Seminar Nasional Seni, Budaya, dan Desain
SEDESA 2017

FORMAT PENULISAN MAKALAH

PENDAHULUAN

Makalah pendamping merupakan karya ilmiah dari hasil penelitian atau kajian pustaka yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Makalah pendamping ditulis dalam format MS Word dengan menggunakan huruf Times New Roman di atas kertas A4 dengan jarak margin 3 cm dari seluruh sisi kertas (atas, bawah, kiri dan kanan). Naskah dibuat dalam format 2 kolom, kecuali pada bagian abstrak dan kepustakaan. Jarak antar kolom 0,5 cm. Jumlah makalah pendamping maksimal 12 halaman dan tidak termasuk daftar kepustakaan.

Bagian atas halaman pertama diperuntukkan bagi judul makalah, dan identitas penulis yang meliputi nama penulis pertama dan nama penulis berikutnya bila ada, institusi asal penulis, dan alamat kontak email penulis pertama.

 

BAGIAN MAKALAH

Judul
Judul makalah diketik dengan ukuran 12 point cetak tebal (bold) dan seluruhnya dengan huruf kapital dan tidak boleh melebihi 20 kata (termasuk sub judul). Sub judul (bila ada) diketik dengan cetak tebal (bold) dengan huruf kapital pada setiap awal kata, kecuali pada kata sambung. Judul dan sub judul di letakkan dengan format rata tengah.

Abstrak

Abstrak ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 10 pt dengan spasi 1 dengan format satu kolom dan disertai dengan kata kunci dibawah paparan abstrak. Kata kunci berjumlah 3–5 kata.
Jumlah kata dalam abstrak 150-250 kata dan ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Isi Makalah

Makalah berisi bagian-bagian sebagai berikut:

  • Pendahuluan/Latar Belakang
  • Kajian Teoritis
  • Metodologi (jika merupakan produk penelitian)
  • Pembahasan
  • Kesimpulan dan Saran

Bagian makalah ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 12 pt dengan spasi 1 dalam format dua kolom rata kanan kiri. Jarak antar kolom 0,5 cm rata kanan kiri.

Judul tiap bagian ditulis dengan ukuran huruf 12 point, dan semuanya ditulis dengan huruf kapital, dan cetak tebal (bold). Judul dengan justifikasi rata kiri. Judul sub bagian menggunakan huruf kecil dengan ukuran 12 point, cetak tebal (bold) dengan justifikasi rata kiri. Judul dan sub judul tidak memerlukan pemeringkatan.

Referensi
Kutipan dalam makalah harus disertakan dalam daftar kepustakaan dan disusun menurut abjad penulis. Rujukan pada referensi ditulis dengan urutan: penulis, tahun dan halaman, misalnya (Pujianto, 2012: 112)

Gambar dan Tabel

Gambar dan tabel yang disertakan dalam makalah dapat diletakkan diantara teks makalah atau sebagai lampiran di akhir makalah. Masing- masing harus disertai nomor tabel/gambar. Keterangan gambar/tabel ditulis dengan huruh Times New Roman ukuran 11 pt.

 

DAFTAR PUSTAKA

Format kepustakaan menggunakan model Harvard Style atau APA (American Psychological Association). Kepustakan disusun berdasarkan urutan abjad.

Contoh:

Guyton A.C. 1971. Textbook of Medical Physiology. 5th ed. Philadelphia: WB Saunders, pp:25-9

Dansser J., Colombani J. (eds). 1972. Histocompatibility Testing. Copenhagen Munksgrood, pp: 12-8

Tseng, Y.C., Kuo, S.P., Lee, H.W., & Huang, C.F. (2004). Location tracking in a wireless sensor network by mobile agents and its data fusion strategies. The Computer Journal, 47(4), 448–460

Putri, Indah. 2015. Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar. Jurnal Bahasa Indonesia, 4 (3): 12-17. http://www.pintarmenulis.com /page/artikel/?act/detil/aid/42 (diakses 28 Januari 2015 pukul 16.40 wib).

Home   |   Pendaftaran   |   Panduan Pemakalah   |   Pengumuman Diterima
Copyright (C) 2017. Seminar Sedesa – Jurusan Seni Desain FS UM