PROGRAM STUDI GAME ANIMASI
JURUSAN SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SASTRA
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
- Nama Prodi
D3 GAME ANIMASI
- Visi, Misi dan Tujuan Prodi
VISI
Visi Program Studi D3 Animasi menjadi penyelenggara pendidikan tinggi unggul dalam pengembangan ilmu nonkependidikan dalam bidang animasi dan media terapan seperti multimedia dan desainer visual game pada tahun 2022 khususnya unggul dalam visualisasi animasi dan media terapan 3 Dimensi berbasis konten lokal serta peduli terhadap nilai kemanusiaan.
MISI
Misi Prodi D3 Animasi adalah
- Prodi D3 Animasi menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam rangka meningkatkan pemerataan dan perluasan akses bagi masyarakat dalam nonkependidikan bidang animasi, multimedia dan game yang memiliki kekhususan dalam hal visualisasi animasi dan game 3 Dimensi berbasis konten lokal.
- Prodi D3 Animasi meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing melalui pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengembangan ilmu, serta pengabdian kepada masyarakat dalam ilmu nonkependidikan bidang animasi, multimedia dan game yang terarah pada visualisasi animasi dan game 3 Dimensi berbasis konten lokal.
- Prodi D3 Animasi membangun organisasi yang sehat dalam rangka penguatan tatakelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik.
TUJUAN
Untuk mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan, dirumuskan tiga butir tujuan berikut.
- Bidang Pemerataan dan Perluasan Akses
Pengembangan Prodi D3 Animasi dalam bidang pemerataan dan perluasan akses bertujuan berikut.
- Mengembangkan program pendidikan vokasi dan profesi yang memiliki kekhususan dalam hal visualisasi animasi dan game 3 Dimensi berbasis konten lokal.
- Meningkatkan daya tampung mahasiswa.
- Memberikan kesempatan belajar bagi masyarakat yang berprestasi dan tidak mampu secara ekonomis.
- Memperluas jangkauan layanan pembelajaran dengan mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
- Meningkatkan jumlah dan mutu kerjasama baik nasional maupun asia tenggara dengan lembaga pendidikan, industri profesional, dan pemerintah daerah.
- Membangun forum alumni dan meningkatkan peran serta alumni dalam pengembangan Prodi D3 Animasi.
- Membangun jaringan masyarakat pengguna untuk perluasan permintaan alumni.
- Bidang Peningkatan Mutu, Relevansi, dan Daya Saing
Pengembangan Prodi D3 Animasi dalam bidang peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing bertujuan berikut.
- Meningkatkan mutu masukan mahasiswa.
- Meningkatkan mutu dosen terutama mewujudkan visualisasi animasi dan game 3 Dimensi berbasis konten lokal.
- Meningkatkan mutu pembelajaran dengan mengacu Standar Nasional Pendidikan (SNP).
- Meningkatkan hubungan kegiatan akademik antara dosen dengan mahasiswa, maupun pihak luar.
- Meningkatkan dana pendidikan melalui block grant, kerjasama, dan short course
- Meningkatkan mutu dan pendayagunaan sarana dan prasarana pendidikan.
- Meningkatkan relevansi kurikulum bidang studi dengan masyarakat pengguna khususnya bidang industri game dan animasi baik nasional maupun asia tenggara.
- Meningkatkan mutu pembinaan intrakurikuler dan kegiatan kemahasiswaan.
- Meningkatkan karya penelitian yang bermutu ilmu nonkependidikan bidang game dan animasi baik nasional maupun asia tenggara.
- Meningkatan aktivitas, produktivitas, dan publikasi ilmiah khususnya berbasis visualisasi animasi dan game 3 Dimensi berbasis konten lokal.
- Meningkatkan aktivitas kreasi dan responsi seni dan desain yang berkualitas.
- Membudayakan perolehan Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) terhadap karya Dosen dan Mahasiswa.
- Meningkatkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas, serta meningkatkan komitmen sosial.
