April 2019, Himpunan Mahasiswa Jurusan Seni dan Desain (HMJ Sedesa), Universitas Negeri Malang mengadakan beberapa acara, salah satunya adalah ALPA yaitu Abnormal Project Annual. ALPA merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Jurusan Seni dan Desain. ALPA ini diselenggarakan pada bulan April tepatnya hari Sabtu, 6 April 2019 bertempat di Parkiran D9, Universitas Negeri Malang. Tahun ini, acara ALPA sudah ke-empat kalinya diadakan. Melibatkan partisipasi mahasiswa Jurusan Seni dan Desain mulai dari angkatan 2017 sampai angkatan 2018 sebagai pengisi acara maupun panitia. Pada Alpa keempat ini mengusung konsep baru dari ALPA yang pernah diselenggarakan sebelum-sebelumnya.

ALPA tahun ini mengangkat pameran karya seni dan desain, tetapi dengan pengemasan yang berbeda dari ALPA yang pernah dilaksanakan sebelumnya. Pada pameran karya seni dan desain dalam ALPA tahun ini fokus dengan karya milik mahasiswa seni dan desain sendiri guna meningkatkan daya cipta kreatif mahasiswa dan juga menjadi wadah karya cipta akademisi agar karya mahasiswa jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra ini menjadi lebih terwadahi dan terpublikasikan, sehingga prestasi mahasiswa Seni dan Desain Universitas Negeri Malang gaungnya semakin menggema di masyarakat.

Pada ALPA tahun ini  tidak hanya menyelenggarakan pameran tapi juga menampilkan berbagai jenis Seni pertunjukan baik musik maupun tari hasil karya mahasiswa Seni dan Desain. Secara keseluruhan karya – karya pameran yang bertema “PETAK UMPAT” menjadi wadah mahasiswa jurusan Seni dan Desain untuk menuangkan dan mengekspresikan pemikiran, ide, dan rasa mereka tentang rupa Indonesia yang sedang menyongsong pesta demokrasi ini. Serta, menjadi wadah audience terlebih mahasiswa untuk lebih peka dan paham tentang peranannya di dalam kehidupan masyarakat dengan cara mengekpresikan diri lewat apresiasi seni dan desain dalam pameran karya seni dan desain Abnormal Project Annual (ALPA) 2019.

 

Secara keseluruhan acara ALPA berjalan lancar dan sukses. Tidak terdapat kendala yang begitu berarti selama pelaksanaan acara. Antusias mahasiswa Universitas Negeri Malang maupun masyarakat Malang pada acara ALPA sangat baik. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang melihat pameran dan melihat pertunjukan yang disajikan. Acara ditutup dengan penampilan terakhir pertunjukan musik.

(Wira HMJ Sedesa 2019)