Fakultas Sastra (FS) merupakan salah satu unsur pelaksana akademik Universitas Negeri Malang (UM). Sebagai unsur pelaksana akademik universitas, FS mempunyai tugas menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu bahasa dan sastra, seni dan desain dan pembelajarannya.

Berdasarkan nilai luhur yang telah ditetapkan, FS menetapkan visi, misi, dan tujuan sebagai pedoman dasar dalam melaksanakan pengembangan FS.

VISI

Menjadi fakultas unggul dan rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi ilmu bahasa, sastra, seni, dan desain bidang kependidikan dan nonkependidikan.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam ilmu bahasa, sastra, seni, dan desain bidang kependidikan dan nonkependidikan yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam ilmu bahasa, sastra, seni, dan desain bidang kependidikan dan nonkependidikan yang temuannya bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam ilmu bahasa, sastra, seni, dan desain bidang kependidikan dan nonkependidikan yang berorientasi pada pembelajaran masyarakat.
  4. Menyelenggarakan tatapamong fakultas yang akuntabel dan transparan untuk menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.

TUJUAN

Untuk mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan, dirumuskan empat butir tujuan berikut ini.

  1. Menghasilkan lulusan yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional dalam ilmu bahasa, sastra, seni, dan desain bidang kependidikan dan nonkependidikan;
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dalam ilmu bahasa, sastra, seni, dan desain bidang kependidikan dan nonkependidikan;
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam ilmu bahasa, sastra, seni, dan desain bidang kependidikan dan nonkependidikan untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera;
  4. Menghasilkan kinerja fakultas yang efektif, efisien, dan akuntabel dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi.