Seni dan Desain merupakan salah satu jurusan di Fakultas Sastra Universitas Negeri `Malang yang di dalamnya terdapat empat prodi dengan karakteristiknya masing-masing. Jurusan ini memiliki organisasi internal yang mewadahi aspirasi-aspirasi mahasiswanya agar lebih kreatif dan kritis dalam berkarya untuk kemudian diapresiasi oleh masyarakat luas. Organisasi tersebut yang kemudian dinamai Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Seni dan Desain pada akhirnya terbentuk atas dasar satu misi dan visi, yaitu untuk meningkatkan kualitas karya mahasiswa Seni dan Desain, serta sebagai wadah terealisasinya suatu gagasan kreatif di bidang seni dan desain. Disamping itu, juga sebagai wujud eratnya tali persaudaraan antar jurusan Seni dan Desain. Organisasi ini nantinya diharapkan terus berprospek kedepannya dan terus ber-regenerasi seiring perkembangan zaman. Atas dasar tersebut, pada bulan September 2019 organisasi HMJ melaksanakan program kerja yang khusus ditujukan untuk mahasiswa baru (Maba) 2019. Melalui kegiatan ini kami bermaksud untuk memperkenalkan organisasi HMJ melalui pendekatan dalam acara Tataran Mahasiswa Jurusan Seni dan Desain (TMSJ Sedesa). Dalam kegiatan ini akan dijelaskan secara gamblang mengenai organisasi HMJ Seni dan Desain, lalu kami juga mengajak kepada mahasiswa baru untuk mengabdi kepada masyarakat. Diharapkan dengan pendekatan ini, kami dapat merangkul Maba, meningkatkan jiwa sosial yang tinggi dan juga memperbaiki sudut pandang masyarakat yang kurang baik terhadap mahasiswa seni dan desain . Dengan kegiatan ini pula, kami segenap anggota HMJ dapat mempromosikan semua program kerja satu tahun ke depan untuk menarik minat Maba agar turut serta sebagai salah satu bagian dari kegiatan tersebut.

 

Tataran Mahasiswa Jurusan Seni dan Desain atau disingkat TMSJ Sedesa ini adalah sebuah wadah perkenalan, pembekalan awal, serta sosialisasi kehidupan dalam lingkup jurusan kepada mahasiswa baru agar nantinya membawa dampak yang baik bagi segenap mahasiswa baru Jurusan Seni dan Desain. Selain pengakraban antar angkatan, kegiatan ini juga akan mempertemukan serta mendekatkan mahasiswa antar prodi sehingga nantinya mereka dapat saling bekerjasama dalam meningkatkan mutu mahasiswa Seni dan Desain dan juga kami mengajak mahasiswa Seni dan Desain untuk turun langsung menghadapi permasalahan yang ada di masyarakat. Dalam TMSJ Sedesa ini, mahasiswa baru Jurusan Seni dan Desain akan diasah kemandirian, kekritisan, kreativitas, kerjasama serta tanggung jawabnya sebagai seorang civitas akademia. Dengan kegiatan ini pula, diharapkan adanya regenerasi yang lebih baik yang akan mengisi organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Seni dan Desain sebagai wadah apresiasi mahasiswa.

 

Dalam TMSJ tahun ini kami tidak hanya memberikan pengabdian kepada masyarakat sekitar tapi juga lebih memberi pengarahan dan pembekalan kepada mahasiswa baru Seni dan Desain tentang materi pemantapan konsep dan penanggung jawab karya hingga pengemasan karya pada semua bidang yang ada di Jurusan Seni dan Desain UM, materi itu sendiri akan dibawakan oleh demisioner Jurusan Seni dan Desain UM yang telah berhasil dan berpengalaman pada bidangnya. Melalui acara ini juga kami berharap mahasiswa baru terbuka pola pikirnya menjadi lebih dewasa agar kedepannya mampu membawa masyarakat Seni dan Desain UM lebih berkembang luaran mutunya dan dikenal positif oleh masyarakat khususnya di bidang Seni dan Desain.

 

TMSJ ini diadakan di Coban Rais yang merupakan salah satu wisata arum jeram yang berada di daerah Kora Batu. Di daerah tersebut kami menemukan banyak permasalahan, yaitu tempat wisata tersebut kurang dikenal oleh masyarakat luas, kurangnya fasilitas pendukung seperti sign system, tempat sampah, dan kurangnya dekorasi yang dapat menjadi daya tarik wisatawan. Disana juga kita akan menyerahkan buku bacaan beserta rak bukunya sebagai simbol kenang kenangan dari acara TMSJ tahun ini yang akan menguntungkan juga bagi masyarakat sekitar dan para wisatawan yang datang ke wisata Coban Rais .

(HMJ Seni dan Desain)