Seni dan Selasa tanggal 25 s.d. 26 Maret 2019 di Lokal Gedung E Fakultas Sastra UM yg dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Seni dan Desain mengadakan sebuah program kerja yang bernama “Pasaran”.  Pasaran merupakan program kerja pertama yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Seni dan Desain periode 2019. Program Kerja ini dilaksanakan di Lokal E8 yang umumnya digedung ini merupakan gedung perkuliahan bagi Mahasiswa Seni dan Desain. Program Kerja ini dilaksanakan 2 hari yang bertujuan agar lebih mengoptimalkan Mahasiswa Jurusan Seni dan Desain untuk berwirausaha.

Pada hari pertama Acara berjalan lancar. Dihari pertama menyugukan Worksop “Lukis Jaket” dan “Tie Dye” yang pematerinya merupakan Mahasiswa Jurusan Seni dan Desain sendiri. Pada hari pertama acara ini Mahasiswa Jurusan Seni dan Desain mendapatkan pengetahuan baru tentang komposisi yang tepat untuk melukis dijaket. Tidak hanya itu Mahasiswa Jurusan Seni dan Desain juga mendapat pengetahuan baru tentang bagaimana mendapatkan komposisi pola yang tepat untuk membuat “Tie Dye”. Untuk bazarnya sendiri mengalami sedikit kekacauan dikarenakan cuaca yang kurang mendukung. Mengakibatkan pindahnya tempat bazar yang awalnya berada di Taman Lokal E8 berpindah ke Selasar Bawah Gedung E8.

Pada hari kedua Acara berjalan dengan baik. Tapi, pada hari kedua saat “Live Sablon” tidak berjalan dikarenakan kurangnya persiapan untuk melakukan Live Sablon, akustikan tetap berjalan dengan lancar yang pengisinya merupakan Mahasiswa Jurusan Seni dan Desain sendiri.  Pada hari kedua bazar dibuka di Selasar Bawah Gedung E8 dikarenakan cuaca yang juga kurang mendukung untuk bazar dibuka di Taman Lokal E8.

Secara keseluruhan acara Pasaran baik yang di hari pertama maupun hari kedua  berjalan lancar dan sukses. Tidak terdapat kendala yang begitu berarti selama pelaksanaan acara. Antusias mahasiswa /mahasiswi Jurusan Seni dan Desain sangat baik. Hal ini terbukti dengan lancarnya acara dan terjalinnya kerekatan antara Mahasiswa Jurusan Seni dan Desain.