Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) dilaksanakan pada 21-25 Juli 2019 di Bumi Perkemahan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Kemah Budaya Kaum Muda merupakan platform kerja budaya yang menghimpun kaum muda yang berusia antara 18 – 28 tahun untuk menjawab berbagai tantangan pemajuan kebudayaan dengan memanfaatkan kekayaan wawasan di bidang STEAM dan Revolusi Industri 4.0. Pertama, sebagai ruang inkubator untuk inovasi pemajuan kebudayaan, KBKM mewadahi inisiatif-inisiatif kaum muda untuk menciptakan purwarupa (prototype) atau aktivasi insiatif sosial yang dapat memecahkan tantangan dan permasalahan tertentu di bidang pemajuan kebudayaan. Kedua, sebagai ruang kerja bersama (coworking space) bercorak gotong-royong, KBKM menghadirkan ruang bersama bagi kaum muda dari berbagai latar belakang keahlian (STEAM) dan kewilayahan untuk berinteraksi dan bekerja bersama demi pemajuan kebudayaan. Ketiga,sebagai ruang fasilitasi usaha rintisan di bidang pemajuan kebudayaan, KBKM mewadahi pertemuan antara inisiatif pembuatan purwarupa budaya atau atau aktivasi insiatif sosial dan sumber-sumber pendanaan (pemerintah dan swasta) sehingga mengaktifkan inisiatif tersebut menjadi proyek jangka panjang yang berdampak luas.

Dalam satu kelompok terdapat 3-5 orang yang mendaftar satu dari empat kategori purwarupa. Purwarupa yang pertama yaitu purwarupa aplikasi. Purwarupa aplikasi merupakan purwarupa (prototype) yang berbentuk aplikasi digital dan memiliki tujuan memajukan kebudayaan. Kedua yaitu purwarupa fisik. Purwarupa fisik merupakan purwarupa (prototype) yang berbentuk fisik dan memiliki tujuan memajukan kebudayaan. Ketiga yaitu aktivasi kegiatan. Aktivasi kegiatan merupakan kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam upaya pemajuan kebudayaan. Keempat yaitu aktivasi kajian. Aktivasi kajian merupakan kegiatan pendataan dan pengkajian yang melibatkan masyarakat dalam upaya pemajuan kebudayaan.

Terdapat 3.050 peserta yang mendaftar dalam 735 kelompok yang terbagi dalam empat kategori purwarupa tersebut. Purwarupa aplikasi 136 kelompok pendaftar, purwarupa fisik 53 kelompok pendaftar, aktivasi kajian 107 pendaftar, dan aktivasi kegiatan 439 pendaftar. Kelompok-kelompok tersebut selanjutnya diseleksi lebih dalam untuk mempertimbangkan ide terbaik yang nantinya dapat dikembangkan dan difasilitasi lebih lanjut di Bumi Perkemahan Candi Prambanan selama lima hari. Terdapat 561 peserta dalam 133 kelompok terpilih dalam seleksi akhir KBKM yaitu 46 purwarupa aplikasi, 31 purwarupa fisik, 25 aktivasi kajian, dan 31 aktivasi kegiatan. 133 kelompok yang diberangkatkan dan selanjutnya akan diberikan arahan pengembangan ide kreatifnya melalui fasilitator-fasilitator qualified untuk proses penjurian selama tiga hari (23-25 Juli).

Annisa Fitria Nuril Faradise (180221607008)

Haidir Algi GF (180221607091)

Roza Damayanti Almasus Putri (180221600122)

Sofia Ari Murti (170221607027)