Malang, 28 Maret 2019, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang mengadakan acara tahunan yaitu Mahrajan Araby ke XIII, dengan tema “ Membumikan bahasa Arab dengan nilai – nilai nusantara” . Acara ini merupakan acara  bergengsi yang diikuti oleh seluruh mahasiswa S1 jurusan sastra Arab UM, acara ini diadakan mulai tanggal 20 Maret 2019 dengan acara pembukaan yang diisi oleh seminar dari Prof. Dr. Abdul Aziz Ibrahim Al Ushaili yang mana Beliau adalah dosen Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud – Riyadh, Arab Saudi .  Setelah itu dilanjutkan dengan technical meeting seusai acara tersebut selesai.

Disusul dengan perlomban yang dimulai pada tanggal 22-24 Maret 2019, yang mana terdapat banyak lomba yang bisa diikuti oleh teman teman mahasiswa jurusan sastra Arab UM, dan diantara lombanya adalah lomba pidato, debat, baca berita dll, yang mana semuanya  memakai pengantar bahasa Arab.

Tujuan acara ini tidak lain untuk meningkatkan kualitas teman– teman bahasa arab UM di bidang kebahasaaraban sehingga jurusan sastra Arab UM bisa berpartisipasi dalam mengikuti ajang lomba diluar kampus sehingga bisa mengangkat nama kampus.

Acara ini ditutup pada malam Jum’at tangggal 28 Maret 2019 yang ditempatkan di lab drama gedung E6 lantai dua, acara ini sangat meriah karena acara ini berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya yang mana kali ini dimeriahkan langsung dengan gambus sastra Arab UM yang baru – baru ini mulai gencar di kalangan universitas.

<HMJ Sastra Arab>