Rabu, 5 September 2018 Jurusan Seni dan Desain mengadakan acara yang bernama One Day yang bertemakan “Kondangan, Lur”. Tahun ini, acara One Day sudah ke-enam kalinya diadakan. Melibatkan partisipasi mahasiswa Jurusan Seni dan Desain tahun angkatan 2017 sebagai pengisi acara maupun panitia. Pengisi acara di One Day tidak hanya diisi oleh angkatan 2017, tetapi juga angkatan 2018 maupun angkatan atas.

“Kondangan” ini diawali dengan kirab masuk area taman D7 dan D8 yang terdiri dari para pejabat Jurusan Seni dan Desain beserta temanten dan mahasiswa baru. Kemudian acara dibuka dengan sambutan dari Dr. Hariyanto, M.Hum selaku Ketua Jurusan Seni dan Desain, Abdul Rahman Prasetyo, S.Pd., M.Pd selaku pembina HMJ Seni dan Desain, Askha Bulkafi selaku ketua HMJ Seni dan Desain serta Nisrina Aulia H selaku Ketua Pelaksana One Day vol.6.

One Day vol.6 kali ini bertajuk “Kondangan, Lur!” yang mempunyai arti mengikat dengan intim antara mahasiswa baru 2018 dengan seni. Selain itu, kami juga ingin menyambut mahasiswa baru 2018 dengan euforia yang gembira, seperti euforia dalam pernikahan. Sedangkan, persaudaraan yang dimaksudkan dalam acara ini bukanlah persaudaraan yang terjalin oleh hubungan darah, tetapi jalinan batin yang sangat kuat bagaikan saudara yang terjalin hubungan darah. Jalinan batin yang kuat ini menjadi dasar semangat seluruh mahasiswa Seni dan Desain untuk terus membuat karya dan membuat kegiatan kesenian di dalam maupun di luar lingkungan Universitas Negeri Malang.

Pada One Day vol.6 tidak hanya menyelenggarakan pameran tapi juga menampilkan berbagai jenis seni pertunjukan baik musik maupun tari hasil karya mahasiswa Seni dan Desain. Secara keseluruhan karya – karya yang ditampilkan mencerminkan keberagaman budaya di Indonesia yang dikemas dan disesuaikan dengan budaya saat ini.

Secara keseluruhan acara One Day vol.6 berjalan lancar dan sukses. Tidak terdapat kendala yang begitu berarti selama pelaksanaan acara. Antusias mahasiswa baru pada acara One Day vol.6 sangat baik. Hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah mahasiswa baru melihat pameran dan melihat pertunjukan yang disajikan. Acara ditutup dengan penampilan terakhir pertunjukan musik.