KATALOG PERPUSTAKAAN DAN SAINS INFORMASI 2018
- Nama Prodi
S1 Perpustakaan dan Sains Informasi (PSI)
2. Visi dan Misi
Prodi S1 Perpustakaan dan Sains Informasi (PSI) memiliki visi dan misi berikut.
- Visi
Menjadi program studi unggul dan rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi bidang ilmu perpustakaan dan informasi.
- Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam ilmu perpustakaan yang berpusat pada peserta didik (mahasiswa) dengan menggunakan pendekatan pembelajaran inovatif dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi.
- Menyelenggarakan penelitian dan pelatihan dalam ilmu perpustakaan yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu perpustakaan dan kesejahteraan masyarakat yang berupa kegiatan.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam ilmu perpustakaan yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat yang berupa kegiatan.
- Menyelenggarakan tatapamong progam studi yang akuntabel dan transparan untuk menjamin peningkatan kualitas penyelenggaraan program studi secara berkelanjutan.
3. Rumusan Profil Lulusan
Sarjana sains Informasi yang mumpuni dalam merancang, menerapkan, mengkaji dan mengevaluasi secara kritis bidang perpustakaan dan sains informasi serta mampu mengembangkan bidangnya secara inovatif, memiliki kapabilitas aplikatif dalam memecahkan masalah dengan prinsip belajar sepanjang hayat dengan mengedepankan nilai-nilai humaniora dan berjiwa info-preneurship sesuai dengan perkembangan IPTEKS terkini.
4. Rumusan SCPL
Standar Capaian Pembelajaran Lulusan (SCPL) Prodi Sarjana Perpustakaan dan Sains Informasi sebagai berikut.
- Menguasai konsep perpustakaan dan ilmu informasi sehingga mampu menerapkan secara komprehensif, mandiri, adaptif terhadap perkembangan pengetahuan dan teknologi terkini melalui pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif berlandaskan etika profesi
- Menguasai konsep layanan perpustakaan dan diseminasi informasi secara komprehensif, adaptif sesuai dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi terkini, mengedepankan nilai, norma dan etika sehingga dapat memberikan kontribusi bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Mampu mengelola berbagai jenis perpustakaan dan lembaga informasi lainnya secara bertanggung jawab dengan mengedepankan nilai dan norma berbasis pada teknologi informasi terkini, untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban.
- Menguasai berbagai konsep literasi, legalitas informasi, dan karakteristik pengguna informasi agar mampu mengedukasi masyarakat dengan menjunjung tinggi kepekaan sosial, dan kenanekaragaman budaya.
- Mampu mengkaji, mengembangkan konsep dan pemikiran di bidang perpustakaan dan ilmu informasi berdasarkan prinsip/kaidah keilmuan dengan dilandasi pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, serta mengedepankan nilai, dan etika akademik sehingga menghasilkan produk/karya unggul dan inovatif.
- Menguasai konsep teoritis bisnis bidang informasi dan mampu menumbuhkan semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Rasional Pembaharuan Kurikulum
Kurikulum prodi Perpustakaan dan Sains Informasi mengalami pembaharuan yang akan dimplementasikan pada tahun 2018. Pembaharuan kurikulum prodi didasarkan beberapa halhal berikut:
- Terjadinya perubahan paradigma perpustakaan dari perpustakaan konvensional ke perpustakaan digital dan bahkan ke perpustakaan virtual. Perubahan ini berlangsung secara masif dan cepat. Perubahan tersebut perlu segera diantisipasi melalui pembaharuan kurikulum agar lulusan prodi perpustakaan mempunyai kompetensi yang dibutuhkan yang sesuai dengan tantangan jaman.
- Perubahan fenomena perpustakaan kami diskusikan dengan dosen prodi dan disepakati bahwa lulusan perlu dibekali dengan sejumlah mata kuliah yangsesuai dengan perubahan dibidang perpustakaan.
