PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA
JURUSAN SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SASTRA
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
- Nama Prodi
S1 Pendidikan Seni Rupa
- Visi Program Studi
Menjadi program Studi unggul dan rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi di bidang pendidikan seni rupa dan desain yang berorientasi pada budaya lokal,pendayagunaan teknologi informasi yang mempertimbangkan nilai-nilai kemanusiaan.
3. Misi Program Studi
Misi Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Seni dan Desain FS UM adalah mempersiapkan sarjana pendidikan seni rupa yang memenuhi kebutuhan profesi melalui:
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam bidang kependidikan seni rupa dan desain dan ilmu seni rupa dan desain yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan
- Mengadakan penelitian dalam bidang kependidikan seni rupa dan desain dan penelitian di bidang ilmu seni rupa dan desain yang temuannya diharapkan bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kependidikan seni rupa dan desain dan dalam bidang ilmu seni rupa dan desain yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat
- Menyelenggarakan tata pamong prodi PSR yang akuntabel dan transparan untuk menjamin peningkatan peningkatan kualitas
4. Tujuan Prodi
Untuk mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan, dirumuskan empat butir tujuan prodi PSR sebagai berikut:
- Menghasilkan lulusan yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional dalam bidang kependidikan seni rupa dan desain, dan dalam bidang ilmu seni rupa dan
- Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dalam bidang kependidikan seni rupa dan desain, dan dalam bidang ilmu seni rupa dan desain
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kependidikan seni rupa dan desain, dan dalam bidang ilmu seni rupa dan desain untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera; dan
- Menghasilkan kinerja jurusan yang efektif, efisien, dan akuntabel dalam penyelenggaraan tridharma perguruan
- PROFIL LULUSAN:
Sarjana pendidikan senirupa yang terampil merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan memecahkan berbagai permasalahan pembelajaran seni rupa pada jenjang pendidikan menengah dan kejuruan secara kritis; serta memiliki keahlian tambahan dalam teknik berkarya senirupa, membuat kajian kesenirupaan, dan mengelola wirausaha kesenirupaan berbasis entrepreneurship, kreatif, inovatif, dan adaptif sesuai perkembangan ipteksosbud dan IT disertai kepedulian terhadap konservasi seni tradisi.
- RUMUSAN SCPL:
- Menguasai teori dan praktik kesenirupaan/Kriya/Desain untuk memiliki kemampuan mengapresiasi seni/ kriya/desain dan berkarya seni kriya/desain secara kreatif dan inovatif sebagai bagian dari pendidikan kebudayaan dan spirit dalam kehidupan manusia yang menjunjung nilai-nilai kearifan lokal dalam perkembangannya yang sesuai dengan perkembangan zaman ipteks dan cita-cita kehidupan.
- Menguasai ilmu kependidikan dan kependidikan senirupa/kriya/desain, serta memiliki kemampuan menerapkan dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran seni rupa kriya/desain secara efektif, kreatif, sistematis, inovatif, komprehensif, mandiri, dan bertanggungjawab sesuai kaidah dan etika ilmiah dengan menginternalisasi nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai sosio kultural guna membentuk manusia Indonesia berkarakter.
- Menguasai konsep, teori, prinsip, dan prosedur ilmiah, serta terampil menganalisis dan mengelaborasi keilmuan riset guna merancang, melaksanakan, dan mengaplikasikannya dalam bentuk penelitian, pengkajian, riset penciptaan, dan artikel jurnal dengan mengacu pada nilai, norma, dan etika akademik serta menghargai pendapat atau temuan orisinil orang lain berupa karya ilmiah bidang seni/ kriya/desain.
