Basmala Universitas Bakrie merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKMa) Universitas Bakrie yang berasaskan Islam dan berlandaskan pada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Basmala Universitas Bakrie yang kemudian disingkat menjadi Basmala UB bersifat persaudaraan yang senantiasa berusaha mewujudkan dan menjaga semangat ukhuwah Islamiyah dalam setiap aktivitasnya serta bertujuan untuk mewujudkan syiar Islam dengan berdakwah baik di kalangan intern maupun ekstern masyarakat muslim Universitas Bakrie.

Kegiatan Festival Basmala 2019 merupakan kegiatan kompetisi Tahfidz dan Esai. Dalam event tersebut terdapat juga rangkaian kegiatan berupa Kajian Akbar, Basmala Islamic Fair (BIF) serta Festival Basmala Berbagi Qur’an yang diadakan pada bulan Ramadhan nanti. Festival Basmala 2019 mengangkat sebuah tema “Bring Back Islamic Culture”. Berangkat dari tema tersebut diharapkan dapat menciptakan dan menyelenggarakan kegiatan yang kreatif tetapi tetap sesuai dengan syariat budaya Islam itu sendiri.

 


Tema Kegiatan: “Bring Back Islamic Culture”
Sasaran Kegiatan:  Mahasiswa dan Siswa SMA tingkat Nasional.
Waktu dan Tempat Kegiatan: Hari : Sabtu – Minggu, Tanggal: 20 – 21 April 2019, Tempat : Universitas Bakrie, Jakarta


Rangkaian kegiatan Festival Basmala 2019 pada tanggal 20 April 2019 dimulai dengan pembukaan lomba Tahfidz yang terdiri dari kategori pertama dengan hafalan Al-Qur’an 3 juz dan kategori kedua dengan hafalan Al-Qur’an 5 juz. Pada hari kedua, yaitu Minggu, 21 April 2019, dilakukan lomba Esai yang terdiri dari dua kategori yaitu kategori SMA dan Mahasiswa Universitas yang ada di seluruh Indonesia, peserta yang telah lolos ketahap penyeleksian awal melakukan presentasi dari karya yang telah mereka buat sebelumnya.

Pada lomba esai Festival Basmala 2019 tersebut, Universitas Negeri Malang yang diwakili oleh Abdul Wahhab, mahasiswa Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang berhasil meraih juara II.

 

(Abdul Wahhab)