- Berdasarkan analisisi keilmuan bidang perpustakaan, keilmuawan ini mengalami perubahan yang sangat cepat karena adanya perkembangan teknologi informasi. Keilmuan perpustakaan perlu segera menyesuaikan dengan perkembangan ilmu terbaru dalam bidang perpustakaan yaitu ilmu informasi. Hal ini diperkuat dengan adanya nomenklatur baru dalam ilmu perpustakaan dari Belmawa Kemenristek Dikti menjadi Perpustakaan dan Sains Informasi.
- Berdasarkan masukan dari pemangku kepentingan bahwa mereka membutuhkan tenaga perpustakaan yangmengusai bidang teknologi informasi untuk menjawab perubahan yang terjadi dalam bidang perpustakaan.
- Bedasarkan analisis dalam tracer study kebanyakan lulusan membutuhkan kompetansi tambahan dalam pengelolaan perpustakaan yaitu kompetsi dalam bidang pengelolaan perpustakaan berbasis teknologi informasi.
- Tujuan Prodi
- Menghasilkan pustakawan ahli yang mengusai konsep teoritis bidang perpustakaan dan sains informasi
- Menghasilkan praktisi bidang perpustakaan dan sains informasi serta memanfaatkan ipteks dalam menyelesaikan msalah kepustakawanan
- Menghasilkan peneliti semenjana bidang perpustakaan dan sains informasi serta dapat mengambil keputusan secara bertanggung jawab.
- Profil Lulusan
- Pustakawan Ahli
- Peneliti pemula bidang perpustakaan dan informasi
- Wirausaha bidang perpustakaan dan informasi
- Arsip dan dokumentalis
- Pemetaan Bahan Kajian
Konstruk SCPL 1 | Unsur IPTEKS | Bahan Kajian | Sub Bahan Kajian | Tingkat Kedalaman |
Menguasai konsep perpustakaan dan ilmu informasi sehingga mampu menerapkan secara komprehensif, mandiri, adaptif terhadap perkembangan pengetahuan dan teknologi terkini melalui pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif berlandaskan etika profesi | Konsep, Teori
Ilmu Perpustakaan |
Pengantar Ilmu Perpustakaan | Kontinum Informasi | Prinsip, konsep,
prosedur dan teori |
Perpustakaan berbagai jenis | ||||
Hubungan masyarakat dan perpustakaan | ||||
Sejarah perpustakaan | ||||
Etika profesi pustakawan | ||||
Administrasi dan manajemen perpustakaan | ||||
Teknologi informasi di perpustakaan | ||||
Sensor dan hak cipta | ||||
Teknologi di lembaga informasi dan dampaknya | ||||
Kerjasama lembaga informasi | ||||
Layanan jasa perpustakaan | ||||
Prinsip Kepustakawanan | ||||
Konsep, Teori Sains Informasi | Information Retrieval | Relevansi query dan hasil query | Prinsip, konsep,
prosedur dan teori |
Query Database
Boolean Operator IR | ||||
Evaluasi IR | ||||
Model IR | ||||
Performance IR (Presisi, Recall) | ||||
Knowledge Management | Konsep Data, Informasi, Pengetahuan | Prinsip, konsep,
prosedur dan teori |
||
Sistem KM | ||||
Konsep KM |
Scope KM
Tacit Knowledge | ||||
Explicit Knowledge | ||||
Teknologi dalam KM | ||||
Implementasi KM | ||||
Repository | ||||
Model KM | ||||
Knowledge Creation |
Knowledge Sharing
Knowledge Capturing | ||||
Knowledge Competency | ||||
Knowledge Networking | ||||
Information Behaviour | Konsep Informasi | Prinsip, konsep,
prosedur dan teori |
||
Sejarah IB | ||||
Information searching | ||||
Information seeking |
User Studies
Model IB | ||||
Information Need | ||||
Kemas Ulang Informasi | Konsep, Teori dan
Prosedur Kemas Ulang Informasi Information Life Cycle Tool kemas ulang informasi Strategi kemas ulang informasi Model dan proses kemas ulang informasi |
Prinsip, konsep,
prosedur dan teori |
Bentuk kemas ulang informasi
Informatika Sosial | Kebijakan informasi
