(0341)567475 sastra@um.ac.id

Game Animasi

PROGRAM STUDI GAME ANIMASI

JURUSAN SENI DAN DESAIN

FAKULTAS SASTRA

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

 

 

  1. Nama Prodi

            D3 GAME ANIMASI

 

  1. Visi, Misi dan Tujuan Prodi

 

VISI

Visi Program Studi D3 Animasi menjadi penyelenggara pendidikan tinggi unggul dalam pengembangan  ilmu nonkependidikan dalam bidang animasi dan media terapan seperti  multimedia dan desainer visual game pada tahun 2022 khususnya unggul dalam visualisasi animasi dan media terapan 3 Dimensi berbasis konten lokal serta peduli terhadap nilai kemanusiaan.

 

MISI

Misi Prodi D3 Animasi adalah

  1. Prodi D3 Animasi menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam rangka meningkatkan pemerataan dan perluasan akses bagi masyarakat dalam nonkependidikan bidang animasi, multimedia dan game yang memiliki kekhususan dalam hal visualisasi animasi dan game 3 Dimensi berbasis konten lokal.
  2. Prodi D3 Animasi meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing melalui pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengembangan ilmu, serta pengabdian kepada masyarakat dalam ilmu nonkependidikan bidang animasi, multimedia dan game yang terarah pada visualisasi animasi dan game 3 Dimensi berbasis konten lokal.
  3. Prodi D3 Animasi membangun organisasi yang sehat dalam rangka penguatan tatakelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik.

 

TUJUAN

Untuk mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan, dirumuskan tiga butir tujuan berikut.

  1. Bidang Pemerataan dan Perluasan Akses

Pengembangan Prodi D3 Animasi dalam bidang pemerataan dan perluasan akses bertujuan berikut.

  1. Mengembangkan program pendidikan vokasi dan profesi yang memiliki kekhususan dalam hal visualisasi animasi dan game 3 Dimensi berbasis konten lokal.
  2. Meningkatkan daya tampung mahasiswa.
  3. Memberikan kesempatan belajar bagi masyarakat yang berprestasi dan tidak mampu secara ekonomis.
  4. Memperluas jangkauan layanan pembelajaran dengan mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
  5. Meningkatkan jumlah dan mutu kerjasama baik nasional maupun asia tenggara dengan lembaga pendidikan, industri profesional, dan pemerintah daerah.
  6. Membangun forum alumni dan meningkatkan peran serta alumni dalam pengembangan Prodi D3 Animasi.
  7. Membangun jaringan masyarakat pengguna untuk perluasan permintaan alumni.

 

  1. Bidang Peningkatan Mutu, Relevansi, dan Daya Saing

Pengembangan Prodi D3 Animasi dalam bidang peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing bertujuan berikut.

  1. Meningkatkan mutu masukan mahasiswa.
  2. Meningkatkan mutu dosen terutama mewujudkan visualisasi animasi dan game 3 Dimensi berbasis konten lokal.
  3. Meningkatkan mutu pembelajaran dengan mengacu Standar Nasional Pendidikan (SNP).
  4. Meningkatkan hubungan kegiatan akademik antara dosen dengan mahasiswa, maupun pihak luar.
  5. Meningkatkan dana pendidikan melalui block grant, kerjasama, dan short course
  6. Meningkatkan mutu dan pendayagunaan sarana dan prasarana pendidikan.
  7. Meningkatkan relevansi kurikulum bidang studi dengan masyarakat pengguna khususnya bidang industri game dan animasi baik nasional maupun asia tenggara.
  8. Meningkatkan mutu pembinaan intrakurikuler dan kegiatan kemahasiswaan.
  9. Meningkatkan karya penelitian yang bermutu ilmu nonkependidikan bidang game dan animasi baik nasional maupun asia tenggara.
  10. Meningkatan aktivitas, produktivitas, dan publikasi ilmiah khususnya berbasis visualisasi animasi dan game 3 Dimensi berbasis konten lokal.
  11. Meningkatkan aktivitas kreasi dan responsi seni dan desain yang berkualitas.
  12. Membudayakan perolehan Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) terhadap karya Dosen dan Mahasiswa.
  13. Meningkatkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas, serta meningkatkan komitmen sosial.
  14. Mengamalkan dan merealisasikan ilmu kependidikan dan nonkependidikan bidang seni dan desain.
  15. Meningkatkan kompetensi dan profesionalitas tenaga kependidikan melalui sertifikasi dan pendidikan profesi dosen.
  16. Meningkatkan kualitas lulusan Prodi D3 Animasi.

 

  1. Bidang Penguatan Tatakelola, Akuntabilitas, dan Pencitraan Publik

Pengembangan Prodi D3 Animasi dalam bidang penguatan tatakelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik bertujuan berikut.

  1. Menguatkan kapasitas kelembagaan dan keorganisasian.
  2. Menguatkan kapasitas dan kompetensi aparat.
  3. Menguatkan sistem penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Menguatkan penataan dan pengelolaan sarana dan prasarana.
  5. Menguatkan penataan pola pengelolaan anggaran yang transparan dan akuntabel.
  6. Menguatkan sistem manajemen sumber daya manusia.
  7. Menguatkan mutu pengelolaan program perkuliahan.
  8. Menguatkan pencitraan publik melalui kontribusi nyata pengamalan ilmu kependidikan dan nonkependidikan bidang seni dan desain.
  9. Meningkatkan citra dan layanan publik melalui berbagai media.
  • Meningkatkan citra melalui peran alumni

 

 

  1. PROFIL LULUSAN

Program Studi Animasi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dirancang dan diarahkan untuk menjadi profesional pemula di dunia animasi dan media terapan yang dapat berkiprah baik nasional maupun asia tenggara seperti Animator 2D/3D, Desainer Karakter, Pengembang pemula Industri Animasi, Desainer Game/Multimedia, Pengembang pemula Industri Game, Desainer Asset Game. Profil lulusan dari program studi Animasi memiliki kelebihan dalam bidang game animasi 3 dimensi yang bernuansa budaya lokal Indonesia serta lebih mengedepankan karya game animasi yang bermuatan pendidikan dalam konteks global dan menumbuhkan jiwa interpreneurship dalam jiwa tiap lulusan prodi D3 Animasi.

  1. CAPAIAN PEMBELAJARAN

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai ketrampilan dalam merancang desain interface, karakter, property, lingkungan dan musik pada media terapan
  2. Menguasai pengetahuan prinsip dasar ilmu seni budaya Indonesia, pola budaya nusantara dan filsafat dalam visulisasi karya bidang game animasi berbasis budaya lokal
  3. Menguasai pengetahuan dasar bidang fotografi dan videografi serta editing video serta spesial efek guna menunjang karya bidang media terapan dan animasi.
  4. Menguasai keterampilan untuk menghasilkan karya media terapan 2D dan 3D dalam pola produksi individu maupun kelompok
  5. Menguasai perancangan konsep animasi pendek secara individu maupun kelompok
  6. Menguasai perancangan logika, diagram alir dan desain interface sebagai dasar perancangan multimedia interaktif baik penerapan di komputer maupun

 

KETRAMPILAN KERJA

Ketrampilan Umum

  1. Mampu membuat animasi 2D & 3D sesuai dengan prinsip animasi
  2. Mampu dalam pengelolaan, manajemen dan pemasaran produksi media terapan atau animasi dengan konsep entreprenersip dalam industri kreatif baik tingkat nasional dan internasional
  3. Mampu mengidentifikasi masalah manajerial dan fungsi organisasi pada level operasional,serta mengambil tindakan solutif yang tepat berdasarkan alternatif yang dikembangkan, dengan menerapkan prinsip-prinsipkewirausahaan yang berakar pada kearifan lokal
  4. Mampu memahami penerapan HAKI dalam penelaahan kajian karya bidang animasi

 

Ketrampilan Khusus

  1. Mampu merancang desain sketsa, bentuk, typografi, desain audio dan rancang bangun bentuk 3D baik manual maupun dengan bantuan perangkat lunak sebagai dasar pembuatan karya media terapan dan animasi
  2. Mampu merancang visualisasi model karakter (sclupt dan digital), ilustrasi digital maupun komik sebagai dasar pembuatan karya media terapan dan animasi
  3. Mampu menggunakan bahasa pemrograman dan media program pendukung dalam pembuatan media terapan

 

SIKAP

  1. Mampu bertanggungjawab dalam pengelolaan produksi karya bidang media terapan dan animasi
  2. Mampu bersaing dan beradaptasi terhadap perkembangan industri bidang media terapan dan animasi baik nasional maupun internasional

 

 

 

KURIKULUM PROGRAM STUDI DIPLOMA III ANIMASI

JURUSAN SENI DAN DESAIN

 

STRUKTUR PROGRAM    
  A.Matakuliah Pengembangan Pribadi 8  
  B.Matakuliah Keilmuan Ketrampilan 73  
  C.Matakuliah Keahlian Berkarya:  
       Matakuliah Keahlian Berkarya Wajib 10  
       Matakuliah Keahlian Berkarya Pilihan 12  
  D.Matakuliah Perilaku Berkarya 6  
  E.Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat 4  
  113 Sks

