Jambore Wilayah yang diikuti merupakan proker dari Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Informasi Indonesi (HMPII), pelaksanaan kegiatan ini dilaksanankan di Universitas Brawijaya bertepat sebagai tuan rumah. Pada pelaksanaannya kegiatan ini dibawah naungan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang dibantu oleh HMPIP FIA UB. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yang dimulai sejak tanggal 12-14 April 2019 di Universitas Brawijaya tujuannya untuk merekatkan hubungan antar Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan yang berada di DPW III. DPW III diketuai oleh Anggitto Suryo Hadi (Universitas Brawijaya). Adapun wilayah DPW III itu adalah Universitas-Universitas yang ada di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali. Universitas yang mengikuti kegiatan ini adalah Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN SUKA), dan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN Tulungagung).

Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua yang sebelumnya kegiatan serupa dilaksanakan di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan menghadirkan mahasiswa himpunan prodi ilmu perpustakaan. Jambore ke II ini dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dengan menghadirkan acara seperti seminar, diskusi, makrab dan rekreasi. Seminar tersebut didatangi oleh 3 orang pemateri yaitu Bapak Haryanto (Pimpinan Redaksi Jatim News), Bapak Yogi Hartono (Digital Asset Manager CNN Indonesia), serta Dr. Muhammad Shobaruddin, M.A. (Kaprodi Ilmu Perpustakaan FIA UB).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 Peserta dan 22 panitia yang diketuai oleh Muhammad Ryaas Fatria Rajasa. Universitas Negeri Malang (UM) sendiri mengutus 5 delegasi yang berasal dari angkatan 2017, Universitas Diponegoro (UNDIP) mengutus 21 delegasi , Universitas Airlangga (UNAIR) mengutus3 delegasi , Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN SUKA) mengutus 12 delegasi, dan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN Tulungagung) mengutus 9 delegasi.

(Rizka Sidki)