Kajian sosial TIK Kajian sosiologi dalam TIK Interaksi Manusia dan Komputer Kebutuhan Informasi dalam TIK Perubahan sosial oleh TIK Dampak TIK |
Prinsip, konsep,
prosedur dan teori |
Teknologi
Informasi dan Komunikasi Perpustakaan dan Lembaga Informasi |
TIK | Konsep, Teori dan Prosedur Otomasi lembaga informasi | Prinsip, konsep,
prosedur dan teori |
|
Komponen dasar otomasi | ||||
Pengenalan software, hardware untuk lembaga informasi | ||||
jaringan komputer dan internet | ||||
Perpustakaan Digital | ||||
Arsitektur Informasi | ||||
Open Source | ||||
Isu-isu terkini |
Repository | Konsep, Teori dan
Prosedur Repositori Institusi |
Prinsip, konsep,
prosedur dan teori |
||
Metadata & Konten Repository | ||||
Mesin Pencari | ||||
Kebijakan repository | ||||
Teknologi Web | ||||
Legalitas | ||||
Open Access | ||||
Software Management Repository |
Sistem Klasifikasi
Pengelolaan
Organisasi Informasi |
Organisasi Informasi | Katalogisasi | Prinsip, konsep,
prosedur dan teori |
|
Temu Kembali Informasi | ||||
Analisis Subjek | ||||
DDC | ||||
Deskripsi Bibliografi | ||||
Tajuk Entri | ||||
MARC |
IndoMarc
FRBR | ||||
Metadata | ||||
Kontrol Bibliografi | ||||
RDA | ||||
Pengelolaan
Sumberdaya Informasi |
Pengembangan
Koleksi |
Sumber dan jenis informasi | Prinsip, konsep,
prosedur dan teori |
|
Konsep pengembangan koleksi | ||||
Kebijakan
pengembangan koleksi |
Standar pengembangan koleksi | ||||
Kajian kebutuhan pengguna | ||||
Seleksi pustaka cetak/non cetak | ||||
Anggaran | ||||
Strategi pengadaan dan inventarisasi koleksi | ||||
Evaluasi Koleksi | ||||
Kebijakan weeding dan prosedur | ||||
Informetrika |
Akses sumber informasi | ||||
Kerjasama
Perpustakaan dan Lembaga Informasi |
Konsep jejaring perpustakaan | Prinsip, konsep,
prosedur dan teori |
||
Bentuk kerjasama dalam jejaring | ||||
Manfaat jejaring | ||||
Kerjasama dalam pengembangan koleksi | ||||
Teknologi dalam jejaring | ||||
Preservasi dan konservasi | Koleksi sebagai warisan/artefak | Prinsip, konsep, prosedur dan | ||
Teori dan Konsep, prosedur konservasi, preservasi dan restorasi | teori |
Keusangan Bahan Pustaka | ||||
Kerusakan sumberdaya informasi | ||||
Preservasi digital | ||||
Kurasi Informasi | ||||
Aspek Hukum (Preservasi & konservasi) | ||||
Konstruk SCPL 2 | Unsur IPTEKS | Bahan Kajian | Sub Bahan Kajian | Tingkat Kedalaman |
Menguasai konsep layanan perpustakaan dan diseminasi informasi secara komprehensif, adaptif sesuai dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi terkini, mengedepankan nilai, norma dan etika | Pengelolaan
Layanan Informasi |
Diseminasi Informasi | Perangkat lunak diseminasi informasi | Prinsip, konsep,
prosedur dan teori |
Kajian media sosial |
sehingga dapat memberikan
kontribusi bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
Teknologi Web | |||
TIK untuk diseminasi informasi | ||||
Promosi | ||||
Layanan
Lembaga Informasi |
Layanan dan Jasa Informasi | Prinsip, konsep,
prosedur dan teori |
||
Kerjasama dan Jaringan Perpustakaan | ||||
Open Space | ||||
Sistem Layanan | ||||
Learning Common |
Learning Space | ||||
Kualitas Layanan | ||||
Kajian Kepustakawanan | ||||
Kajian Pengguna | ||||
Konstruk SCPL 3 | Unsur IPTEKS | Bahan Kajian | Sub Bahan Kajian | Tingkat Kedalaman |
Mampu mengelola berbagai jenis perpustakaan dan lembaga informasi lainnya secara bertanggung jawab dengan mengedepankan nilai dan norma berbasis pada teknologi informasi terkini, untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban. | Tata Kelola Perpustakaan | Jenis Perpustakaan | Jenis dan Karakteristik perpustakaan dan lembaga informasi | Prinsip, konsep dan teori |
Teori organisasi | ||||
Organisasi sosial; Tipe
Organisasi; Struktur Organisasi |
Interaksi dalam organisasi | ||||
Tata Kelola | Kepemimpinan; Problem
Solving; POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling, Budgetting) |
Prinsip, konsep dan teori | ||
Aspek lintas disiplin
perpustakaan dan lembaga informasi |
Kajian
Budaya,Komunikasi, Psikologi, Ilmu Sosial dan disiplin ilmu yang relevan dalam Perpustakaan dan lembaga informasi |
|||
Konstruk SCPL 4 | Unsur IPTEKS | Bahan Kajian | Sub Bahan Kajian | Tingkat Kedalaman |
Menguasai berbagai konsep literasi, legalitas informasi, dan karakteristik pengguna informasi agar mampu mengedukasi masyarakat dengan menjunjung tinggi kepekaan sosial, dan kenanekaragaman budaya. | Literasi | Literasi Informasi | Konsep dasar literasi informasi | Prinsip, konsep dan teori |
Tahapan literasi informasi | ||||
Pemanfaatan sumbersumber informasi | ||||
Budaya literasi informasi |
Peran perpustakaan dalam pengembangan
literasi informasi Wujud pemanfaatan literasi informasi |
||||
Literasi Sekolah | Konsep literasi sekolah | Prinsip, konsep dan teori | ||
Literatur anak | ||||
Perpustakaan sekolah | ||||
Kajian Pengguna | Kajian
Pengguna/User Studies |
Information exchange | Prinsip, konsep dan teori | |
Kebutuhan informasi | ||||
Perilaku Pengguna |
User centric studies | ||||
Model evaluasi pengguna | ||||
Kajian media sosial | ||||
Evaluasi pengguna | ||||
Aspek Hukum | Legalitas Informasi | Copyright | Prinsip, konsep dan teori | |
Open Access | ||||
Paten | ||||
Konstruk SCPL 5 | Unsur IPTEKS | Bahan Kajian | Sub Bahan Kajian | Tingkat Kedalaman |
Mampu mengkaji, mengembangkan konsep dan pemikiran di bidang perpustakaan dan ilmu informasi berdasarkan prinsip/kaidah keilmuan dengan dilandasi pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, serta mengedepankan nilai, dan etika akademik sehingga menghasilkan produk/karya unggul dan inovatif. | Metodologi Riset | Metode
Penelitian |
Pendekatan Penelitian dengan Kuantitatif | Konsep, prinsip dan prosedur |
Pendekatan Penelitian Kualitatif | ||||
Pendekatan Research & Development | ||||
Pendekatan Mixed Method Research | ||||
Statistika | Statistika | Populasi dan Sampel | Konsep, prinsip dan prosedur | |
Pengolahan Data | ||||
Uji Hipotesis | ||||
Statistik Parameter |
Statistik Non Parametrik | ||||
Metode Penulisan | Karya Ilmiah | Kode Etik Ilmiah | Konsep, prinsip dan prosedur | |
Tata Cara Penyusunan Karya Ilmiah | ||||
Metode Penulisan Hasil Penelitian | ||||
Konstruk SCPL 6 | Unsur IPTEKS | Bahan Kajian | Sub Bahan Kajian | Tingkat Kedalaman |
Menguasai konsep
teoritis bisnis bidang informasi dan mampu menumbuhkan semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Kewirausahaan | Inforpreneurship | Identifikasi pengetahuan/informasi
Kemas ulang informasi Diseminasi informasi |
Prinsip, konsep dan teori |
Ekonomi
Informasi |
Konsep Informasi | Prinsip, konsep dan teori | ||
Masyarakat informasi |
- Matriks Bahan Kajian dan CPL
Ada pada file excell
10. Struktur Kurikulum
Beban studi yang harus diselesaikan oleh mahasiswa Program Studi Sarjana Perpustakaan dan Sains Informasi adalah 147 SKS dengan perincian berikut ini.
A | MATAKULIAH DASAR PENGEMBANGAN KARAKTER (MDPK) | 12 sks |
1) | Pendidikan Agama | 3 sks |
2) | Bahasa Indonesia | 2 sks |
3) | Pendidikan Pancasila | 2 sks |
4) | Pendidikan Kewarganegaran (PKn) | 2 sks |
5) | Manajemen Inovasi | 3 sks |
B. | MATAKULIAH KEILMUAN dan KEAHLIAN (MKK) | 120 sks |
1) | Matakuliah Keilmuan Inti (Ipteks Utama) | 50 sks |
(1) | Perpustakaan | 30 sks |
(2) | Sains Informasi | 20 sks |
2) | Matakuliah Keilmuan Pendukung (Ipteks Pendukung) | 70 sks |
a) | Matakuliah Dasar Keilmuan Pendukung | 29 sks |
b) | Matakuliah Penciri Prodi | |
1 | Matakuliah Dasar Perpustakaan dan Sains Informasi | 18 sks |
2 | Matakuliah Dasar Keahlian Kesarjanaan Perpustakaan dan Sains Informasi | 23 sks |
C. | MATAKULIAH PEMINATAN DAN PENGEMBANGAN
DIRI (MPPD) |
15 sks |
1)
2) 3)
|
Peminatan Literasi Sekolah
Peminatan Manajemen Informasi Peminatan Manajemen Rekod
|
15 sks
15 sks 15 sks |
JUMLAH | 147 sks |
SEBARAN MATAKULIAH
NO | SANDI | MATAKULIAH | SKS | JS | SEBARAN | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | |||||
A. MATAKULIAH DASAR PENGEMBANGAN KARAKTER (MDPK) | ||||||||||||
1 | UNIV6001 | Pend. Agama Islam* | 3 | 3 | ü | |||||||
UNIV6002 | Pendidikan Agama Protestan* | |||||||||||
UNIV6003 | Pendidikan Agama Katolik* | |||||||||||
UNIV6004 | Pendidikan Agama Hindu* | |||||||||||
UNIV6005 | Pendidikan Agama Budha* | |||||||||||
UNIV6006 | Pendidikan Agama Konghuchu | |||||||||||
2 | UNIV6007 | Pendidikan Pancasila | 2 | 2 | ü | |||||||
3 | UNIV6008 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | ü | |||||||
4 | UNIV6009 | Pendidikan Bahasa Indonesia | 2 | 2 | ü | |||||||
5 | UNIV6010 | Manajemen Inovasi | 3 | 3 | ü | |||||||
12 | 12 | 5 | 4 | 3 | ||||||||
B. MATAKULIAH KEILMUAN dan KEAHLIAN (MKK) | ||||||||||||
1. Matakuliah Keilmuan Inti (Ipteks Utama) | ||||||||||||
1) Perpustakaan | ||||||||||||
6 | PUST6101 | Pengantar Perpustakaan dan Sains Informasi | 3 | 3 | ü | |||||||
7 | PUST6102 | Pengantar Dokumentasi dan Kearsipan | 3 | 3 | ü | |||||||
8 | PUST6103 | Preservasi dan Konservasi Media Digital | 3 | 3 | ü | |||||||
9 | PUST6104 | Layanan dan Jasa Informasi | 3 | 3 | ü | |||||||
10 | PUST6105 | Kerjasama dan Jaringan Informasi | 3 | 3 | ü | |||||||
11 | PUST6106 | Organisasi Informasi | 3 | 3 | ü | |||||||
12 | PUST6107 | Pengembangan Sumber Daya Informasi Perpustakaan | 3 | 3 | ü | |||||||
13 | PUST6108 | Perangkat Lunak Otomasi | 3 | 3 | ü |
Perpustakaan | ||||||||||||
14 | PUST6109 | Perpustakaan Digital | 3 | 3 | ü | |||||||
15 | PUST6110 | Pemasaran Perpustakaan dan Lembaga Informasi | 3 | 3 | ü | |||||||
30 | 30 | 3 | 6 | 6 | 15 | |||||||
2) Sains Informasi | ||||||||||||
16 | PUST6111 | Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi | 3 | 3 | ü | |||||||
17 | PUST6112 | Profesi Bidang Perpustakaan dan Sains Informasi | 3 | 3 | ü | |||||||
18 | PUST6113 | Tren di bidang Perpustakaan dan Informasi | 3 | 3 | ü | |||||||
19 | PUST6114 | Information Retrieval System | 3 | 3 | ü | |||||||
20 | PUST6115 | Manajemen Pengetahuan | 3 | 3 | ü | |||||||
21 | PUST6116 | Desain Web | 3 | 3 | ü | |||||||
22 | PUST6117 | Aspek Hukum Informasi | 2 | 2 | ü | |||||||
20 | 20 | 3 | 2 | 6 | 3 | 6 | ||||||
2. Matakuliah Keilmuan Pendukung (Ipteks Pendukung) | ||||||||||||
1) Matakuliah Dasar Keilmuan Pendukung | ||||||||||||
23 | PUST6118 | Jaringan Komputer | 3 | 3 | ü | |||||||
24 | PUST6119 | Sosiologi Perpustakaan | 3 | 3 | ü | |||||||
25 | PUST6120 | Manajemen Perpustakaan dan Lembaga Informasi | 3 | 3 | ü | |||||||
26 | PUST6121 | Pemrograman Pangkalan Data | 3 | 3 | ü | |||||||
27 | PUST6122 | Literasi Informasi dan Media | 3 | 3 | ü | |||||||
28 | PUST6123 | Ekologi Perpustakaan | 3 | 3 | ü | |||||||
29 | PUST6124 | Psikologi Layanan Informasi | 2 | 2 | ü | |||||||
30 | PUST6125 | Bahasa Inggris Komunikasi | 2 | 2 | ü | |||||||
31 | PUST6126 | Bahasa Inggris Profesi | 3 | 3 | ü | |||||||
32 | FSAS6001 | Pengantar Filsafat Ilmu | 2 | 2 | ü | |||||||
33 | FSAS6002 | Manusia dan Kebudayaan
Indonesia |
2 | 2 | ü |
29 | 29 | 9 | 8 | 12 | |||||||||||
2) Matakuliah Penciri Prodi | |||||||||||||||
Dasar Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi | |||||||||||||||
34 | PUST6127 | Perilaku Informasi | 3 | 3 | ü | ||||||||||
35 | PUST6128 | Ekonomi Informasi | 3 | 3 | ü | ||||||||||
36 | PUST6129 | Informetrika | 3 | 3 | ü | ||||||||||
37 | PUST6130 | Informatika Sosial | 3 | 3 | ü | ||||||||||
38 | PUST6131 | Manajemen Data Digital | 3 | 3 | ü | ||||||||||
39 | PUST6132 | Kajian Media Sosial | 3 | 3 | ü | ||||||||||
18 | 18 | 6 | 6 | 6 | |||||||||||
Dasar Keahlian Kesarjanaan Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi | |||||||||||||||
40 | PUST6133 | Statistika | 3 | 3 | ü | ||||||||||
41 | PUST6134 | Metode Penelitian
Perpustakaan dan Informasi |
3 | 3 | ü | ||||||||||
42 | PUST6135 | Seminar Proposal Skripsi | 3 | 3 | ü | ||||||||||
43 | PUST6100 | Skripsi | 6 | 6 | ü | ||||||||||
44 | PUST6090 | Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) | 4 | 4 | ü | ||||||||||
45 | UKKN6090 | Kuliah Kerja Nyata | 4 | 4 | ü | ||||||||||
23 | 23 | 3 | 3 | 11 | 6 | ||||||||||
C. MATAKULIAH PEMINATAN DAN PENGEMBANGAN DIRI (MPPD) | |||||||||||||||
MK Peminatan 1: Literasi Sekolah | |||||||||||||||
46 | PUST6201 | Dasar-dasar literasi | 3 | 3 | ü | ||||||||||
47 | PUST6202 | Literatur Anak dan Remaja | 3 | 3 | ü | ||||||||||
48 | PUST6203 | Literasi Digital | 3 | 3 | ü | ||||||||||
49 | PUST6204 | Pengembangan Literasi Baca-Tulis | 3 | 3 | ü | ||||||||||
50 | PUST6205 | Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar | 3 | 3 | ü | ||||||||||
15 | 15 | 6 | 9 | ||||||||||||
MK Peminatan 2: Manajemen Informasi | |||||||||||||||
51 | PUST6206 | Manajemen Sistem
Informasi Perpustakaan |
3 | 3 | ü | ||||||||||
52 | PUST6207 | Analisis dan Perancangan
Sistem Informasi Perpustakaan |
3 | 3 | ü | ||||||||||
53 | PUST6208 | Semantic Web | 3 | 3 | ü | ||||||||||
54 | PUST6209 | Produksi dan Diseminasi Informasi | 3 | 3 | ü | ||||||||||
55 | PUST6210 | Kemas Ulang Informasi | 3 | 3 | ü | ||||||||||
15 | 15 | 6 | 9 | ||||||||||||
MK Peminatan 3: Manajemen Rekod | |||||||||||||||
56 | PUST6211 | Manajemen Rekod | 3 | 3 | ü | ||||||||||
57 | PUST6212 | Penilaian dan Penyusutan Arsip | 3 | 3 | ü | ||||||||||
58 | PUST6213 | Deskripsi dan Penataaan
Arsip Statis |
3 | 3 | ü | ||||||||||
59 | PUST6214 | Otomasi Kearsipan dan Dokumentasi | 3 | 3 | ü | ||||||||||
60 | PUST6215 | Akses dan Layanan Arsip | 3 | 3 | ü | ||||||||||
15 | 15 | 6 | 9 | ||||||||||||
TOTAL | 147 | 147 | 20 | 20 | 24 | 24 | 24 | 18 | 11 | 6 | |||||
SAJIAN PER SEMESTER KURIKULUM 2018
PROGAM STUDI S1 PERPUSTAKAAN DAN SAINS INFORMASI
SANDI MATAKULIAH SKS JS
SEMESTER 1
UNIV6001 Pend. Agama Islam*
UNIV6002 Pendidikan Agama Protestan*
UNIV6003 Pendidikan Agama Katolik*
3 3
UNIV6004 Pendidikan Agama Hindu*
UNIV6005 Pendidikan Agama Budha*
UNIV6006 Pendidikan Agama Konghuchu
UNIV6008 Pendidikan Kewarganegaraan 2 2
FSAS6002 Manusia dan Kebudayaan Indonesia 2 2
PUST6124 Psikologi Layanan Informasi 2 2
PUST6125 Bahasa Inggris Komunikasi 2 2
PUST6101 Pengantar Perpustakaan dan Sains Informasi 3 3
PUST6111 Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi 3 3
PUST6119 Sosiologi Perpustakaan 3 3
JML SKS 20
SEMESTER 2
UNIV6007 Pendidikan Pancasila 2 2
UNIV6009 Pendidikan Bahasa Indonesia 2 2
FSAS6001 Pengantar Filsafat Ilmu 2 2
PUST6126 Bahasa Inggris Profesi 3 3
PUST6102 Pengantar Dokumentasi dan Kearsipan 3 3
PUST6107 Pengembangan Sumber Daya Informasi
Perpustakaan 3 3
PUST6117 Aspek Hukum Informasi 2 2
PUST6120 Manajemen Perpustakaan dan Lembaga Informasi 3 3
JML SKS 20
SEMESTER 3
PUST6123 Ekologi Perpustakaan 3 3
PUST6105 Kerjasama dan Jaringan Informasi 3 3
PUST6114 Information Retrieval System 3 3
PUST6118 Jaringan Komputer 3 3
PUST6106 Organisasi Informasi 3 3
PUST6122 Literasi Informasi dan Media 3 3
PUST6112 Profesi Bidang Perpustakaan dan Sains Informasi 3 3
PUST6121 Pemrograman Pangkalan Data 3 3
JML SKS 24
SEMESTER 4
PUST6128 Ekonomi Informasi 3 3
PUST6116 Desain Web 3 3
PUST6108 Perangkat Lunak Otomasi Perpustakaan 3 3
PUST6130 Informatika Sosial 3 3
PUST6104 Layanan dan Jasa Informasi 3 3
PUST6110 Pemasaran Perpustakaan dan Lembaga Informasi 3 3
PUST6103 Preservasi dan Konservasi Media Digital 3 3
PUST6109 Perpustakaan Digital 3 3
JML SKS 24
SEMESTER 5
PUST6115 Manajemen Pengetahuan 3 3
PUST6127 Perilaku Informasi 3 3
PUST6113 Tren di bidang Perpustakaan dan Informasi 3 3
PUST6131 Manajemen Data Digital 3 3
PUST6133 Statistika 3 3
UNIV6010 Manajemen Inovasi 3 3
MK Peminatan 1: Literasi Sekolah
PUST6201 Dasar-dasar literasi 3 3
PUST6202 Literatur Anak dan Remaja 3 3
MK Peminatan 2: Manajemen Informasi
PUST6206 Manajemen Sistem Informasi Perpustakaan 3 3
PUST6209 Produksi dan Diseminasi Informasi 3 3
MK Peminatan 3: Manajemen Rekod
PUST6211 Manajemen Rekod 3 3
PUST6212 Penilaian dan Penyusutan Arsip 3 3
JML SKS 24
SEMESTER 6
PUST6134 Metode Penelitian Perpustakaan dan Informasi 3 3
PUST6132 Kajian Media Sosial 3 3
PUST6129 Informetrika 3 3
MK Peminatan 1: Literasi Sekolah
PUST6203 Literasi Digital 3 3
PUST6204 Pengembangan Literasi Baca-Tulis 3 3
PUST6205 Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar 3 3
MK Peminatan 2: Manajemen Informasi
PUST6207 Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
Perpustakaan 3 3
PUST6208 Semantic Web 3 3
PUST6210 Kemas Ulang Informasi 3 3
MK Peminatan 3: Manajemen Rekod
PUST6213 Deskripsi dan Penataaan Arsip Statis 3 3
PUST6214 Otomasi Kearsipan dan Dokumentasi 3 3
PUST6215 Akses dan Layanan Arsip 3 3
JML SKS 18
SEMESTER 7
PUST6135 Seminar Proposal Skripsi 3 3
UPKL6090 Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) 4 4
UKKN6090 Kuliah Kerja Nyata 4 4
JML SKS 11
SEMESTER 8
PUST6100 Skripsi 6 6
JML SKS 6