KATALOG PROGRAM STUDI
SI PENDIDIKAN BAHASA SASTRA INDONESIA DAN DAERAH
- Nama Prodi
S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah (PBSID)
- Visi dan Misi
Prodi S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah (PBSID) memiliki visi dan misi berikut.
- Visi
Menjadi program studi unggul dan rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi bidang pendidikan dan pembelajaran Bahasa Indonesia
- Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dalam ilmu bahasa Indonesia dan pembelajarannya yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.
- Menyelenggarakan penelitian pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia yang temuannya bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan masyarakat.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.
- Menyelenggarakan tatapamong program studi yang akuntabel dan transparan untuk menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.
- Tujuan
- Menghasilkan sarjana ilmu pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang berakhlak mulia, religius, cerdas, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional.
- Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dalam ilmu pendidikan dan pembelajaran bahasa, sastra Indonesia dan daerah.
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang unggul dalam ilmu pendidikan bahasa, sastra Indonesia dan daerah.
- Menghasilkan kinerja program studi yang efektif, efisien, dan akuntabel dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi.
- Rumusan Profil Lulusan
Pendidik dan peneliti pemula yang menguasai keilmuan inti kebahasaan, kesastraan (ipteks utama), kemampuan berbahasa-bersastra Indonesia, keilmuan pendukung (ipteks pendukung), serta keilmuan peminatan dan pengembangan potensi diri yang mumpuni dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi, serta menginovasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk tingkat pendidikan dasar dan menengah serta mengembangkan dan mengelola keahlian tambahan yang relevan dan responsif dengan tuntutan, perkembangan ilmu dan teknologi informasi dengan prinsip belajar sepanjang hayat, mengedepankan nilai-nilai humaniora, serta berjiwa wirausaha (literasi-preneurship).
- Rumusan SCPL
Standar Capaian Pembelajaran Lulusan (SCPL) Prodi Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai berikut.
- Menguasai konsep dan prinsip dasar tentang keyakinan/ketuhanan, falsafah negara, kewarganegaraan, dan kebahasaindonesiaan untuk menunjang perilaku yang baik sebagai insan Indonesia yang kompeten dalam merespon masalah kehidupan
- Menguasai konsep dan prinsip dasar sistem kebahasaan dan kesastraan yang mendukung kompetensi linguistik dan literer baik reseptif maupun produktif dalam konteks personal dan sosial.
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur berbahasa dan bersastra Indonesia yang kritis, kreatif, dan arif agar dapat berinteraksi secara konstruktif dalam komunitas lokal, regional, dan internasional untuk berbagi ide kompleks secara akurat, memadai, dan efektif
- Menguasai konsep dan prinsip pedagogi dan psikologi pembelajaran untuk merespon kebutuhan akan pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia sehingga mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengkreasi kegiatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang efektif, inovatif, dan komprehensif untuk mencapai standar kompetensi belajar di tingkat dasar dan menengah
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur penelitian sehingga mampu mengkaji dan melaporkan implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia untuk menghasilkan solusi yang komprehensif di tingkat dasar dan menengah
- Menguasai prinsip dan prosedur manajemen kewirausahaan bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia agar mampu mengelola dan mengembangkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang bahasa sastra dan pembelajarannya sesuai dengan tuntutan dan perkembangan ilmu dan teknologi informasi
