Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-quran (LKTIA) CSSMoRA adalah ajang lomba tingkat nasional untuk mahasiswa yang diadakan oleh Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.yang bertema “Al-quran-Hadis dan Upaya Mewujudkan Indonesia Emas 2045”. Adapun  sub tema yang kami ambil adalah Al-quran/hadis dan media digital.

Inovasi menghafal al-quran dengan pemanfaatan media digital kini telah banyak berkembang, contohnya: iQuran Lite, Quran for Android, Al-Quran Al-Hadi, dan lain sebagainya. Metode yang diterapkan pada aplikasi tersebut memiliki kesamaan satu sama lainnya, yakni menggunakan metode menghafal biasa yang membedakannya adalah penggunaan teknologi, sehingga metode tersebut hadir dalam bentuk aplikasi dan mudah untuk dibawa ke mana saja. Akan tetapi, jika menggunakan metode yang sudah biasa maka antusias untuk menghafalkan al-quran bagi kawula muda tidak dapat meningkat. Sedangkan, menghafal al-quran memiliki keutamaan yang sangat penting baik di dunia dan di akhirat, hal ini dijelaskan di ayat al-quran dan beberapa hadis shahih. Oleh karena itu, kami memberikan solusi untuk meningkatkan antusias kawula muda untuk menghafal al-quran dengan mengembangkan sebuah game yang kami sebut Al-Quran Remember atau bisa disingkat QUBER.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 08-10 Februari 2019 yang dilaksanakan di Teatrikal Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM)  UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan di hari pertama, ialah penjemputan oleh panitia ke tempat penginapan atau asrama.Setelah itu dilakukan teknikal meeting di Asrama  Putri yang juga sebagai tempat penginapan selama kegiatan lomba. Kegiatan di hari kedua, ialah acara puncak yaitu presentasi finalis LKTIA tempatnya di Teatrikal Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM)  UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.Kegiatan di hari ketiga atau hari terakhir yaitu acara pengumuman pemenang dan penutupan.

 

Oleh

Rosyada Nuriyatus Salihah

NIM 170253610525