- Mengamalkan dan merealisasikan ilmu kependidikan dan nonkependidikan bidang seni dan desain.
- Meningkatkan kompetensi dan profesionalitas tenaga kependidikan melalui sertifikasi dan pendidikan profesi dosen.
- Meningkatkan kualitas lulusan Prodi D3 Animasi.
- Bidang Penguatan Tatakelola, Akuntabilitas, dan Pencitraan Publik
Pengembangan Prodi D3 Animasi dalam bidang penguatan tatakelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik bertujuan berikut.
- Menguatkan kapasitas kelembagaan dan keorganisasian.
- Menguatkan kapasitas dan kompetensi aparat.
- Menguatkan sistem penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
- Menguatkan penataan dan pengelolaan sarana dan prasarana.
- Menguatkan penataan pola pengelolaan anggaran yang transparan dan akuntabel.
- Menguatkan sistem manajemen sumber daya manusia.
- Menguatkan mutu pengelolaan program perkuliahan.
- Menguatkan pencitraan publik melalui kontribusi nyata pengamalan ilmu kependidikan dan nonkependidikan bidang seni dan desain.
- Meningkatkan citra dan layanan publik melalui berbagai media.
- Meningkatkan citra melalui peran alumni
- PROFIL LULUSAN
Program Studi Animasi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dirancang dan diarahkan untuk menjadi profesional pemula di dunia animasi dan media terapan yang dapat berkiprah baik nasional maupun asia tenggara seperti Animator 2D/3D, Desainer Karakter, Pengembang pemula Industri Animasi, Desainer Game/Multimedia, Pengembang pemula Industri Game, Desainer Asset Game. Profil lulusan dari program studi Animasi memiliki kelebihan dalam bidang game animasi 3 dimensi yang bernuansa budaya lokal Indonesia serta lebih mengedepankan karya game animasi yang bermuatan pendidikan dalam konteks global dan menumbuhkan jiwa interpreneurship dalam jiwa tiap lulusan prodi D3 Animasi.
- CAPAIAN PEMBELAJARAN
Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai ketrampilan dalam merancang desain interface, karakter, property, lingkungan dan musik pada media terapan
- Menguasai pengetahuan prinsip dasar ilmu seni budaya Indonesia, pola budaya nusantara dan filsafat dalam visulisasi karya bidang game animasi berbasis budaya lokal
- Menguasai pengetahuan dasar bidang fotografi dan videografi serta editing video serta spesial efek guna menunjang karya bidang media terapan dan animasi.
- Menguasai keterampilan untuk menghasilkan karya media terapan 2D dan 3D dalam pola produksi individu maupun kelompok
- Menguasai perancangan konsep animasi pendek secara individu maupun kelompok
- Menguasai perancangan logika, diagram alir dan desain interface sebagai dasar perancangan multimedia interaktif baik penerapan di komputer maupun
KETRAMPILAN KERJA
Ketrampilan Umum
- Mampu membuat animasi 2D & 3D sesuai dengan prinsip animasi
- Mampu dalam pengelolaan, manajemen dan pemasaran produksi media terapan atau animasi dengan konsep entreprenersip dalam industri kreatif baik tingkat nasional dan internasional