- Mengaplikasikan teori dasar berkarya senirupa/ kriya/desain kreatif dan analitik untuk mengeksplorasi dan mewujudkan karya senirupa/ kriya/desain sebagai sarana komunikasi dan pertanggungjwaban ide/gagasan, serta internalisasi nilai,norma, dan etika akademik melalui pemanfaatan teknik dan media senirupa / kriya/desain secara efektif, kreatif dan etis
STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA 2018 KONSETRASI PENDIDIKAN SENI RUPA
A. | Matakuliah Dasar Pengembangan Karakter (MDPK) | 12 |
B. | Matakuliah Wajib Keilmuan (MWK) | 129 |
a. Keilmuan Dasar | 2 | |
b. Kependidikan | 10 | |
c. Keilmuan dan Ketrampilan | 117 | |
C. | Matakuliah Peminatan dan Pengembangan Diri (DPPD) | 8 |
Jumlah | 149 |
STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA 2018 KONSETRASI PENDIDIKAN DESAIN
A. | Matakuliah Dasar Pengembangan Karakter (MDPK) | 12 |
B. | Matakuliah Wajib Keilmuan (MWK) | 129 |
a. Keilmuan Dasar | 2 | |
b. Kependidikan | 10 | |
c. Keilmuan dan Ketrampilan | 117 | |
C. | Matakuliah Peminatan dan Pengembangan Diri (DPPD) | 8 |
Jumlah | 149 |
KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA 2018
PENDIDIKAN SENI RUPA
STRUKTUR PROGRAM | ||
A. | Matakuliah Dasar Pengembangan Karakter (MDPK) | 12 |
B. | Matakuliah Wajib Keilmuan (MWK) | 129 |
C. | Matakuliah Peminatan dan Pengembangan Diri (DPPD) | 8 |
Jumlah | 149 |
SEBARAN MATAKULIAH
No. | Sandi | Matakuliah | sks | js | Semester | T/P | Status | Prasyarat | ||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | inti | Inst | |||||||
A | MATAKULIAH DASAR PENGEMBANGAN KARAKTER (MDPK) | |||||||||||||||
1 | UNIV6001 | Pendidikan Agama Islam * | 3 | 3 | 3 | T | ||||||||||
2 | UNIV6002 | Pendidikan Agama Protestan * | 3 | 3 | 3 | T | ||||||||||
3 | UNIV6003 | Pendidikan Agama Katolik * | 3 | 3 | 3 | T | ||||||||||
4 | UNIV6004 | Pendidikan Agama Hindu* | 3 | 3 | 3 | T | ||||||||||
5 | UNIV6005 | Pendidikan Agama Budha* | 3 | 3 | 3 | T | ||||||||||
6 | UNIV6006 | Pendidikan Agama Konghuchu* | 3 | 3 | 3 | T | ||||||||||
7 | UNIV6007 | Pendidikan Pancasila | 2 | 2 | 2 | T | ||||||||||
8 | UNIV6008 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | T | ||||||||||
9 | UNIV6009 | Bahasa Indonesia Keilmuan | 2 | 2 | 2 | T | ||||||||||
10 | UNIV6010 | Manajemen Inovasi | 3 | 3 | 3 | T | ||||||||||
12 | ||||||||||||||||
*Pilih salah Satu | ||||||||||||||||
B | MATA KULIAH WAJIB KEILMUAN (MWK) | |||||||||||||||
a. Keilmuan Dasar | ||||||||||||||||
1 | FSAS6001 | Pengantar Filsafat Ilmu | 2 | 2 | 2 | T | ||||||||||
b. Kependidikan | ||||||||||||||||
2 | UNIV6011 | Pengantar Pendidikan | 3 | 3 | 3 | T | ||||||||||
3 | UNIV6012 | Perkembangan Peserta Didik | 3 | 3 | 3 | T | ||||||||||
4 | UNIV6013 | Belajar dan Pembelajaran | 4 | 4 | 4 | T | ||||||||||
c. Keilmuan dan Keterampilan | ||||||||||||||||
5 | GSDA6001 | Nirmana 2 Dimensi | 3 | 4 | 3 | P | ||||||||||
6 | GSDA6002 | Nirmana 3 Dimensi | 3 | 4 | 3 | P | GSDA6001 | |||||||||
7 | FSAS6002 | Manusia dan Kebudayaan Indonesia | 2 | 2 | 2 | T | ||||||||||
8 | GSED6001 | Estetika | 2 | 2 | 2 | T | ||||||||||
9 | SRKD6004 | Pengetahuan Seni Rupa/Desain | 2 | 2 | 2 | T | ||||||||||
10 | SRKD6005 | Sketsa | 2 | 3 | 2 | P | ||||||||||
11 | SRKD6006 | Gambar Bentuk | 3 | 4 | 3 | P | ||||||||||
12 | SRKD6007 | Gambar Teknik | 3 | 4 | 3 | P | ||||||||||
13 | SRKD6008 | Gambar Ilustrasi | 3 | 4 | 3 | P | PSKD6006 | |||||||||
