Dibuka oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni , Rapat Kerja Terpadu ORMAWA FS dihadiri oleh Para Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, dan Pembina serta Ketua dan Sekretaris BEMFA dan HMJ. Arahan Dekan yang disampaikan WD III menyoroti  loyonya kegiatan mahasiswa khususnya PKM tahun 2017 yang hanya dapat meloloskan lima proposal dari target 20 proposal yang dibiayai sehingga perlu program khusus untuk menyukseskan PKM tahun ini.

Lebih lanjut Dr. H. Kholisin, M.Hum memberikan arahan apa yang perlu diprogramkan oleh ORMAWA tahun 2018 diantaranya beberapa program strategis yaitu: seminar mahasiswa dalam bingkai seminar nasional yang diikuti mahasiswa sebagai pemateri, bukan hanya sebagai panitia, perlu ada program ORMAWA tingkat fakultas dengan skala besar dan bergengsi, perlu ada program yang menyentuh masyarakat luas saat libur panjang, dan yang terpenting adalah kegiatan ORMAWA harus seimbang antara akademik, minat-bakat, keorganisasian, sosial, keagamaan, dan sebagainya sesuai dengan acuan sembilan bidang ORMAWA universitas.

Arahan juga diberikan oleh Kepala Bagian TU, Khoiriyah, S.H khususnya berhubungan dengan alur permintaan dana dan SPJ kegiatan ORMAWA, yang mana setiap bukti pengeluaran harus mendapatkan verifikasi dari ketua ORMAWA/HMJ.  Hal tersebut dilakukan untuk akuntabilitas dan monitoring realisasi serapan anggaran ORMAWA.

Dalam merancang program, ketua dan sekretaris ORMAWA berfokus pada sembilan bidang ORMAWA yang sudah dicanangkan universitas yaitu (1) Ekstrakurikuler; (2) Penalaran dan Keilmuan; (3) Manajemen Organisasi; (4) Kewirausahaan; (5) Pengembangan Karakter; (6) Sosial Kemasyarakatan; (7) Bakat dan Minat; (8) Kesejahteran; dan (9) Pemberdayaan Alumni, yang mana antara bidang satu dan lainnya memiliki keseimbangan porsi kegiatan dan saling menunjang sehingga ketercapaian visi misi fakultas bidang kemahasiswaan dan alumni dapat tercapai.

Rapat kerja selama dua hari ini menghasilkan rancangan program tahun 2018 dan beberapa kesepakatan yaitu (1) perlu membentuk konsorsium pencari sponsor dan pendampingan pembuatan proposal agar layak disponsori, (2) perlunya kontrol dan evaluasi lembaga (fakultas) dengan cara memberikan penilaian terhadap pelaksanaan kegiatan, dan (3) kegiatan KKL dapat dikemas dalam bentuk penelitian dan pengabdian. Adapun rancangan program tahun 2018 sudah terjadwal dengan baik dengan mempertimbangkan kebutuhan dan perhitungan waktu kegiatan antar ORMAWA sejalan dengan arahan pimpinan fakultas dan pembina. Semoga dapat berjalan lancar dan dapat meningkatkan kreatifitas serta kebersamaan ORMAWA Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang lebih maju.