International Youth Javanese Culture Camp 2019 (IYJCC) dilaksanakan pada 31 Juli-4 Agustus 2019 di Desa Senden, Boyolali. Kegiatan ini merupakan salah satu program yang menampung ide-ide pemuda dan mencoba memberi inspirasi melalui pendekatan sosial dengan pengenalan budaya Jawa sebagai identitas diri Bangsa. Melalui program ini, para delegasi dari setiap negara akan memperoleh kesempatan untuk bergabung dalam seri acara yang melibatkan pengajaran, pelatihan budaya, hingga penampilan dan turut serta berpartisipasi dalam acara ritual budaya di daerah tersebut. Kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta dari 6 negara, meliputi Indonesia, India, China, Vietnam, Laos, Brunei Darussalam. IYJCC diadakan oleh Sudec International dan berkolaborasi dengan Directory of Research and Community Engangement University of Indonesia dan Sanggar Budi Rahayu.

Kurikulum pengajaran yang diberikan meliputi pengajaran budaya Jawa, termasuk pemahaman bahasa dan tradisi bersama komunitas warga lokal. Pada kegiatan IYJCC, peserta, dosen pengajar, dan warga lokal turut berperan aktif dalam kegiatan ini. Kegiatan yang dilakukan antara lain, pelatihan bahasa Jawa, pelatihan alat musik tradisional gamelan dan tari Jathilan, upacara tungguk tembakau diantara gunung Merapi dan Merbabu, perayaan ritual di makam gunung sari, malam inagurasi, festival jazz, melakukan sosial projek bersama warga lokal, pengembangan kepemimpinan, dan mempromosikan budaya Indonesia dan kearifan lokal berskala internasional.

Delegasi terpilih mengikuti serangkaian kegiatan meliputi pengenalan budaya Jawa, mempelajari bahasa Jawa, malam keakraban untuk mepresentasikan setiap budaya dari negara asal masing-masing peserta, dan mengikuti berbagai rangkaian festival. Dalam kegiatan ini, delegasi berkesempatan untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada peserta-peserta lain dari berbagai negara dan juga tergabung dalam pementasan festival tungguk tembakau dengan menampilkan lagu-lagu Indonesia yang diiringi dengan gamelan sebagai ucapan terima kasih kepada warga Desa Senden atas sambutan hangat yang diberikan.

 

Afifah Ainiyah (170221607034)