Pada bulan September ini Himpunan Jurusan Seni dan Desain, Universitas Negeri Malang mengadakan acara ONEDAY yang merupakan acara tahunan dan telah diselenggarakan untuk ketujuh kalinya, yaitu ONEDAY Vol. 7. ONEDAY ini diselenggarakan pada bulan September tepatnya hari Rabu, 4 September 2019 bertempat di Panggung Terbuka Q3, Universitas Negeri Malang. Melibatkan partisipasi mahasiswa Jurusan Seni dan Desain angkatan 2018 sebagai pengisi acara maupun panitia, dan diperuntukkan terutama pada mahasiswa baru Jurusan Seni Desain 2019. Pada ONEDAY ketujuh ini mengusung konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena pada tahun ini kami mengangkat konsep pagelaran.

ONEDAY tahun ini dikemas dalam bentuk pagelaran dan mengangkat tema ‘HOMPIMPA’. Sedangkan pada tahun sebelumnya, ONEDAY berkonsepkan pameran yang dilaksanakan oleh mahasiswa Jurusan Seni Desain. Acara dibuka dengan adanya sambutan-sambutan yang diberikan oleh Pembina serta Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Seni Desain, tak lupa sambutan oleh Ketua Acara ONEDAY. Dilanjutkan dengan adanya beberapa penampilan dari pengisi acara yang berasal dari dalam Universitas Negeri Malang. Acara ini juga diramaikan dengan adanya berbagai macam stan yang berasal dari dalam maupun luar Universitas Negeri Malang.

Pada ONEDAY tahun ini, meski berbeda dari tahun sebelumnya, namun antusiasme mahasiswa baru sangat tinggi. Pada puncak acara ONEDAY kali ini, terdapat pagelaran yang dipertunjukkan oleh Mahasiswa Seni Desain angkatan 2018 yang bertemakan ‘HOMPIMPA’, yang memiliki arti bahwa Hompimpa adalah suatu hal yang dilakukan sebelum melakukan suatu permainan (khususnya dilakukan pada permainan tradisional khas Indonesia), diibaratkan sama dengan suatu bentuk penyambutan mahasiswa baru sebelum mereka terjun kedalam dunia perkuliahan. Pada akhir acara terdapat penampilan musik dari grup-grup musik yang berasal dari dalam Universitas Negeri Malang.

Pada akhirnya, tujuan acara yang ditujukan untuk menyambut mahasiswa baru serta menyongsong tradisi Indonesia kedalam pagelaran pun dapat tercapai dengan baik. Sehingga nantinya, mahasiswa Jurusan Seni dan Desain mampu menjadi bagian dari masyarakat yang kreatif, inovatif, serta tak pernah luput membawa tradisi Bangsa Indonesia.

 

Secara keseluruhan, acara ONEDAY berjalan lancar dan sukses. Tidak terdapat kendala yang begitu berarti selama pelaksanaan acara. Antusias mahasiswa Universitas Negeri Malang maupun masyarakat Malang pada acara sangat baik. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengunjung serta pihak-pihak yang ikut berkecimpung dalam acara ONEDAY vol. 7 tahun ini.