Kongres IMBSJI XII dilaksanakan pada tanggal 30 Juli s.d. 2 Agustus 2018 Di Universitas Negeri Malang. Acara ini merupakan program tahunan dari Ikatan Mahasiswa Bahasa Jerman  yang tahun ini Universitas Negeri Malang dipercayai menjadi tuan rumah. Kongres ini diikuti oleh 12 Universitas se-Indonesia yg memiliki jurusan bahasa Jerman Pada hari pertama dilaksanakan pembukaan dan Focus Group Discussion (FGD). Kemudian pada hari ke 2 acara berlanjut dengan diadakan seminar nasional dengan pemateri Dr. phil. Dian Ekawati, M.A. dari Universitas Padjajaran dan Zitronenkuchen dari Universitas Negeri Malang. Seminar tersebut dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pleno dan paralel. Jika pada sesi pleno terdapat 2 pemateri tersebut di atas, pada sesi paralel peserta kongres yang menjadi pemateri. Peserta kongres diwajibkan mengirim paper mereka dan dipresentasikan ketika sesi ini. Hal ini menjadi suatu dobrakan baru dalam sejarah kongres, di mana panitia dari HMJ sastra Jerman berhasil membuat kumpulan paper yang telah tervalidasi atau biasa disebut Prosiding.
Selain seminar diadakan pula Lomba Vortrag Halten (Lomba Pidato Bahasa Jerman). Dari 20 peserta, semua juaranya berasal dari Universitas Negeri Malang. Ini membuktikan bahwa kemampuan Bahasa Jerman Mahasiwa Universitas Negeri Malang sangat unggul dibandingkan universitas lain. Hari ke tiga merupakan acara sidang pembahasan AD ART IMBSJI dan dilanjutkan dengan Pensi penutupan. Pada hari keempat, seluruh peserta juga panitia melakukan jelajah kota yg dipandu oleh Tim a day to walk dari Auxploration.
Rangkaian acara Kongres IMBSJI XII di Universitas Negeri Malang ini tidak akan terlaksana dengan baik tanpa ada dukungan dari berbagai pihak serta partisipasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman selaku panitia.