PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA

JURUSAN SENI DAN DESAIN

FAKULTAS SASTRA

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

 

  1. Nama Prodi

S1 Pendidikan Seni Rupa

 

  1. Visi Program Studi

Menjadi program Studi unggul dan rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi di bidang pendidikan seni rupa dan desain yang berorientasi pada budaya lokal,pendayagunaan teknologi informasi yang mempertimbangkan nilai-nilai kemanusiaan.

 

3.     Misi Program Studi

Misi Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Seni dan Desain FS UM adalah mempersiapkan sarjana pendidikan seni rupa yang memenuhi kebutuhan profesi melalui:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam bidang kependidikan seni rupa dan desain dan ilmu seni rupa dan desain yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan
  2. Mengadakan penelitian dalam bidang kependidikan seni rupa dan desain dan penelitian di bidang ilmu seni rupa dan desain yang temuannya diharapkan bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kependidikan seni rupa dan desain dan dalam bidang ilmu seni rupa dan desain yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat
  4. Menyelenggarakan tata pamong prodi PSR yang akuntabel dan transparan untuk menjamin peningkatan peningkatan kualitas

 

4.     Tujuan Prodi

Untuk mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan, dirumuskan empat butir tujuan prodi PSR sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional dalam bidang kependidikan seni rupa dan desain, dan dalam bidang ilmu seni rupa dan
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dalam bidang kependidikan seni rupa dan desain, dan dalam bidang ilmu seni rupa dan desain

 

  1. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kependidikan seni rupa dan desain, dan dalam bidang ilmu seni rupa dan desain untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera; dan
  2. Menghasilkan kinerja jurusan yang efektif, efisien, dan akuntabel dalam penyelenggaraan tridharma perguruan

 

  1. PROFIL LULUSAN:

 

Sarjana pendidikan senirupa yang terampil merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan memecahkan berbagai permasalahan pembelajaran seni rupa pada jenjang pendidikan menengah dan kejuruan secara kritis; serta memiliki keahlian tambahan dalam teknik berkarya senirupa, membuat kajian kesenirupaan, dan mengelola wirausaha kesenirupaan berbasis entrepreneurship, kreatif, inovatif, dan adaptif sesuai perkembangan ipteksosbud dan IT disertai kepedulian terhadap konservasi seni tradisi.

 

  1. RUMUSAN SCPL:

 

  1. Menguasai teori dan praktik kesenirupaan/Kriya/Desain untuk memiliki kemampuan mengapresiasi seni/ kriya/desain dan berkarya seni kriya/desain secara kreatif dan inovatif sebagai bagian dari pendidikan kebudayaan dan spirit dalam kehidupan manusia yang menjunjung nilai-nilai kearifan lokal dalam perkembangannya yang sesuai dengan perkembangan zaman ipteks dan cita-cita kehidupan.
  2. Menguasai ilmu kependidikan dan kependidikan senirupa/kriya/desain, serta memiliki kemampuan menerapkan dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran seni rupa kriya/desain secara efektif, kreatif, sistematis, inovatif, komprehensif, mandiri, dan bertanggungjawab sesuai kaidah dan etika ilmiah dengan menginternalisasi nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai sosio kultural guna membentuk manusia Indonesia berkarakter.
  3. Menguasai konsep, teori, prinsip, dan prosedur ilmiah, serta terampil menganalisis dan mengelaborasi keilmuan riset guna merancang, melaksanakan, dan mengaplikasikannya dalam bentuk penelitian, pengkajian, riset penciptaan, dan artikel jurnal dengan mengacu pada nilai, norma, dan etika akademik serta menghargai pendapat atau temuan orisinil orang lain berupa karya ilmiah bidang seni/ kriya/desain.
  4. Mengaplikasikan teori dasar berkarya senirupa/ kriya/desain kreatif dan analitik untuk mengeksplorasi dan mewujudkan karya senirupa/ kriya/desain sebagai sarana komunikasi dan pertanggungjwaban ide/gagasan, serta internalisasi nilai,norma, dan etika akademik melalui pemanfaatan teknik dan media senirupa / kriya/desain secara efektif, kreatif dan etis

STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA 2018 KONSETRASI PENDIDIKAN SENI RUPA

A. Matakuliah Dasar Pengembangan Karakter (MDPK) 12
B. Matakuliah Wajib Keilmuan (MWK) 129
  a. Keilmuan Dasar 2
  b. Kependidikan 10
  c. Keilmuan dan Ketrampilan 117
C. Matakuliah Peminatan dan Pengembangan Diri (DPPD) 8
Jumlah 149

 

STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA 2018 KONSETRASI PENDIDIKAN DESAIN

A. Matakuliah Dasar Pengembangan Karakter (MDPK) 12
B. Matakuliah Wajib Keilmuan (MWK) 129
  a. Keilmuan Dasar 2
  b. Kependidikan 10
  c. Keilmuan dan Ketrampilan 117
C. Matakuliah Peminatan dan Pengembangan Diri (DPPD) 8
Jumlah 149

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA 2018

PENDIDIKAN SENI RUPA

 

 

STRUKTUR PROGRAM
A. Matakuliah Dasar Pengembangan Karakter (MDPK) 12
B. Matakuliah Wajib Keilmuan (MWK) 129
C. Matakuliah Peminatan dan Pengembangan Diri (DPPD) 8
Jumlah 149

 

SEBARAN MATAKULIAH

No. Sandi Matakuliah sks js Semester T/P Status Prasyarat
1 2 3 4 5 6 7 8 inti Inst
A MATAKULIAH DASAR PENGEMBANGAN KARAKTER (MDPK)                            
1 UNIV6001 Pendidikan Agama Islam * 3 3 3               T  
2 UNIV6002 Pendidikan Agama Protestan * 3 3 3               T  
3 UNIV6003 Pendidikan Agama Katolik * 3 3 3               T  
4 UNIV6004 Pendidikan Agama Hindu* 3 3 3               T  
5 UNIV6005 Pendidikan Agama Budha* 3 3 3             T  
6 UNIV6006 Pendidikan Agama Konghuchu* 3 3   3             T    
7 UNIV6007 Pendidikan Pancasila 2 2   2             T  
 8 UNIV6008 Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2               T  
9 UNIV6009 Bahasa Indonesia Keilmuan 2 2   2             T  
10 UNIV6010 Manajemen Inovasi 3 3         3     T  
  12                        
*Pilih salah Satu                          
B MATA KULIAH WAJIB KEILMUAN (MWK)                          
a. Keilmuan Dasar                          
1 FSAS6001 Pengantar Filsafat Ilmu 2 2 2               T  
b. Kependidikan                          
2 UNIV6011 Pengantar Pendidikan 3 3     3           T  
3 UNIV6012 Perkembangan Peserta Didik 3 3 3               T  
4 UNIV6013 Belajar dan Pembelajaran 4 4     4           T  
c. Keilmuan dan Keterampilan                          
5 GSDA6001 Nirmana 2 Dimensi 3 4 3               P  
6 GSDA6002 Nirmana 3 Dimensi 3 4   3             P   GSDA6001
7 FSAS6002 Manusia dan Kebudayaan Indonesia 2 2 2               T  
8 GSED6001 Estetika 2 2   2             T  
9 SRKD6004 Pengetahuan Seni Rupa/Desain 2 2   2             T  
10 SRKD6005 Sketsa 2 3 2               P  
11 SRKD6006 Gambar Bentuk 3 4     3           P  
12 SRKD6007 Gambar Teknik 3 4   3             P  
13 SRKD6008 Gambar Ilustrasi 3 4       3         P   PSKD6006
14 GSDA6005 Kapita Selekta Budaya Nusantara 2 3           2     T  
15 GSED6002 Metodologi Penelitian 2 3       2         T  
16 SRKD6011 Analisis Data Penelitian 2 3         2       T    GSED6002
17 GSED6003 Proposal Penelitian 3 3           3      T   SRKD6011
18 GSDA6006 Komputer Grafis 3 4       3         P  
  19 GSDA6003 Fotografi 2 3       2         P  
20 SRKD6015 Animasi 2 3         2       P  
21 GSDA6004 Videografi 2 3         2       P  
22 SRKD6017 Konstruksi Perspektif 2 3     2           P   SRKD6007
23 SRKD6018 Gambar Manusia 2 3   2             P  
24 SRKD6019 Penulisan  Karya Ilmiah 2 2       2         T  
25 SRKD6020 Sejarah Seni Rupa Indonesia 2 2     2           T  
26 SRKD6021 Sejarah Seni Rupa Timur 2 2   2             T  
27 SRKD6022 Sejarah Seni Rupa Barat 2 2 2               T  
28 SRKD6023 Ragam Hias Nusantara 2 3     2           T  
29 SRKD6024 Lukis 3 4     3           P   GSDA6001
30 SRKD6025 Patung 3 4       3         P   GSDA6002
31 SRKD6026 Grafis 3 4     3           P   GSDA6001
32 SRKD6027 Anyam/Tenun 3 4       3         P   GSDA6001
33 SRKD6028 Keramik 3 4       3         P   GSDA6002
34 SRKD6029 Batik 3 4         3       P   GSDA6001
35 SRKD6030 Pahat/Ukir 3 4         3       P   GSDA6001
36 SRKD6031 Tinjauan Seni Rupa/Desain 2 3           2       T   SRKD6004
37 SRKD6032 Kritik Seni dan Desain 3 3             3   T   SRKD6031
38 SRKD6033 Manajemen Pameran 2 3           2      T  
39 PRSP6001 Konsep Pendidikan Seni 2 2   2              T  
40 PRSP6002 Kurikulum Pendidikan Seni 2 2     2           T  
41 PRSP6003 Desain Pembelajaran  Seni 2 3           2      T    
42 PRSP6004 Pengembangan Bahan Ajar Seni 2 2       2         T    
43 PRSP6005 Strategi Pembelajaran Seni 3 4         3       T    
44 SRKD6039 Pembelajaran Mikro 3 4           3     P   PRSP6001

PRSP6002

PRSP6004

PRSP6005

PRSP6007

45 PRSP6006 Evaluasi Pembelajaran Seni 2 3         2        T    
46 PRSP6007 Media Pembelajaran  Seni 3 3         3       T    
47     SRKD6042 Kapita Selekta Pendidikan Seni 2 3           (2) 2   T  
48     SRKD6100 Skripsi 6 0             6 (6) P  
49     UPLP6090 Pengalaman Lapangan Persekolahan 4 0             4   P   SRKD6039
50     UKKN6090 KKN 3 0           3 (3) (3) P  
129                        
C MATAKULIAH PEMINATAN DAN PENGEMBANGAN DIRI (MPPD)                          
a. Paket Seni Murni                          
1  PSRU6043 Manajemen Penciptaan Seni 4 6           4     P   SRKD6024

SRKD6025

SRKD6026

SRKD6027

SRKD6028

SRKD6029

SRKD6030

2 PSRU6044 Kreasi Seni 4 6             4   P   PSRU6043
  8                          
b. Paket Kriya                            
1 PSRU6045 Manajemen Perancangan Kriya 4 6           4     P   SRKD6027

SRKD6028

SRKD6029

SRKD6030

2 PSRU6046 Kreasi Kriya 4 6             4   P   PSRU6045
  8                        
c. Paket Desain                            
1 PSRU6047 Manajemen Perancangan Desain 4 6           4     P   GSDA6006
2 PSRU6048 Kreasi Desain 4 6             4   P   PSRU6047
                     
Jumlah SKS Keseluruhan 149   19 20 24 23 23 21-24 19-24 3-11