Jumat, 5 April 2019 telah berlangsung acara Pentas Kolaborasi 2019 yang diselenggarakan oleh HMJ Sastra Jerman dan dihadiri oleh 41 orang yang hampir sebagian besar merupakan mahasiswa Sastra Jerman. Acara ini dilaksanakan di Lab. Drama E6 Fakultas Sastra. Acara ini mengusung tema Nusantara dengan judul Topeng Wangi “Wangi-wangiku Membalut Lumut Abu” .Acara ini dilaksanakan dalam bentuk kolaborasi yang  melibatkan mahasiswa Sastra Jerman dan partisipasi dari Liebe Chor (LC), Liebe Melodie (LB), Schwänetanz, dan Theater Über yang termasuk dalam ekstrakurikuler Jurusan Sastra Jerman.

Acara ini dibuka dengan lantunan musik gamelan yang disambut dengan antusias oleh penonton. Selanjutnya dilanjutkan denga tari tradisional dan setelah penari selesai menampilkan tariannya acara dilanjutkan dengan drama. Drama ini diiringi dengan lantunan gamelan dan juga musik pop. Sesekali pemain juga menyanyikan lagu jawa-jawa. Drama ini mengusung cerita yang humoris dan juga horor. Penonton berhasil dibawa oleh suasana karena adanya lantunan gamelan dan musik pop untuk mengiringi drama tersebut.

Pada pukul 08.40 acara Pentas Kolaborasi berakhir. Panitia dari HMJ Sastra Jerman UM berharap penonton dapat puas dan dapat mengambil pelajaran lewat drama yang telah ditampilkan. Selain itu pihak panitia juga berharap untuk acara selanjutnya dan kedepannya dapat memberikan hasil kerjanya dengan lebih baik dan lebih maksimal lagi.

HMJ Sastra Jerman 2019