 

SEBARAN MATAKULIAH

No. Sandi Matakuliah sks js Semester T/P/R Status Prasyarat
1 2 3 4 5 6 inti Inst
A MATAKULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK) 
1 UMPK601 Pendidikan Agama Islam*  

2

2 2 (2)         T    
2 UMPK602 Pendidikan Agama Protestan * 2 (2) 2         T    
3 UMPK603 Pendidikan Agama Katolik * 2 (2) 2         T    
4 UMPK604 Pendidikan Agama Hindu* 2 (2) 2         T    
5 UMPK605 Pendidikan Agama Budha * 2 (2) 2         T    
6 UMPK606 Pendidikan Pancasila 2 2 (2) 2         T    
7 UMPK607 Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2 (2)         T    
8 UMPK608 Bahasa Indonesia Keilmuan 2 2 (2) 2         T    
8                      
B MATAKULIAH KEILMUAN DAN KETERAMPILAN (MKK)  
a. Keilmuan Dasar
1 FSAS601 Pengantar Filsafat Ilmu 2 2 2           T    
2   Manajemen Inovasi 3 3       3            
b. Keilmuan dan Keterampilan
2 GSED501 Bahasa Inggris Profesi Seni 2 2   2         T    
3 NAGA501 Logika Matematika 2 2 2           T    
4 NAGA502 Tinjauan Game Animasi 3 4       3     T    
5 NAGA503 Penulisan Naskah 3 3       3     T    
6 NAGA504 Algoritma Pemrograman 3 3     3       T    
7 NAGA505 Pemodelan Karakter Sclupting 3 4     3       R    
8 NAGA506 Animasi Compositing v 3 4       3     R    
9 NAGA507 Pemodelan Karakter Digital 3 4     3       R    
10 NAGA508 Desain Interface 3 4       3     R    
11 GRDA508 Animasi 2D 3 4 3           R    
12 GRDA509 Animasi 3D 3 4   3         R   GRDA504
13 GRDA501 Nirmana 2Dimensi 3 4 3           R  
14 GRDA502 Nirmana 3Dimensi 3 4   3         R   GRDA501
15 GSED502 Estetika 2 2 2           T  
16 GRDA503 Gambar Bentuk 3 4 3           R  
17 Manusia dan Kebudayaan 2 3       2   T
18 GRDA504 Komputer Grafis 3 4   3       R  
19 GRDA505 Fotografi 3 4   3       R  
20 GRDA506 Videografi 3 4     3       R  
21 NAGA509 Musik Digital 3 4     3       R  
22 GDKA501 Tipografi 3 4     3       R  
23 GRDA507 Multimedia Interaktif 3 4       3     R  
24 NAGA510 Konsep Teknologi 2 2         2   T  
25 GSRA501 Penulisan Ilmiah 2 2         3   T  
26 NAGA511 Ilustrasi komik 3 4     3       R   GRDA503
73                      
C MATAKULIAH KEAHLIAN BERKARYA (MKB)  
a. MKBWAJIB
1 NAGA513 Animasi Stop Motion 3 4         3   R
2 NAGA520 Proyek Game Animasi:Skenario 3 4       3     R
3 NAGA521 Proyek Game Animasi: Produksi 4 6         4   R NAGA520
10                      
b. MKB PILIHAN
1. Pilihan Game
1 NAGA514 Bahasa Pemrograman 3 4     3       R   NAGA504
2 NAGA515 Desain Game 2 Dimensi 3 4   3         R   NAGA504
3 NAGA516 Desain Game 3 Dimensi 3 4     3       R   NAGA504
4 NAGA522 Proyek Game Animasi: GameProgramming 3 4         3   R NAGA520
12                    
2. Pilihan Animasi                      
1 NAGA517 Desain Property 3 4     3       R GRDA504
2 NAGA518 Desain Animasi 2 Dimensi 3 4   3         R GRDA508
3 NAGA519 Desain Animasi 3 Dimensi 3 4     3       R GRDA509
4 NAGA523 Proyek Game Animasi: Game Desain Karakter & Interface 3 4         3   R NAGA520
12                      
D MATAKULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB)
1 NAGA590 Tugas Akhir Desain 6           6 P    Diatur tersendiri
6                      
E MATAKULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT (MBB)
1 GDKA502 Praktek Kerja Profesi 4 4 P Diatur tersendiri
4                      
Jumlah sks keseluruhan 113   20 21 24 23 19 6 113      

Keterangan : sks mata kuliah dengan tanda () berarti dapat diambil pada semester tersebut.

 

 

id_IDIndonesian