Gelar Karya Mahasiswa merupakan salah satu program kerja Himpunan Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Gelar Karya Mahasiswa yang disingkat GKM ini terdiri dari 3 rangkaian acara yaitu Karya Ilmiah Mahasiswa, Kompetisi Artikel dan malam puncak yakni Malam Punjangga. Ketiga rangkaian acara tersebut dilaksanakan pada bulan Maret – April 2019 di Universitas Negeri Malang.

Karya Ilmiah Mahasiswa atau yang disingkat KIM merupakan kompetisi penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. Kompetisi ini diikuti oleh mahasiswa aktif Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang angkatan 2016, 2017, dan 2018. Karya Ilmiah Mahasiswa terdiri dari 5 bidang yaitu karya bidang Penelitian Sosial dan Humaniora, Pengabdian Masyarakat, Teknologi, Karsa Cipta dan Gagasan Tertulis. Sistematika penulisan KIM itu sendiri hampir 90% mengikuti pedoman PKM. Tujuan dari KIM itu sendiri untuk meningkatkan daya kritis dan ilmiah pada mahasiswa. Kompetisi KIM dilaksanakan pada tanggal 28 Maret – 22 April 2019. Kompetisi KIM diikuti oleh 31 peserta yang tersebar dalam 9 karya. Pemenang KIM diumumkan pada Malam Punjangga pada tanggal 30 April 2019 yang terdiri dari 3 pemenang yaitu juara 1 yang diketuai oleh Khoirotul, juara 2 yang diketuai oleh Ike Karunia Safitri dan juara 3 yang diketuai oleh Meirisa Anggraeni.

Rangkaian acara GKM yang kedua yaitu kompetisi Artikel. Kompetisi Artike ini dilaksanakan pada tanggal 28 April – 22 April 2019. Kompetisi ini juga diikuti oleh mahasiswa aktif Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang angkatan 2016, 2017, dan 2018. Karya artikel ditulis menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Tema yang diusung yaitu “Literasi Digital: Membangun Generasi Berkarakter di Era Milenial” dengan pilihan beberapa subtema yaitu Pengembangan Bahasa dan Sastra Melalui Industri Kreatif, Sastra Anak sebagai Sarana Membangun Fenerasi Berkarakter, Bahasa dan Sastra sebagai Identitas Bangsa, Penggunaan Bahasa dalam Strategi Pemasaran di Era Digital. Kompetisi ini diikuti oleh 10 peserta. Pemenang dari kompetisi artikel ini diumumkan pada tanggal 30 April 2019 dalam acara Malam Pujangga. Pemenang dari kompetisi ini yaitu juara 1 Faisal Akbar Firmansyah, juara 2 Nila Ayati Nuzula, dan juara 3 Alfani ‘Aziza.

Puncak acara rangkaian GKM yang terakhir yaitu Malam Punjangga. Malam Pujangga dilaksanakan 30 April 2019 di Sasana Krida Universitas Negeri Malang. Malam Pujangga mengusung tema “Pujangga Berkualitas dengan Karya Tanpa Batas” bersama bintang tamu Genta Kiswara dan Tri Prasetyo yang merupakan pemimpin redaksi Gradien Mediatama. Genta Kiswara adalah seorang penulis dan pengiat mrdia sosial, ia telah menerbitkan 3 buku yaitu Pada Suatu Kata Pergi, Evolusi Rindu dan Nelangsa. Acara tersebut dimeriahkan oleh penampilan akustik, Ricard Dito, Tearter Pelangi, Griya Sastra Tari, Griya Sastra Puisi dan juga bazar.

(HMJ Sastra Indonesia)