Puji syukur kehadirat Allah  yang  Maha  Pemurah  yang  telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga buku ini dapat terselesaikan tepat waktu. Buku ini bersumber dari hasil penelitian dengan judul Proses Kreataif Sastrawan Indonesia yang secara umum bertujuan menyusun teori dasar tentang  proses  kreatif sastrawan Indonesia. Dengan   tujuan   itu,  hasil penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para pemerhati pendidikan sastra terutama pembelajaran menulis kreatif sastra baik di sekolah maupun diperguruan tinggi.

Karya sastra digubah oleh sastrawan.  Tentu  saja  ini  atas izin  dan karunia Tuhan yang telah memberikan daya kreatif  kepada sastrawan. Oleh karena itu, kalau kita ingin memahami karya sastra, pemahaman kita akan semakin baik bila disertai dengan pemahaman terhadap diri sastrawan dan proses kreatif yang  dilaluinya. Bila kita telah mengenal sastrawan dan proses kreatifnya, kita juga bisa memahami lebih baik  karya sastranya.

Sejalan dengan tujuan tersebut, maka desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kritik seni atau hermeneutik. Hermeneutika adalah metode analisis tekstual yang dihubungkan dengan pengaruh sosiokultural  dari  sejarah. Data penelitian ini berupa data verbal tertulis. Data ini berisi tentang (1) bekal yang diperlukan sastrawan Indonesia dalam berproses  kreatif,  (2)  proses kreatif yang dilakukan sastrawan hidonesia sebelum, pada saat, dan sesudah menulis karya sastra. dan (3) tipe-tipe sastrawan Indonesia berdasarkan proses kreatifnya Data penelitian  ini  bersumber  dari teks-teks tertulis yang bersifat alamiah. Sumber data penelitian ini berupa tulisan tentang  biografi  dan  pengakuan  sastrawan  tentang proses kreatifnya atau tulisan orang tentang proses kreatif seorang sastrawan.

Mengenal Proses Kreatif Sastrawan Indonesia             klik disini