14 | GSDA6005 | Kapita Selekta Budaya Nusantara | 2 | 3 | 2 | T | ||||||||||
15 | GSED6002 | Metodologi Penelitian | 2 | 3 | 2 | T | ||||||||||
16 | SRKD6011 | Analisis Data Penelitian | 2 | 3 | 2 | T | GSED6002 | |||||||||
17 | GSED6003 | Proposal Penelitian | 3 | 3 | 3 | T | SRKD6011 | |||||||||
18 | GSDA6006 | Komputer Grafis | 3 | 4 | 3 | P | ||||||||||
19 | GSDA6003 | Fotografi | 2 | 3 | 2 | P | ||||||||||
20 | SRKD6015 | Animasi | 2 | 3 | 2 | P | ||||||||||
21 | GSDA6004 | Videografi | 2 | 3 | 2 | P | ||||||||||
22 | SRKD6017 | Konstruksi Perspektif | 2 | 3 | 2 | P | SRKD6007 | |||||||||
23 | SRKD6018 | Gambar Manusia | 2 | 3 | 2 | P | ||||||||||
24 | SRKD6019 | Penulisan Karya Ilmiah | 2 | 2 | 2 | T | ||||||||||
25 | SRKD6020 | Sejarah Seni Rupa Indonesia | 2 | 2 | 2 | T | ||||||||||
26 | SRKD6021 | Sejarah Seni Rupa Timur | 2 | 2 | 2 | T | ||||||||||
27 | SRKD6022 | Sejarah Seni Rupa Barat | 2 | 2 | 2 | T | ||||||||||
28 | SRKD6023 | Ragam Hias Nusantara | 2 | 3 | 2 | T | ||||||||||
29 | SRKD6024 | Lukis | 3 | 4 | 3 | P | GSDA6001 | |||||||||
30 | SRKD6025 | Patung | 3 | 4 | 3 | P | GSDA6002 | |||||||||
31 | SRKD6026 | Grafis | 3 | 4 | 3 | P | GSDA6001 | |||||||||
32 | SRKD6027 | Anyam/Tenun | 3 | 4 | 3 | P | GSDA6001 | |||||||||
33 | SRKD6028 | Keramik | 3 | 4 | 3 | P | GSDA6002 | |||||||||
34 | SRKD6029 | Batik | 3 | 4 | 3 | P | GSDA6001 | |||||||||
35 | SRKD6030 | Pahat/Ukir | 3 | 4 | 3 | P | GSDA6001 | |||||||||
36 | SRKD6031 | Tinjauan Seni Rupa/Desain | 2 | 3 | 2 | T | SRKD6004 | |||||||||
37 | SRKD6032 | Kritik Seni dan Desain | 3 | 3 | 3 | T | SRKD6031 | |||||||||
38 | SRKD6033 | Manajemen Pameran | 2 | 3 | 2 | T | ||||||||||
39 | PRSP6001 | Konsep Pendidikan Seni | 2 | 2 | 2 | T | ||||||||||
40 | PRSP6002 | Kurikulum Pendidikan Seni | 2 | 2 | 2 | T | ||||||||||
41 | PRSP6003 | Desain Pembelajaran Seni | 2 | 3 | 2 | T | ||||||||||
42 | PRSP6004 | Pengembangan Bahan Ajar Seni | 2 | 2 | 2 | T | ||||||||||
43 | PRSP6005 | Strategi Pembelajaran Seni | 3 | 4 | 3 | T | ||||||||||
44 | SRKD6039 | Pembelajaran Mikro | 3 | 4 | 3 | P | PRSP6001
PRSP6002 PRSP6004 PRSP6005 PRSP6007 |
|||||||||
45 | PRSP6006 | Evaluasi Pembelajaran Seni | 2 | 3 | 2 | T | ||||||||||
46 | PRSP6007 | Media Pembelajaran Seni | 3 | 3 | 3 | T | ||||||||||
47 | SRKD6042 | Kapita Selekta Pendidikan Seni | 2 | 3 | (2) | 2 | T | |||||||||
48 | SRKD6100 | Skripsi | 6 | 0 | 6 | (6) | P | |||||||||
49 | UPLP6090 | Pengalaman Lapangan Persekolahan | 4 | 0 | 4 | P | SRKD6039 | |||||||||
50 | UKKN6090 | KKN | 3 | 0 | 3 | (3) | (3) | P | ||||||||
129 | ||||||||||||||||
C | MATAKULIAH PEMINATAN DAN PENGEMBANGAN DIRI (MPPD) | |||||||||||||||
a. Paket Seni Murni | ||||||||||||||||
1 | PSRU6043 | Manajemen Penciptaan Seni | 4 | 6 | 4 | P | SRKD6024
SRKD6025 SRKD6026 SRKD6027 SRKD6028 SRKD6029 SRKD6030 |
|||||||||
2 | PSRU6044 | Kreasi Seni | 4 | 6 | 4 | P | PSRU6043 | |||||||||
8 | ||||||||||||||||
b. Paket Kriya | ||||||||||||||||
1 | PSRU6045 | Manajemen Perancangan Kriya | 4 | 6 | 4 | P | SRKD6027
SRKD6028 SRKD6029 SRKD6030 |
|||||||||
2 | PSRU6046 | Kreasi Kriya | 4 | 6 | 4 | P | PSRU6045 | |||||||||
8 | ||||||||||||||||
c. Paket Desain | ||||||||||||||||
1 | PSRU6047 | Manajemen Perancangan Desain | 4 | 6 | 4 | P | GSDA6006 | |||||||||
2 | PSRU6048 | Kreasi Desain | 4 | 6 | 4 | P | PSRU6047 | |||||||||
8 | ||||||||||||||||
Jumlah SKS Keseluruhan | 149 | 19 | 20 | 24 | 23 | 23 | 21-24 | 19-24 | 3-11 |