Malang, 29 April 2019, Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang mengadakan kegiatan bakti sosial yang sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa JSA, mereka menyebutnya dengan HAMAMAH yaitu singkatan dari Khidmah Mujtamaiyah Lil Ummah, acara ini merupakan acara tahunan yang diakan oleh HMJ sastra arab UM, yang mana acara ini ditangani langsung oleh mahasiswa Sastra Arab FS UM Angkatan 2018 namun masih dalam naungan HMJ.

Acara tersebut dikemas dengan hal yang menarik, sehingga banyak dari masyarakat yang berpartisipasi dalam acara tersebut. HAMAMAH ini diadakan di Desa Jabung Kabupaten Malang, yang mana ditempat tersebut mayoritas dari masyarakatnya adalah sebagai Petani dan Pemeras Susu, sehingga penting kiranya adanya campur tangan mahasiswa yang ikut andil didalamnya, karena masyarakat tak butuh wacana, namun tindakan yang nyata.

HAMAMAH ini disambut meriah dengan masyarakat, baik dari pendidikan ataupun dari bantuan kesehatan yang disuguhkan, sehingga banyak dari mereka yang senang dengan adanya HAMAMAH 2019 ini. Acara ini berlangsung mulai tanggal 27 – 29 april 2019, dan ditutup dengan pengajian akbar yang sudah disiapkan oleh panitia yang melibatkan masyarakat yang ada disana.

Tak lain tujuan acara ini yaitu untuk menjalian silaturrahmi antara mahasiswa dan masyarakat sehingga dengan acara ini mahasiswa dapat mengetahui kehidupan bermasyarakat, dan kelak ketika terjun ke masyarakat mereka tidak terkejut lagi.

(Efi Nur Fitriyanti, HMJ JSA 2019)