Pada hari Senin, 5 Agustus 2019 lalu diadakan Seminar Nasional Kongres IMBSJI XIII 2019 yang mengangkat tema “Peran Bahasa dan Sastra Jerman di Era Revolusi Industri 4.0”. Seminar Nasional yang dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian acara dalam Kongres IMBSJI XIII 2019 ini diisi oleh dua pemateri utama, yaitu Ibu Dr.phil. Dian Ekawati, M.A., selaku dosen sastra Jerman (UNPAD), yang menyampaikan karya tulisnya yang berjudul “Bahasa Jerman di Era karir Digital” dan Bapak Dadan Hamdani selaku ketua IGBJI wilayah Jawa Barat yang menyampaikan karya tulisnya yang berjudul “Pembelajaran Bahasa Jerman dengan Media Digital dalam Perspektif Didaktik”. Selain kedua pemateri utama tersebut, setelah melalui proses seleksi yang ketat, dalam seminar ini tiga tim pemakalah terbaik berkesempatan untuk menampilkan karya tulis ilmiah mereka dihadapan peserta Seminar Nasional, delegasi Kongres IMBSJI XIII 2019, para dewan juri, jajaran dosen Bahasa dan Sastra Jerman universitas Padjajaran, serta tamu undangan yang hadir.

Ketiga pemakalah tersebut terdiri atas tiga kelompok yang berasal dari tiga universitas berbeda yang telah tergabung ke dalam keanggotaan Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Jerman seluruh Indonesia (IMBSJI). Ketiga universitas tersebut di antaranya adalah Universitas Padjajaran dengan Karya Ilmiah yang berjudul “Alternatif Belajar Bahasa Jerman melalui Channel Youtube Learn German with Film’”, Universitas Negeri Yogyakarta dengan karya ilmiah yang berjudul “Aplikasi ‘Gule Grogol’(Guiding, Learning, German through Folklore) sebagai Pembelajaran Bahasa Jerman melalui Cerita Rakyat”, dan yang terakhir yaitu dari Universitas Negeri Malang dengan karya ilmiah yang berjudul “Analisis Level Bahasa Jerman dalam Konten Video ‘Summer Program’ di Kanal Youtube ‘Learn German with Jenny’.

Karya ilmiah tersebut ditulis dengan merujuk pada subtema kedua dalam Seminar Nasional yaitu, Bahasa Jerman dan Teknologi untuk Bidang Pendidikan. Penulisan karya tulis tersebut juga dilatar belakangi oleh mulai meningkatnya penggunaan media pembelajaran berbasis online sebagai bentuk pemanfaatan kemajuan teknologi dalam era revolusi industri 4.0 yang sedang gencar-gencarnya dibicarakan oleh masyarakat dunia. Meskipun karya ilmiah dari belum dapat meraih posisi pertama, namun kesempatan untuk menjadi pemakalah serta memberikan presentasi dalam sebuah Seminar Nasional sudah menjadi pengalaman berharga serta kebanggaan tersendiri bagi Ajeng Vantika, Alikhatul Khoiroh, Galilia Omni Ovi Damayanti, serta Novia Ning Ristya, mahasiswa angkatan 2018, Sastra Jerman Universitas Negeri Malang yang tergabung dalam kelompok karya ilmiah Seminar Nasional Kongres IMBSJI XIII 2019.

galiliaomniovi@gmail.com