- Struktur Kurikulum
Beban studi yang harus diselesaikan oleh mahasiswa Program Studi Sarjana Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah (PBSID) adalah 147 SKS dengan perincian berikut ini.
A | MATAKULIAH DASAR PENGEMBANGAN KARAKTER (MDPK) | 12 SKS |
1) | Pendidikan Agama | 3 sks |
2) | Pendidikan Bahasa Indonesia | 2 sks |
3) | Pendidikan Pancasila | 2 sks |
4) | Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) | 2 sks |
5) | Manajemen Inovasi | 3 sks |
B. | MATAKULIAH KEILMUAN DAN KEAHLIAN (MKK) | 120 sks |
1) | Matakuliah Keilmuan Inti (Ipteks Utama) | 55 sks |
(1) | Kebahasaan | 18 |
(2) | Kesastraan | 7 |
(3) | Kemahiran berbahasa | 13 |
(4) | Kemahiran bersastra | 17 |
2) | Matakuliah Keilmuan Pendukung (Ipteks Pendukung) | 65 |
a) | Matakuliah Dasar Keilmuan Pendukung | 17 sks |
b) | Matakuliah Penciri Prodi | |
(a) | Matakuliah Dasar Kependidikan (MDKP) | 29 sks |
(b) | Matakuliah Dasar Keahlian Kesarjanaan (MDKKS) | 19 sks |
C. | MATAKULIAH PEMINATAN DAN PENGEMBANGAN DIRI
(MPPD) |
15 sks |
1)
2) 3) 4) |
Peminatan Drama
Peminatan Jurnalistik Peminatan Bahasa Jawa Peminatan Penunjang Pembelajaran BIPA |
15
15 15 15 |
JUMLAH | 15 sks |
- Sebaran Matakuliah
Berikut disajikan sebaran matakuliah prodi S1 PBSID
NO | SANDI | MATAKULIAH | SKS | JS | SEBARAN | ||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | ||||||
A. MATAKULIAH DASAR PENGEMBANGAN KARAKTER (MDPK) | |||||||||||||
1 | UNIV6001 | Pendidikan Agama Islam* | 3 | 3 | √ | ||||||||
UNIV6002 | Pendidikan Agama Protestan* | √ | |||||||||||
UNIV6003 | Pendidikan Agama Katolik* | √ | |||||||||||
UNIV6004 | Pendidikan Agama Hindu* | √ | |||||||||||
UNIV6005 | Pendidikan Agama Budha* | √ | |||||||||||
UNIV6006 | Pendidikan Agama Konghuchu* | √ | |||||||||||
2 | UNIV6007 | Pendidikan Pancasila | 2 | 2 | √ | ||||||||
3 | UNIV6008 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | √ | ||||||||
4 | UNIV6009 | Pendidikan Bahasa Indonesia | 2 | 2 | √ | ||||||||
5 | UNIV6010 | Manajemen Inovasi | 3 | 3 | √ | ||||||||
12 | 12 | 5 | 4 | 3 | |||||||||
B. MATAKULIAH KEILMUAN DAN KEAHLIAN (MKK) | |||||||||||||
1. Matakuliah Keilmuan Inti (Ipteks Utama) | |||||||||||||
1) Kebahasaan | |||||||||||||
6 | PIND6001 | Linguistik Umum | 2 | 2 | √ | ||||||||
7 | PIND6002 | Fonologi-Morfologi Bahasa Indonesia | 4 | 4 | √ | ||||||||
8 | PIND6003 | Sintaksis Bahasa Indonesia | 3 | 3 | √ | ||||||||
9 | PIND6004 | Semantik Bahasa Indonesia | 2 | 2 | √ | ||||||||
10 | PIND6005 | Psikolinguistik | 2 | 2 | √ | ||||||||
11 | PIND6006 | Sosiolinguistik | 2 | 2 | √ | ||||||||
12 | PIND6007 | Studi Wacana | 3 | 3 | √ | ||||||||
18 | 18 | 2 | 4 | 5 | 4 | 3 | |||||||
2) Kesastraan | |||||||||||||
13 | PIND6008 | Teori Sastra | 2 | 2 | √ | ||||||||
14 | PIND6009 | Sejarah Sastra Indonesia | 2 | 2 | √ | ||||||||
15 | PIND6010 | Pengantar Kritik Sastra | 3 | 3 | √ | ||||||||
7 | 7 | 2 | 2 | 3 | |||||||||
3) Kemahiran Berbahasa | |||||||||||||
16 | PIND6011 | Menyimak-Wicara | 4 | 4 | √ | ||||||||
17 | PIND6012 | Membaca Menulis Arab Melayu | 2 | 3 | √ | ||||||||
18 | PIND6013 | Menulis Bahan Ajar | 3 | 3 | √ | ||||||||
19 | PIND6014 | Membaca-Menulis Artikel (Ilmiah dan Nonilmiah) | 4 | 4 | √ | ||||||||
13 | 14 | 6 | 3 | 4 | |||||||||
4) Kemahiran Bersastra | |||||||||||||
20 | PIND6015 | Literasi Sastra Indonesia | 2 | 3 | √ | ||||||||
21 | PIND6016 | Apresiasi Puisi | 3 | 3 | √ | ||||||||
22 | PIND6017 | Apresiasi Prosa dan Drama | 3 | 3 | √ | ||||||||
23 | PIND6018 | Menulis Puisi | 3 | 3 | √ | ||||||||
24 | PIND6019 | Menulis Prosa dan Drama | 3 | 3 | √ | ||||||||
25 | PIND6020 | Menulis Kritik dan Esai Sastra | 3 | 3 | √ | ||||||||
17 | 18 | 2 | 6 | 3 | 3 | 3 | |||||||
