikan materi pada kuliah tamu yang diselenggarakan oleh UiTM. Dan kegiatan itu sendiri mendapat respon yang luar biasa dari civitas akademika Fakulti Pendidikan UiTM. Ibu Primardiana menjelaskan “Indonesia dan Malaysia banyak kesamaan, terutama dalam hal budaya, sehingga sangat strategis untuk bekerjasama,” katanya, dalam kuliah tamu tersebut.