- Mampu mengidentifikasi masalah manajerial dan fungsi organisasi pada level operasional,serta mengambil tindakan solutif yang tepat berdasarkan alternatif yang dikembangkan, dengan menerapkan prinsip-prinsipkewirausahaan yang berakar pada kearifan lokal
- Mampu memahami penerapan HAKI dalam penelaahan kajian karya bidang animasi
Ketrampilan Khusus
- Mampu merancang desain sketsa, bentuk, typografi, desain audio dan rancang bangun bentuk 3D baik manual maupun dengan bantuan perangkat lunak sebagai dasar pembuatan karya media terapan dan animasi
- Mampu merancang visualisasi model karakter (sclupt dan digital), ilustrasi digital maupun komik sebagai dasar pembuatan karya media terapan dan animasi
- Mampu menggunakan bahasa pemrograman dan media program pendukung dalam pembuatan media terapan
SIKAP
- Mampu bertanggungjawab dalam pengelolaan produksi karya bidang media terapan dan animasi
- Mampu bersaing dan beradaptasi terhadap perkembangan industri bidang media terapan dan animasi baik nasional maupun internasional
KURIKULUM PROGRAM STUDI DIPLOMA III ANIMASI
JURUSAN SENI DAN DESAIN
STRUKTUR PROGRAM | |||||||
A.Matakuliah Pengembangan Pribadi | 8 | ||||||
B.Matakuliah Keilmuan Ketrampilan | 73 | ||||||
C.Matakuliah Keahlian Berkarya: | |||||||
Matakuliah Keahlian Berkarya Wajib | 10 | ||||||
Matakuliah Keahlian Berkarya Pilihan | 12 | ||||||
D.Matakuliah Perilaku Berkarya | 6 | ||||||
E.Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat | 4 | ||||||
113 | Sks | ||||||
SEBARAN MATAKULIAH
No. | Sandi | Matakuliah | sks | js | Semester | T/P/R | Status | Prasyarat | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | inti | Inst | |||||||
A | MATAKULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK) | |||||||||||||
1 | UMPK601 | Pendidikan Agama Islam* |
2 |
2 | 2 | (2) | T | √ | ||||||
2 | UMPK602 | Pendidikan Agama Protestan * | 2 | (2) | 2 | T | √ | |||||||
3 | UMPK603 | Pendidikan Agama Katolik * | 2 | (2) | 2 | T | √ | |||||||
4 | UMPK604 | Pendidikan Agama Hindu* | 2 | (2) | 2 | T | √ | |||||||
5 | UMPK605 | Pendidikan Agama Budha * | 2 | (2) | 2 | T | √ | |||||||
6 | UMPK606 | Pendidikan Pancasila | 2 | 2 | (2) | 2 | T | √ | ||||||
7 | UMPK607 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | (2) | T | √ | ||||||
8 | UMPK608 | Bahasa Indonesia Keilmuan | 2 | 2 | (2) | 2 | T | √ | ||||||
∑ | 8 | |||||||||||||
B | MATAKULIAH KEILMUAN DAN KETERAMPILAN (MKK) | |||||||||||||
a. Keilmuan Dasar | ||||||||||||||
1 | FSAS601 | Pengantar Filsafat Ilmu | 2 | 2 | 2 | T | √ | |||||||
2 | Manajemen Inovasi | 3 | 3 | 3 | ||||||||||
b. Keilmuan dan Keterampilan | ||||||||||||||
2 | GSED501 | Bahasa Inggris Profesi Seni | 2 | 2 | 2 | T | √ | |||||||
3 | NAGA501 | Logika Matematika | 2 | 2 | 2 | T | √ | |||||||
4 | NAGA502 | Tinjauan Game Animasi | 3 | 4 | 3 | T | √ | |||||||
5 | NAGA503 | Penulisan Naskah | 3 | 3 | 3 | T | √ | |||||||
6 | NAGA504 | Algoritma Pemrograman | 3 | 3 | 3 | T | √ | |||||||
7 | NAGA505 | Pemodelan Karakter Sclupting | 3 | 4 | 3 | R | √ | |||||||
8 | NAGA506 | Animasi Compositing v | 3 | 4 | 3 | R | √ | |||||||
9 | NAGA507 | Pemodelan Karakter Digital | 3 | 4 | 3 | R | √ | |||||||
10 | NAGA508 | Desain Interface | 3 | 4 | 3 | R | √ | |||||||
11 | GRDA508 | Animasi 2D | 3 | 4 | 3 | R | √ | |||||||
12 | GRDA509 | Animasi 3D | 3 | 4 | 3 | R | √ | GRDA504 | ||||||
13 | GRDA501 | Nirmana 2Dimensi | 3 | 4 | 3 | R | √ | |||||||
14 | GRDA502 | Nirmana 3Dimensi | 3 | 4 | 3 | R | √ | GRDA501 | ||||||
15 | GSED502 | Estetika | 2 | 2 | 2 | T | √ | |||||||
16 | GRDA503 | Gambar Bentuk | 3 | 4 | 3 | R | √ | |||||||
17 | Manusia dan Kebudayaan | 2 | 3 | 2 | T | √ | ||||||||
18 | GRDA504 | Komputer Grafis | 3 | 4 | 3 | R | √ | |||||||
19 | GRDA505 | Fotografi | 3 | 4 | 3 | R | √ | |||||||
20 | GRDA506 | Videografi | 3 | 4 | 3 | R | √ | |||||||
21 | NAGA509 | Musik Digital | 3 | 4 | 3 | R | √ | |||||||
22 | GDKA501 | Tipografi | 3 | 4 | 3 | R | √ | |||||||
23 | GRDA507 | Multimedia Interaktif | 3 | 4 | 3 | R | √ | |||||||
24 | NAGA510 | Konsep Teknologi | 2 | 2 | 2 | T | √ | |||||||
25 | GSRA501 | Penulisan Ilmiah | 2 | 2 | 3 | T | √ | |||||||
26 | NAGA511 | Ilustrasi komik | 3 | 4 | 3 | R | √ | GRDA503 | ||||||
∑ | 73 | |||||||||||||
C | MATAKULIAH KEAHLIAN BERKARYA (MKB) | |||||||||||||
a. MKBWAJIB | ||||||||||||||
1 | NAGA513 | Animasi Stop Motion | 3 | 4 | 3 | R | ||||||||
2 | NAGA520 | Proyek Game Animasi:Skenario | 3 | 4 | 3 | R | √ | |||||||
3 | NAGA521 | Proyek Game Animasi: Produksi | 4 | 6 | 4 | R | √ | NAGA520 | ||||||
∑ | 10 | |||||||||||||
b. MKB PILIHAN | ||||||||||||||
1. Pilihan Game | ||||||||||||||
1 | NAGA514 | Bahasa Pemrograman | 3 | 4 | 3 | R | √ | NAGA504 | ||||||
2 | NAGA515 | Desain Game 2 Dimensi | 3 | 4 | 3 | R | √ | NAGA504 | ||||||
3 | NAGA516 | Desain Game 3 Dimensi | 3 | 4 | 3 | R | √ | NAGA504 | ||||||
4 | NAGA522 | Proyek Game Animasi: GameProgramming | 3 | 4 | 3 | R | √ | NAGA520 | ||||||
∑ | 12 | |||||||||||||
2. Pilihan Animasi | ||||||||||||||
1 | NAGA517 | Desain Property | 3 | 4 | 3 | R | √ | GRDA504 | ||||||
2 | NAGA518 | Desain Animasi 2 Dimensi | 3 | 4 | 3 | R | √ | GRDA508 | ||||||
3 | NAGA519 | Desain Animasi 3 Dimensi | 3 | 4 | 3 | R | √ | GRDA509 | ||||||
4 | NAGA523 | Proyek Game Animasi: Game Desain Karakter & Interface | 3 | 4 | 3 | R | √ | NAGA520 | ||||||
∑ | 12 | |||||||||||||
D | MATAKULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB) | |||||||||||||
1 | NAGA590 | Tugas Akhir Desain | 6 | – | 6 | P | √ | Diatur tersendiri | ||||||
∑ | 6 | |||||||||||||
E | MATAKULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT (MBB) | |||||||||||||
1 | GDKA502 | Praktek Kerja Profesi | 4 | – | 4 | P | √ | Diatur tersendiri | ||||||
∑ | 4 | |||||||||||||
Jumlah sks keseluruhan | 113 | 20 | 21 | 24 | 23 | 19 | 6 | 113 |
Keterangan : sks mata kuliah dengan tanda () berarti dapat diambil pada semester tersebut.