2. Matakuliah Keilmuan Pendukung (Ipteks Pendukung) | |||||||||||||
1) Matakuliah Dasar Keilmuan Pendukung | |||||||||||||
26 | FSAS6001 | Pengantar Filsafat Ilmu | 2 | 2 | √ | ||||||||
27 | FSAS6002 | Manusia dan Kebudayaan Indonesia | 2 | 2 | √ | ||||||||
28 | PIND6021 | Pemahaman Lintas Budaya | 2 | 3 | √ | ||||||||
29 | PIND6022 | BI sebagai Bahasa Asing | 2 | 3 | √ | ||||||||
30 | PIND6023 | Program BI sebagai Bahasa Asing | 3 | 3 | √ | ||||||||
31 | PIND6024 | Pengembangan Sumber Belajar BI sebagai BA | 3 | 3 | √ | ||||||||
32 | PIND6025 | Inovasi Pembelajaran BI sebagai BA | 3 | 3 | √ | ||||||||
17 | 19 | 4 | 2 | 2 | 3 | 3 | 3 | ||||||
2) Matakuliah Penciri Prodi | |||||||||||||
Dasar Kependidikan dan Dasar Kependidikan Bahasa–Sastra Indonesia | |||||||||||||
33 | UNIV6011 | Pengantar Pendidikan | 3 | 3 | √ | ||||||||
34 | UNIV6012 | Perkembangan Peserta Didik | 3 | 3 | √ | ||||||||
35 | UNIV6013 | Belajar dan Pembelajaran | 4 | 4 | V | ||||||||
36 | PIND6026 | Kurikulum dan Desain Pembelajaran BSI | 3 | 3 | √ | ||||||||
37 | PIND6027 | Pengembangan Sumber dan Media Belajar BSI | 3 | 3 | √ | ||||||||
38 | PIND6028 | Strategi Pembelajaran BSI | 3 | 3 | √ | ||||||||
39 | PIND6029 | Evaluasi Pembelajaran BSI | 3 | 4 | √ | ||||||||
40 | PIND6030 | Praktik Pembelajaran Mikro BSI | 3 | 4 | √ | ||||||||
41 | UPLP6090 | Pengalaman Lapangan Persekolahan | 4 | √ | |||||||||
29 | 27 | 7 | 6 | 6 | 3 | 3 | 4 | ||||||
Dasar Keahlian Kesarjanaan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||||||
42 | PIND6031 | Dasar-Dasar Penelitian | 3 | 3 | √ | ||||||||
43 | PIND6032 | Penelitian Pendidikan Bahasa Indo.* | 3 | 3 | √ | ||||||||
PIND6033 | Penelitian Pendidikan Sastra Indo.* | 3 | 3 | √ | |||||||||
44 | PIND6034 | Seminar Proposal Penelitian Pend. Bahasa Indonesia * | 3 | 3 | √ | ||||||||
PIND6035 | Seminar Proposal Penelitian Pend. Sastra Indonesia * | 3 | 3 | V | |||||||||
45 | PIND6100 | Skripsi | 6 | 6 | √ | √ | |||||||
46 | UKKN6090 | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | 4 | √ | |||||||||
19 | 15 | 3 | 7 | 8 | |||||||||
C. MATAKULIAH PEMINATAN DAN PENGEMBANGAN DIRI (MPPD) | |||||||||||||
MK Peminatan 1: Drama | |||||||||||||
47 | PIND6036 | Dramaturgi | 2 | 2 | √ | ||||||||
48 | PIND6037 | Pemeranan | 3 | 3 | √ | ||||||||
49 | PIND6038 | Perancangan Pementasan Drama | 3 | 3 | √ | ||||||||
50 | PIND6039 | Pementasan Drama | 4 | 4 | √ | ||||||||
51 | PIND6040 | Tata Artistik Pementasan | 3 | 3 | √ | ||||||||
15 | 15 | 5 | 3 | 7 | |||||||||
MK Peminatan 2: Jurnalistik | |||||||||||||
52 | PIND6041 | Pengantar Jurnalistik | 3 | 3 | √ | ||||||||
53 | PIND6042 | Menulis Berita dan Features | 3 | 3 | √ | ||||||||
54 | PIND6043 | Menulis Editorial dan Opini | 3 | 3 | √ | ||||||||
55 | PIND6044 | Manajemen Jurnalistik | 3 | 3 | √ | ||||||||
56 | PIND6045 | Inovasi Jurnalistik | 3 | 3 | √ | ||||||||
15 | 15 | ||||||||||||
MK Peminatan 3: Bahasa Jawa | |||||||||||||
57 | PIND6046 | Paramasastra Bahasa Jawa | 2 | 2 | √ | ||||||||
58 | PIND6047 | Kesusastraan Jawa | 3 | 3 | √ | ||||||||
59 | PIND6048 | Menyimak-Berbicara Bahasa Jawa | 3 | 3 | √ | ||||||||
60 | PIND6049 | Membaca-Menulis Bahasa Jawa | 3 | 3 | √ | ||||||||
61 | PIND6050 | Strategi Pembelajaran Bahasa Jawa | 4 | 4 | √ | ||||||||
15 | 15 | ||||||||||||
MK Peminatan 4: Bahasa Penunjang Pembelajaran BIPA | |||||||||||||
62 | PIND6051 | Bahasa Inggris untuk Komunikasi Lisan | 3 | 3 | √ | ||||||||
63 | PIND6052 | Bahasa Inggris untuk Komunikasi Lisan Akademik | 3 | 3 | √ | ||||||||
64 | PIND6053 | Bahasa Inggris untuk Komunikasi Tulis | 3 | 3 | √ | ||||||||
65 | PIND6054 | Bahasa Inggris untuk Komunikasi Tulis Akademik | 3 | 3 | √ | ||||||||
66 | PIND6055 | Komunikasi Lintas Budaya | 3 | 3 | √ | ||||||||
15 | 15 | ||||||||||||
TOTAL | 147 | 147 | 19 | 20 | 21 | 20 | 20 | 22 | 19 | 4 | |||
KETERANGAN: