KURIKULUM JURUSAN/PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

 

  1. Nama Program Studi

Pendidikan Bahasa Arab

 

  1. Rasional

Kurikulum prodi Pendidikan Bahasa Arab , meskipun telah dikerjakan dengan basis KKNI, namun masih terdapat beberapa  kelemahan, yaitu sebagai berikut.

  1. Dalam kurikulum lama, masih terbatas pada capaian pembelajaran berdasarkan KKNI dan kesepakatan asosiasi prodi.
  2. Dalam kurikulum lama, aspek sikap belum tampak pada capaian pembelajaran mata kuliah (CP MK) dan hanya tampak pada capaian pembelajaran prodi (CP Prodi), sehingga belum ada kesinronan antara CP Prodi dan CP MK.
  3. Dalam kurikulum lama, deskripsi matakuliah belum memuat CP MK
  4. Masing-masing matakuliah belum dikelompokkan berdasarkan SCPL sejenis
  5. Aspek kapabilitas belum tampak secara jelas pada profil dan
  6. Profil dan SCPL belum dikaitkan dengan tuntutan zaman dan perkembangan IPTEKS.

Berdasarkan hal tersebut, maka disusunlah kurikulum Pendidikan Bahasa Arab berbasis kompetensi dan kapabilitas sehingga diharapkan lulusan prodi mampu mengikuti tuntutan zaman dan kemajuan IPTEKS, mampu bekerja dan menciptakan kerja secara trampil dan kreatif dan tidak hanya menunggu peluang kerja yang sudah tersedia.

 

  1. Visi dan Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

VISI

Visi misi ini diselaraskan dengan visi misi fakultas dan universitas, yaitu sebagai berikut.

Menjadi jurusan unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi ilmu bahasa dan sastra Arab bidang pendidikan dan nonpendidikan.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam ilmu bahasa dan sastra Arab bidang pendidikan dan nonpendidikan yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi;
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam ilmu bahasa dan sastra Arab bidang pendidikan dan nonpendidikan yang temuannya bermanfaat bagi pengem­bangan ilmu dan kesejahteraan masyarakat;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam ilmu bahasa dan sastra Arab bidang pendidikan dan nonpendidikan yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat; serta
  4. Menyelenggarakan tatapamong jurusan yang akuntabel dan trans­paran yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.

 

  1. Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
  2. Menghasilkan lulusan yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional dalam ilmu bahasa dan sastra Arab bidang pendidikan dan nonpendidikan;
  3. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dan menjadi rujukan dalam ilmu bahasa dan sastra Arab bidang pendidikan dan nonpendidikan;
  4. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu bahasa dan sastra Arab bidang pendidikan dan nonpendidikan untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera; dan
  5. Menghasilkan kinerja jurusan yang efektif dan efisien untuk menjamin pertumbuhan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang berkelanjutan.

 

  1. Profil Lulusan

Profil prodi Pendidikan bahasa Arab (PBA) disusun berdasarkan analisis kebutuhan dan visi misi UM dan tuntutan masyarakat yang menghendaki lulusan prodi menjadi lulusan yang kompeten dan kapabel. Penyusunan profil ini juga dihasilkan melalui FGD secara berkesinambungan. Dari hasil FGD tersebut, disepakati kurikulum PBA harus disesuaikan dengan perkembangan keilmuan, pemangku kepentingan, hasil tracer study, dan masukan dari berbagai pihak terkait. Berdasarkan hal tersebut, dideskripsikan rumusan masalah sebagai berikut.

Sarjana pendidikan yang berkepribadian Indonesia yang menguasai konsep ilmu Bahasa Arab dan terampil merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan memecahkan berbagai permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab  pada  jenjang pendidikan dasar dan menengah, serta memiliki kemampuan untuk mengembangkan berbagai keahlian tambahan berbasis bahasa Arab secara kreatif dan inovatif sesuai dengan perkembangan IPTEKS  dalam berbagai profesi sesuai kebutuhan masyarakat.

Lulusan prodi Pendidikan Bahasa Arab diharapkan memiliki kompetensi utama sebagai berikut:

  1. Menguasai konsep teoritis ilmu bahasa Arab dan menghasilkan karya inovatif bidang bahasa Arab berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.
  2. Terampil berbahasa Arab produktif dan reseptif serta kreatif menggunakannya dalam berbagai peristiwa komunikasi,
  3. Terampil merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Arab di sekolah,
  4. Menguasai dan mengembangkan metodologi penelitian dalam bidang bahasa Arab dan pembelajarannya.

Selain kompetensi utama, lulusan prodi Pendidikan Bahasa Arab memiliki kapabelitas sebagai kompetensi pendukung, yaitu:

  1. Penerjemah dan/atau editor karya terjemahan bahasa Arab-Indonesia atau sebaliknya (bagi pengambil Paket Penerjemahan);
  2. Guru Pendidikan Agama Islam (bagi pengambil Paket PAI);
  3. Kaligrafer (bagi pengambil Paket Kaligrafi);
  4. Guru bahasa Arab untuk anak pada jenjang pendidikan formal dan non formal tingkat dasar dan pra-sekolah (bagi pengambil Paket Bahasa Arab untuk Anak/ Al-`Arabiyyah Li Al-Athfal;
  5. Programer atau desainer media pembelajaran berbasis multimedia (bagi pengambil Paket Komputer dan Internet); dan
  6. Pemandu wisata dan haji, serta instruktur di berbagai pelatihan kebahasaaraban (bagi pengambil Paket Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus).
  7. Mahasiswa dapat merancang, melaksanakan dan mengevaluasi dengan kreatif pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur arab baik yang dilaksanakan di dalam negeri maupun di luar negeri.

Selain kompetensi utama dan kompetensi pendukung, lulusan prodi Pendidikan Bahasa Arab memiliki kompetensi tambahan, yaitu:

  1. Memiliki kompetensi bahasa Arab dengan standar TOAFL baik versi Universitas Negeri Malang;
  2. Memiliki kompetensi bahasa Inggris dengan standar TOEFL intermediate Universitas Negeri Malang.

Lulusan Pendidikan bahasa Arab mendapatkan surat keterangan pendamping ijazah (SKPI) terkait capain TOAFL, TOEFL, matakuliah paket khusus yang dipilih serta prestasi yang telah diraih selama kuliah.

 

  1. Rumusan Standar Capaian Pembelajaran Lulusan
  2. Mampu menguasai konsep teoretis ilmu bahasa Arab secara logis, kritis, sistematis, inovatif, adabtif, berbasis teknologi informasi dan bertanggung jawab sesuai etika akademik.
  3. Mampu menguasai konsep teoretis bidang ilmu dasar kesusasteraan Arab secara logis, kritis, sistematis, inovatif, adabtif, berbasis teknologi informasi yang mendukung kepekaan sosial dengan menjunjung tinggi nilai –nilai kemanusiaan
  4. Mampu menguasai konsep teoretis ilmu dasar kebudayaan Arab secara logis, kritis, sistematis, inovatif, adabtif, berbasis teknologi informasi dengan tetap menghargai  keanekaragaman budaya  dan agama.
  5. Mampu berkomunikasi dengan bahasa Arab secara kritis, logis, efektif dan tepat, baik reseptif maupun produktif sebagai dasar komunikasi internasional dengan tetap menjunjung sikap nasionalisme dan rasa tanggung jawab pada pekerjaannya.
  6. Mampu menguasai konsep teoretis ilmu pembelajaran bahasa Arab; merancang, melaksanakan, dan mengevaluasinya secara logis, kritis, sistematis, inovatif, adabtif, berbasis teknologi informasi dengan menjunjung tinggi nilai, norma, dan etika akademik serta berkontribusi aktif dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara serta kemajuan peradaban umat manusia.
  7. Mampu menguasai konsep teoretis penelitian dan merancang proposal penelitian, melaksanakan, dan melaporkannya secara bertanggungjawab sesuai sesuai etika akademik  dalam bentuk skripsi dan artikel jurnal dengan mengacu pada nilai, norma, dan etika akademik serta menghargai pendapat dan temuan orisinal orang lain.
  8. Mampu mengembangkan keahlian tambahan sebagai praktisi/ wirausahawan berbasis bahasa Arab secara kreatif dan inovatif sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

 

Konstruk SCPL Unsur Sikap Unsur Pengetahuan Unsur Ketrampilan Umum Unsur Ketrampilan Khusus
1.   Mampu menguasai konsep teoretis ilmu bahasa Arab secara logis, kritis, sistematis, inovatif, adabtif, berbasis teknologi informasi dan bertanggung jawab sesuai etika akademik.

 

a.  Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

b.  Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

 

 

Mampu menganalisis dan mengelaborasi  konsep-konsep teoretis  ilmu bahasa Arab, meliputi konsep-konsep ilmu lughah (linguistic), ilmu ashwat (fonologi), ilmu shorof (morfologi), ilmu nahwi (sintaksis), dan ilmu ma’aani (semantic) melalui pembelajaran berbasis pada mahasiswa. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora bidang pendidikan bahasa Arab.

 

Mahasiswa  mampu menerapkan, menganalisis, serta mengembangkan bidang dasar-dasar ilmu kebahasaan dan mengembangkanya untuk menunjang profesinya sebagai guru atau profesi lain yang terkait dengan keahlian tambahan yang dimiliki.
2.   Mampu menguasai  konsep teoretis bidang ilmu dasar kesusasteraan Arab secara logis, kritis, sistematis, inovatif, adabtif, berbasis teknologi informasi yang mendukung kepekaan sosial dengan menjunjung tinggi nilai –nilai kemanusiaan a.  Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

b.  Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

 

Mampu menganalisis dan mengevaluasi  konsep teoretis  ilmu dasar kesusastraan Arab melalui pembelajaran berbasis pada mahasiswa.

 

Mampu menerapkan konsep teoretis  ilmu dasar kesusastraan Arab melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora bidang pendidikan bahasa Arab. Mampu menerapkan, menganalisis, mengaplikasikan, serta mengembangkan konsep teoretis  ilmu dasar kesusatraaan Arab  secara kreatif dan inovatif.

 

3.   Mampu menguasai konsep teoretis  ilmu dasar kebudayaan Arab secara logis, kritis, sistematis, inovatif, adabtif, berbasis teknologi informasi dengan tetap menghargai  keanekaragaman budaya  dan agama. a.  Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religious.

b.  Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

c.  Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan,serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain.

Mampu menganalisis dan mengevaluasi  konsep teoretis  ilmu dasar kebudayaan Arab melalui pembelajaran berbasis pada mahasiswa.

 

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora bidang pendidikan bahasa Arab.

 

Mampu menerapkan, menganalisis, mengaplikasikan, serta mengembangkan konsep teoretis  ilmu dasar kebudayaan Arab  secara kreatif dan inovatif.

 

 

4.   Mampu berkomunikasi dengan bahasa Arab secara kritis, logis, efektif dan tepat, baik reseptif maupun produktif sebagai dasar komunikasi internasional dengan tetap menjunjung   sikap nasionalisme dan rasa tanggung jawab pada pekerjaannya.

 

a.  Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

b.  Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa Arab secara mandiri.

 

a.  Menganalisis dan mengevaluasi konsep-konsep dalam beragam teks lisan berbahasa Arab.

b.  Mengkomunikasikan ide-ide secara efektif dan tepat dalam bentuk lisan baik dalam situasi formal maupun informal.

c.  Menganalisis dan mengevaluasi konsep-konsep dalam beragam teks tulis berbahasa Arab.

d.  Mengkomunikasikan ide-ide secara efektif dan tepat dalam bentuk tulis baik dalam konteks akademik maupun non akademik.

a.  Mampu berbahasa Arab lisan tingkat lanjut baik reseptif maupun produktif dalam bentuk komunikasi dengan penutur asli, memahami Isi berita radio/TV, presentasi satu arah, dan multi arah melalui pembelajaran berbasis tugas, proyek, dan simulasi.

b.  Mampu berbahasa Arab tulis tingkat lanjut secara reseptif dalam bentuk: memahami referensi ilmiah dan popular kebahasaan, kesastraan, kependidikan, dan secara produktif dalam bentuk menulis surat resmi dan karya ilmiah.

 

5.   Mampu menguasai konsep teoretis ilmu pembelajaran bahasa Arab; merancang, melaksanakan, dan mengevaluasinya secara logis, kritis, sistematis, inovatif, adabtif, berbasis teknologi informasi dengan menjunjung tinggi nilai, norma, dan etika akademik serta berkontribusi aktif dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara serta kemajuan peradaban umat manusia. c.  Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

d.  Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

 

 

Menguasai konsep-konsep teoretis tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing Mengkomunikasikan ide-ide secara efektif dan tepat dalam bentuk tulis baik dalam konteks akademik maupun non akademik. Menyusun perencanaan dan perangkat pembelajaran bahasa Arab, menerapkan, serta mengevaluasinya di sekolah/madrasah yang berpusat pada mahasiswa, menganalisis, memecahkan masalah yang timbul, dan mengembangkannya secara kreatif dan inovatif sesuai dengan tuntutan masyarakat global
6.   Mampu menguasai  konsep teoretis penelitian dan merancang proposal penelitian, melaksanakan, dan melaporkannya secara bertanggungjawab sesuai sesuai etika akademik  dalam bentuk skripsi dan artikel jurnal dengan mengacu pada nilai, norma, dan etika akademik serta menghargai pendapat dan temuan orisinal orang lain. a.  Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain;

b.  Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

c.  Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

d.  Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

e.  Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan;

f.   Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa Arab secara mandiri.

 

a.  Menguasai konsep teoretis ilmu kebahasaan dan keterampilan berbahasa Arab, dasar-dasar  kesastraan dan kebudayaan, dan mampu menerapkan, menganalisis, mengaplikasikan, serta mengembangkannya secara kreatif dan inovatif;

b.  Menguasai konsep-konsep teoretis tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing.

c.   Menguasai konsep teoritis yang mendukung berbagai profesi tambahan berbasis keahlian bahasa Arab secara kreatif dan inovatif.

d.  Mampu memformulasikan penyelesaian suatu masalah bidang ilmu kebahasaan, kesastraan, kebudayaan, keterampilan berbahasa, pembelajaran bahasa, serta profesi terkait dengan bahasa Arab; dalam bentuk laporan penelitian dan artikel jurnal.

 

a.  Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora bidang pendidikan bahasa Arab;

b.  Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

c.  Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam pendidikan bahasa Arab berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

d.  Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa Arab dan pembelajarannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

e.  Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang bahasa Arab serta pembelajarannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

f.   Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

g.  Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;

h.  Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu melaksanakan tugas secara mandiri;

i.    Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

j.    Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok; dan

k.  Mampu bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

a.  Mampu menyusun proposal penelitian dalam bidang bahasa dan sastra Arab, pembelajaran, dan keahlian tambahan yang terkait dengan bahasa Arab.

b.    Mampu melaksanakan penelitian dalam bidang bahasa dan sastra Arab, pembelajaran, dan keahlian tambahan yang terkait dengan bahasa Arab serta melaporkannya dalam bentuk skripsi dan artikel jurnal.

 

 

 

 

 

7.   Mampu mengembangkan keahlian tambahan sebagai praktisi/ wirausahawan berbasis bahasa Arab secara kreatif dan inovatif  sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

 

 

 

a.  Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;

b.  Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

c.   Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

d.  Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

e.  Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain;

f.    Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

g.  Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

h.  Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

i.    Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan;

j.    Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa Arab secara mandiri.

Menguasai konsep teoritis keahlian tambahan sebagai praktisi/wirausahawan berbasis bahasa Arab dan mampu menerapkan, menganalisis, mengaplikasikan, serta mengembangkannya secara kreatif dan inovatif

 

a.  Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora bidang pendidikan bahasa Arab;

b.  Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

c.   Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

d.  Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;

e.  Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu melaksanakan tugas secara mandiri;

f.    Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok; dan

g.  Mampu bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

a.  Mampu mengaplikasikan keahlian tambahan sebagai praktisi/wirausahawan yang berbasis bahasa Arab sebagai penerjemah

b.  Mampu mengaplikasikan keahlian tambahan sebagai praktisi/wirausahawan yang berbasis bahasa Arab sebagai pendidik agama Islam

c.  Mampu mengaplikasikan keahlian tambahan sebagai praktisi/wirausahawan yang berbasis bahasa Arab sebagai kaligrafer

d.  Mampu mengaplikasikan keahlian tambahan sebagai praktisi/wirausahawan yang berbasis bahasa Arab sebagai pendidik bahasa Arab untuk anak

e.  Mampu mengaplikasikan keahlian tambahan sebagai praktisi/wirausahawan yang berbasis bahasa Arab sebagai programer atau desainer media pembelajaran berbasis multimedia

f.   Mampu mengaplikasikan keahlian tambahan sebagai praktisi/wirausahawan yang berbasis bahasa Arab sebagai pemandu wisata dan haji/umroh

g.  Mampu mengaplikasikan keahlian tambahan sebagai praktisi/wirausahawan yang berbasis bahasa Arab sebagai instruktur di berbagai pelatihan kebahasaaraban

h.  Mampu mengaplikasikan keahlian tambahan sebagai praktisi/wirausahawan yang berbasis bahasa Arab sebagai penerjemah

i.    Mampu mengaplikasikan keahlian tambahan sebagai praktisi/wirausahawan yang berbasis bahasa Arab sebagai pendidik agama Islam

j.    Mampu mengaplikasikan keahlian tambahan sebagai praktisi/wirausahawan yang berbasis bahasa Arab sebagai kaligrafer

k.  Mampu mengaplikasikan keahlian tambahan sebagai praktisi/wirausahawan yang berbasis bahasa Arab sebagai pendidik bahasa Arab untuk anak

l.    Mampu mengaplikasikan keahlian tambahan sebagai praktisi/wirausahawan yang berbasis bahasa Arab sebagai programer atau desainer media pembelajaran berbasis multimedia

m. Mampu mengaplikasikan keahlian tambahan sebagai praktisi/wirausahawan yang berbasis bahasa Arab sebagai pemandu wisata dan haji/umroh

n.  Mampu mengaplikasikan keahlian tambahan sebagai praktisi/wirausahawan yang berbasis bahasa Arab sebagai instruktur di berbagai pelatihan kebahasaaraban

  1. BEBAN STUDI DAN KURIKULUM PRODI S1 PENDIDIKAN BAHASA ARAB UM

 

Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di program studi S1 Pendidikan Bahasa Arab, menggunakan sistem kredit semester (sks). Untuk menyelesaikan studi pada program studi ini, sks yang harus ditempuh mahasiswa sejumlah 150 SKS. Jumlah tersebut tersebar dalam tiga kelompok matakuliah, yaitu.

 

  1. MATAKULIAH DASAR PENGEMBANGAN KARAKTER (MDPK) 12 sks
  2. Pendidikan Agama, 3 sks
  3. Pengembang Karakter Terpadu 1 (MPKT 1), 6 sks
  4. Pengembang Karakter Terpadu 2 (MPKT 2), 3 sks

 

  1. MATAKULIAH WAJIB KEILMUAN (MWK), 122 sks
  2. Kebahasaan, 22 sks
  3. Kesastraan, 10 sks
  4. Kebudayaan, 8 sks
  5. Keterampilan Berbahasa Arab, 44 sks
  6. Proses Belajar Mengajar, 29 sks
  7. Penelitian, 9 sks

 

  1. MATAKULIAH PEMINATAN DAN PENGEMBANGAN DIRI (MPPD), 16 sks
  2. Paket Peminatan Keahlian Khusus (12 sks)
  • Penerjemahan
  • Pendidikan Agama Islam
  • Kaligrafi
  • Bahasa Arab untuk Anak (ALA)
  • Komputer dan Internet
  • Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus
  • Bahasa Indonesia untuk Penutur Arab (BIPAR)
  1. Pengembangan Diri, 4 sks

 

 

Struktur kurikulum program studi S1 Pendidikan Bahasa Arab selengkapnya dapat dilihat pada tabel berikut.

 

 

 

STRUKTUR KURIKULUM

PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN BAHASA ARAB

 

No Sandi Matakuliah Sks js Semester T/P Status Prasyarat
1 2 3 4 5 6 7 8 inti Inst
A. MATAKULIAH DASAR PENGEMBANGAN KARAKTER (MDPK) 12 sks
     1.        Pendidikan Agama
1. UNIV6001 Pendidikan Agama Islam 3 3 X TP
S 3 3
     2.        Pengembangan Karakter Terpadu 1
UNIV6007 Pendidikan Pancasila 2 2 X T
UNIV6008 Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 X T
UNIV6009 Pendidikan Bahasa Indonesia 2 2 X T
S 6 6
3. Pengembangan Karakter Terpadu 2
UNIV6010 Manajemen Inovasi 3 3 X TP
S 3 3
B.  MATAKULIAH WAJIB KEILMUAN  (MWK) (122sks)
     1. Kebahasaan (22 sks)
  1. 1
PARA6101 Ilmu Lughah 2 2 X TP
  1. 2
PARA6102 Ilmu Ashwat 2 2 X TP PARA6101
  1. 3
PARA6103 Ilmu Dilalah 2 2 X TP PARA6101
PARA6104 Tarkib Mukatstsaf Ibtida’i 2 2 X P
PARA6105 Tarkib Mukatstsaf Tsanawi 2 2 X P PARA6104
  1. 4
PARA6106 Tathbiq Sharfi Ibtida’i 2 2 X TP PARA6105
  1. 5
PARA6107 Tathbiq Sharfi Tsanawi 2 2 X TP PARA6106
  1. 6
PARA6108 Tathbiq Nahwi Ibtida’i 2 2 X TP PARA6105
  1. 7
PARA6109 Tathbiq Nahwi Tsanawi 2 2 X TP PARA6108
PARA6110 Tajwid Tilawah wa Kitabatil Qur’an 2 2 X P
PARA6111 Khath-Imlak 2 2 X P
S   22 22    
2. Kesastraan (10 sks)
  1. 1
PARA6201 Tarikh Adab 2 2 X T
  1. 2
PARA6202 Al-Ma`ani 2 2 X TP PARA6106 dan PARA6108
  1. 3
PARA6203 Al-Bayan wa Al-Badi` 2 2 X TP PARA6202
  1. 4
PARA6204 Dirasah Natsriyah 2 2 X TP PARA6203
  1. 5
PARA6205 Dirasah Syi’riyah 2 2 X TP PARA6203
S 10 10
3. Kebudayaan (8 sks)
  1. 1
PARA6301 Jughrafiya 2 2 X T
  1. 2
PARA6302 Tafahum Tsaqafi 2 2 X T
  1. 3
FSAS6001 Pengantar Filsafat Ilmu 2 2 X T
FSAS6002 Manusia dan Kebudayaan Indonesia 2 2 X T
S   8 8    
4. Keterampilan Berbahasa Arab (48 sks)
  1. 1
PARA6401 Istima’ Mukatstsaf Ibtida`i 2 2 X P
  1. 2
PARA6402 Istima’ Mukatstsaf Tsanawi 2 2 X P PARA6401
  1. 3
PARA6403 Kalam Mukatstsaf Ibtida’i 2 2 X P
  1. 4
PARA6404 Kalam Mukatstsaf Tsanawi 2 2 X P PARA6403
  1. 5
PARA6405 Tathbiq Mufradat 2 2 X P
  1. 6
PARA6406 Qira’ah Mukatstsafah Ibtida’iyah 2 2 X P
  1. 7
PARA6407 Qira’ah Mukatstsafah Tsanawiyah 2 2 X P PARA6406
  1. 8
PARA6408 Kitabah Mukatstsafah Ibtida’iyah 2 2 X P
  1. 9
PARA6409 Kitabah Mukatstsafah Tsanawiyah 2 2 X P PARA6408
  1. 4
PARA6410 Istima’ Ibtida’i 2 2 X P PARA6402
  1. 5
PARA6411 Istima’ Tsanawi 2 2 X P PARA6410
  1. 6
PARA6412 Kalam Ibtida’i 2 2 X P PARA6404
  1. 7
PARA6413 Kalam Tsanawi 2 2 X P PARA6412
  1. 8
PARA6414 Khathabah 2 2 X P PARA6413
  1. 9
PARA6415 Qira’ah Ibtida’iyah 2 2 X P PARA6407
  1. 0
PARA6416 Qira’ah Tsanawiyah 2 2 X P PARA6415
  1. 1
PARA6417 Qiraah Muwassa’ah 2 2 X P PARA6416
  1. 2
PARA6418 Kitabah Ibtida’iyah 2 2 X P PARA6409
  1. 3
PARA6419 Kitabah Tsanawiyah 2 2 X P PARA6418
  1. 4
PARA6420 Kitabah Maqalah 2 2 X P PARA6419
  1. 5
PARA6421 Tarjamah 2 2 X TP
  1. 6
PARA6422 Qawa’id Syamilah 2 2 X TP PARA6107 dan PARA6109
  1. 7
PARA6423 Ikhtibar Syamil 0 0 X P
S 44 44
5. Proses Belajar Mengajar (29 sks)
1. UNIV6011 Pengantar Pendidikan 3 3 X T
      2. UNIV6012 Perkembangan Peserta Didik 3 3 X T
     3. UNIV6013 Belajar dan Pembelajaran 4 4 X T
4. PARA6501 Tariqah Tadris Lughah 3 3 X TP
5. PARA6502 Wasail Tadris 3 3 X TP
6. PARA6503 Taqwim 3 3 X TP
7. PARA6504 Manahij wa Kutub Madrasiyah 3 3 X TP
8. PARA6505 Tadris Mushaghar 3 3 X P PARA6501- PARA6504
9. UPLP6090 Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 4 X X P PARA6505
S 29 29    
6. Penelitian (9 sks)
1. PARA6601 Thariqah Bahts 3 3 X TP PARA6422
2. PARA6602 Al-Bahts Al-Ilmi (skripsi) 6 6 X X P PARA6601
S   3 3    
C. MATAKULIAH PEMINATAN DAN PENGEMBANGAN DIRI (MPPD), 16 sks
1.  Paket Peminatan Keahlian Khusus (@: 12 sks)
a. Penerjemahan (12 sks)
PARA6701 Teknik Penerjemahan 2 2 X TP
PARA6702 Latihan Penerjemahan 4 4 X P
PARA6703 Tugas Akhir Penerjemahan 4 4 X P PARA6701 dan PARA6702
PARA6704 Kewirausahaan Penerjemahan 2 2 X TP
S   12 12    
 b. Pendidikan Agama Islam (12 sks)
PARA6705 Akidah dan Akhlak 2 2 X TP
PARA6706 Fikih 2 2 X TP
PARA6707 Tafsir Hadis 2 2 X TP
PARA6708 Metodologi PAI 2 2 X TP
PARA6709 Pembelajaran BA Qur’ani 2 2 X TP
PARA6710 Kewirausahaan PAI 2 2 X TP
S   12 12
c. Kaligrafi (12 sks)
PARA6711 Khat Naskhi dan Riq’i 3 3 X TP
PARA6712 Khat Tsuluts dan Diwani 3 3 X TP
PARA6713 Khat Kufi dan Farisi 2 2 X TP
PARA6714 Ragam Teknik Seni Rupa Khat Arab 2 2 X TP
PARA6715 Kewirausahaan Kaligrafi 2 2 X TP
S   12 12
d. Bahasa Arab untuk Anak (Al-Arabiyah Li Al-Athfal) (12 sks)
1. PARA6716 Pembelajaran Baca-tulis Huruf Arab 2 2 X TP
2. PARA6717 Strategi Pembelajaran ALA 2 2 X TP
3. PARA6718 Psikologi Anak 2 2 X T
4. PARA6719 Pengembangan Materi ALA 2 2 X TP
5. PARA6720 Pengembangan Media ALA 2 2 X TP
6. PARA6721 Kewirausahaan ALA 2 2 X TP
S   12 12
 
e. Komputer dan Internet (12 sks)
1. PARA6722 Desain Grafis 2 2 X TP ­-
2. PARA6723 Multimedia 2 2 X P
3. PARA6724 Internet 2 2 X P
4. PARA6725 Produksi Multi Media PBA 4 4 X P PARA6722- PARA6724
5. PARA6726 Kewirausahaan Komputer dan Internet 2 2 X TP
S   12 12
f.  Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus (12 sks)
1. PARA6727 Bahasa Arab untuk Haji dan Umrah 2 2 X TP
2. PARA6728 Bahasa Arab untuk  Penerjemah Lisan 2 2 X TP
3. PARA6729 Bahasa Arab Media Masa 2 2 X TP
4. PARA6730 Bahasa Arab Pariwisata 2 2 X TP
5. PARA6731 Bahasa Arab Dunia Usaha 2 2 X TP
6. PARA6732 Kewirausahaan Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus 2 2 X TP
S   12 12
g.  Bahasa Indonesia untuk Penutur Arab (BIPAR) (12 sks)
1 PARA6733 BI sebagai Bahasa Asing 2 2 X TP
2 PARA6734 Tsaqafah Indunisia 2 2 X TP
3 PARA6735 Program BI sebagai Bahasa Asing 2 2 X TP
4 PARA6736 Pengembangan Sumber Belajar BIPAR 2 2 X TP
5 PARA6737 Strategi Pembelajaran BI sebagai Bahasa Asing 2 2 X TP
6 PARA6738 Kewirausahaan Bahasa Indonesia untuk Penutur Arab 2 2 X TP
S   12 12
2.  Pengembangan Diri, (4 sks)
UKKN6090 Kuliah Kerja Nyata (KKN) 4 X X P
S   4

 

 

H. SEBARAN MATA KULIAH PER SEMESTER PRODI BAHASA ARAB TAHUN 2018

  1. Semester I
No Sandi Nama Matakuliah Jumlah sks/js Prasyarat
1 PARA6401 Istima’ Mukatstsaf  Ibtida’i 2/2
2 PARA6403 Kalam Mukatstsaf  Ibtida’i 2/2
3 PARA6405 Tathbiq Mufrodat 2/2
4 PARA6406 Qira’ah Mukatstsafah Ibtida’iyah 2/2
5 PARA6408 Kitabah Mukatstsafah Ibtida’iyah 2/2
6 PARA6104 Tarkib Mukatstsaf Ibtida’i 2/2
7 PARA6110 Tajwid Tilawah Wa Kitabatil Qur’an 2/2
8 PARA66111 Khath Imlak 2/2
9 UNIV6001 Pendidikan Agama Islam 3/3
Jumlah 19/19

 

  1. Semester II
No Sandi Nama Matakuliah Jumlah sks/js Prasyarat
1 PARA6101 Ilmu Lughah 2/2
2 PARA6402 Istima’ Mukatstsaf  Tsanawi 2/2 PARA6401
3 PARA6404 Kalam Mukatstsaf  Tsanawi 2/2 PARA6403
4 PARA6407 Qira’ah Mukatstsafah Tsanawiyah 2/2 PARA6406
5 PARA6409 Kitabah Mukatstsafah Tsanawiyah 2/2 PARA6408
6 PARA6105 Tarkib Mukatstsaf Tsanawi 2/2 PARA6104
7 FSAS6001 Pengantar Filsafat Ilmu 2/2
8 FSAS6002 Manusia dan Kebudayaan Indonesia 2/2
9 UNIV6011 Pengantar Pendidikan 3/3
Jumlah 19/19

 

  1. Semester III
No Sandi Nama Matakuliah Jumlah sks/js Prasyarat
1 PARA6102 Ilmu Ashwat 2/2 PARA6101
2 PARA6103 Ilmu Dilalah 2/2 PARA6101
3 PARA6106 Tathbiq Sharfi Ibtida’i 2/2 PARA6105
4 PARA6108 Tathbiq Nahwi Ibtida’i 2/2 PARA6105
5 PARA6201 Tarikh Adab 2/2
7 PARA6410 Istima’ Ibtida’i 2/2 PARA6402
8 PARA6412 Kalam Ibtida’i 2/2 PARA6404
9 PARA6415 Qira’ah Ibtida’iyah 2/2 PARA6407
10 PARA6418 Kitabah Ibtida’iyah 2/2 PARA6409
11 UNIV6008 Pendidikan Kewarganegaraan 2/2
12 UNIV6012 Perkembangan Peserta Didik 3/3
Jumlah 23/23  

 

  1. Semester IV
No Sandi Nama Matakuliah Jumlah sks/js Prasyarat
1 PARA6107 Tathbiq Sharfi Tsanawi 2/2 PARA6106
2 PARA6109 Tathbiq Nahwi Tsanawi 2/2 PARA6108
3 PARA6202 Al-Ma’ani 2/2 PARA6106 dan PARA6108
4 PARA6301 Jughrafiya 2/2
5 PARA6411 Istima’ Tsanawi 2/2 PARA6410
6 PARA6413 Kalam Tsanawi 2/2 PARA6412
7 PARA6416 Qira’ah Tsanawiyah 2/2 PARA6415
8 PARA6419 Kitabah Tsanawiyah 2/2 PARA6418
9 UNIV6013 Belajar dan Pembelajaran 4/4
10 UNIV6007 Pendidikan Pancasila 2/2
11 PARA6009 Pendidikan Bahasa Indonesia 2/2
Jumlah 24/24

 

  1. Semester V
No Sandi Nama Matakuliah Jumlah sks/js Prasyarat
1 PARA6203 Al-Bayan wa Al-Badi’ 2/2 PARA6202
2 PARA6414 Khatabah 2/2 PARA6413
3 PARA6417 Qira`ah Muwassa’ah 2/2 PARA6416
4 PARA6420 Kitabah Maqalah 2/2 PARA6419
5 PARA6421 Tarjamah 2/2
6 PARA6422 Qawa’id Syamilah 2/2 PARA6107 dan PARA6109
7 PARA6501 Thariqah Tadris 3/3
8 PARA6502 Wasail Tadris 3/3
9 PARA6503 Taqwim 3/3
10 PARA6504 Manahij wa Kutub Madrasiyah 3/3
Jumlah 24/24  

 

  1. Semester VI
No Sandi Nama Matakuliah Jumlah sks/js Prasyarat
1 PARA6302 Tafahum Tsaqafi 2/2
2 PARA6204 Dirasah Natsriyah 2/2 PARA6203
3 PARA6205 Dirasah Syi’riyah 2/2 PARA6203
4 PARA6505 Tadris Mushaghar 3/3 PARA6501 – PARA6504
5 PARA6601 Thariqah Bahts 3/3 PARA6422
6 PARA6423 Ikhtibar Syamil 0/0
7 UNIV6010 Manajemen Inovasi 3/3
Paket Penerjemahan
8 PARA6701 Teknik Penerjemahan* 2/2
9 PARA6702 Latihan Penerjemahan* 4/4
10 PARA6704 Kewirausahaan Penerjemahan* 2/2
Paket Pendidikan Agama Islam
11 PARA6705 Akidah dan Akhlak* 2/2
12 PARA6706 Fikih * 2/2
13 PARA6707 Tafsir Hadits* 2/2
14 PARA6710 Kewirausahaan PAI* 2/2
Paket Kaligrafi
15 PARA6711 Khat Naskhi dan Riq’i * 3/3
16 PARA6712 Khat Tsuluts dan Diwani* 3/3
17 PARA6715 Kewirausahaan Kaligrafi* 2/2
Paket Bahasa Arab untuk Anak (Al-Arabiyah Li Al-Athfal)
18 PARA6716 Pembelajaran baca tulis huruf Arab* 2/2
19 PARA6717 Strategi Pembelajaran ALA* 2/2
20 PARA6718 Psikologi Anak* 2/2
21 PARA6721 Kewirausahaan ALA* 2/2
Paket Komputer dan Internet
22 PARA6722 Desain Grafis* 2/2
23 PARA6723 Multimedia* 2/2
24 PARA6724 Internet * 2/2
25 PARA6726 Kewirausahaan  Komputer dan Internet * 2/2
Paket Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus
26 PARA6727 Bahasa Arab untuk Haji dan Umrah* 2/2
27 PARA6728 Bahasa Arab untuk  Penerjemah Lisan* 2/2
28 PARA6729 Bahasa Arab Media Masa* 2/2
29 PARA6732 Kewirausahaan Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus* 2/2
Paket Bahasa Indonesia untuk Penutur Arab (Al-Indunisiyyah Li Al-‘Arab)
30 PARA6733 BI sebagai Bahasa Asing* 2/2
31 PARA6734 Tsaqafah Indunisia* 2/2
32 PARA6735 Program BI sebagai Bahasa Asing* 2/2
33 PARA6738 Kewirausahaan Bahasa Indonesia untuk Penutur Arab* 2/2
Jumlah 22/22

 

 

  1. Semester VII
No Sandi Nama Matakuliah Jumlah sks/js Prasyarat
Paket Penerjemahan
1. PARA6703 Tugas Akhir Penerjemahan* 4/4 PARA6701 dan PARA6702
Paket Pendidikan Agama Islam
2. PARA6708 Metodologi PAI* 2/2
3. PARA6709 Pembelajaran BA Qur’ani* 2/2
Paket Kaligrafi
4.            2 PARA6713 Khat Kufi dan Farisi*

 

2/2
5. PARA6714 Ragam Teknik Seni Rupa Khat Arab* 2/2
Paket Bahasa Arab  untuk Anak (Al-Arabiyah Li Al-Athfal)
6. PARA6718 Pengembangan materi ALA* 2/2
7.            1 PARA6720 Pengembangan media ALA* 2/2
Paket Komputer dan Internet
8. PARA6725 Produksi Multi Media PBA* 4/4 PARA6722 – PARA6724
Paket Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus
9. PARA6730 Bahasa Arab Pariwisata* 2/2
10. PARA6731 Bahasa Arab Dunia Usaha* 2/2
Paket Bahasa Indonesia untuk Penutur Arab (Al-Indunisiyyah Li Al-‘Arab)
11. PARA6736 Pengembangan Sumber Belajar BIPAR* 2/2
12. PARA6737 Strategi Pembelajaran BI sebagai Bahasa Asing* 2/2
Matakuliah selain paket
13. PARA6602 Al-Bahts al-Ilmi (skripsi)** 6 PARA6601
14. UPLP6090 Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)*** 4 PARA66505
15. UKNN6090 Kuliah Kerja Nyata (KKN)** ** 4
Jumlah 8-18  sks  

* Pemilihan dan pemrograman mata kuliah harus sesuai dengan paket keahlian khusus yang dipilih pada

semester sebelumnya.

**Penulisan Al-Bahts al-Ilmi (Skripsi) diperbolehkan menggunakan bahasa Arab atau bahasa Indonesia,

sedangkan presentasi hasil penelitian dalam sidang ujian harus dituliskan dan dipaparkan menggunakan

bahasa Arab. Artikel untuk jurnal ditulis sesuai bahasa yang digunakan dalam penulisan skripsi. Teknik pelaksanaan perkuliahan mengikuti ketentuan dalam Pedoman Pendidikan UM yang berlaku.

*** Pemrograman matakuliah PLP, mengikuti ketentuan dalam Pedoman Pendidikan UM yang berlaku.

**** Pemrograman matakuliah KKN, mengikuti ketentuan dalam Pedoman Pendidikan UM yang berlaku.

 

  1. Semester VIII
No Sandi Nama Matakuliah Jumlah sks/js Prasyarat
1. PARA6602 Al-Bahts al-Ilmi (skripsi)* 6 PARA6601
2. UPLP6090 Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)*** 4 PARA66505
3. UKNN6090 Kuliah Kerja Nyata (KKN)** ** 4
Jumlah 4-14 sks  

* Penulisan Al-Bahts al-Ilmi (Skripsi) diperbolehkan menggunakan bahasa Arab atau bahasa Indonesia,

sedangkan presentasi hasil penelitian dalam sidang ujian harus dituliskan dan dipaparkan menggunakan

bahasa Arab. Artikel untuk jurnal ditulis sesuai bahasa yang digunakan dalam penulisan skripsi. Teknik pelaksanaan perkuliahan mengikuti ketentuan dalam Pedoman Pendidikan UM yang berlaku.

** Pemrograman matakuliah PLP, mengikuti ketentuan dalam Pedoman Pendidikan UM yang berlaku.

*** Pemrograman matakuliah KKN, mengikuti ketentuan dalam Pedoman Pendidikan UM yang berlaku.

 

  1. PANDUAN EKUIVALENSI MATAKULIAH

PANDUAN EKUIVALENSI MATAKULIAH

PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN BAHASA ARAB

DARI KURIKULUM 2017 KE KURIKULUM 2018

 

No Kurikulum 2017 Kurikulum 2018
Sandi Matakuliah Sks Sandi Matakuliah Sks
1 UMPK601 Pendidikan Agama Islam 2 UNIV6001 Pendidikan Agama Islam 3
2 UMPK606 Pendidikan Pancasila 2 UNIV6007 Pendidikan Pancasila 2
3 UMPK607 Pendidikan Kewarganegaraan 2 UNIV6008 Pendidikan Kewarganegaraan 2
4 UMPK608 Bahasa Indonesia Keilmuan 2 UNIV6009 Pendidikan Bahasa Indonesia 2
5 FSAS601 Pengantar Filsafat Ilmu 2 FSAS6001 Pengantar Filsafat Ilmu 2
6 UMKK601 Pengantar Pendidikan 3 UNIV6011 Pengantar Pendidikan 3
7 UMKK602 Perkembangan Peserta Didik 3 UNIV6012 Perkembangan Peserta Didik 3
8 UMKK603 Belajar dan Pembelajaran 4 UNIV6013 Belajar dan Pembelajaran 4
9 PARA601 Ilmu Lughah 2 PARA6101 Ilmu Lughah 2
10 PARA602 Ilmu Ashwat 2 PARA6102 Ilmu Ashwat 2
11 PARA603 Ilmu Dilalah 2 PARA6103 Ilmu Dilalah 2
12 PARA604 Tathbiq Sharfi Ibtida’i 2 PARA6106 Tathbiq Sharfi Ibtida’i 2
13 PARA605 Tathbiq Sharfi Tsanawi 2 PARA6107 Tathbiq Sharfi Tsanawi 2
14 PARA606 Tathbiq Nahwi Ibtida’i 2 PARA6108 Tathbiq Nahwi Ibtida’i 2
15 PARA607 Tathbiq Nahwi Tsanawi 2 PARA6109 Tathbiq Nahwi Tsanawi 2
16 PARA608 Qawa’id Syamilah 2 PARA6422 Qawa’id Syamilah 2
17 PARA609 Tarikh Adab 2 PARA6201 Tarikh Adab 2
18 PARA610 Al-Ma’ani 2 PARA6202 Al-Ma`ani 2
19 PARA611 Al-Bayan wa Al-Badi’ 2 PARA6203 Al-Bayan wa Al-Badi` 2
20 PARA612 Dirasah Natsriyah 2 PARA6204 Dirasah Natsriyah 2
21 PARA613 Dirasah Syi’riyah 2 PARA6205 Dirasah Syi’riyah 2
22 PARA614 Jughrafiya 2 PARA6301 Jughrafiya 2
23 PARA615 Tarikh Hadharah 2 FSAS6002 Manusia dan Kebudayaan Indonesia 2
24 PARA616 Tafahum Tsaqafi 2 PARA6302 Tafahum Tsaqafi 2
25 PARA617 Istima’ Mukatstsaf Ibtida’i 2 PARA6401 Istima’ Mukatstsaf Ibtida`i 2
26 PARA618 Istima’ Mukatstsaf Tsanawi 2 PARA6402 Istima’ Mukatstsaf Tsanawi 2
27 PARA619 Kalam Mukatstsaf Ibtida’i 2 PARA6403 Kalam Mukatstsaf Ibtida’i 2
28 PARA620 Kalam Mukatstsaf Tsanawi 2 PARA6404 Kalam Mukatstsaf Tsanawi 2
29 PARA621 Tathbiq Mufradat 2 PARA6405 Tathbiq Mufradat 2
30 PARA622 Qira’ah Mukatstsafah Ibtidaiyah 2 PARA6406 Qira’ah Mukatstsafah Ibtida’iyah 2
31 PARA623 Qira’ah Mukatstsafah Tsanawiyah 2 PARA6407 Qira’ah Mukatstsafah Tsanawiyah 2
32 PARA624 Kitabah Mukatstsafah Ibtidaiyah 2 PARA6408 Kitabah Mukatstsafah Ibtida’iyah 2
33 PARA625 Kitabah Mukatstsafah Tsanawiyah 2 PARA6409 Kitabah Mukatstsafah Tsanawiyah 2
34 PARA626 Tarkib Mukatsaf Ibtida’i 2 PARA6104 Tarkib Mukatstsaf Ibtida’i 2
35 PARA627 Tarkib Mukatsaf Tsanawi 2 PARA6105 Tarkib Mukatstsaf Tsanawi 2
36 PARA628 Tajwid Tilawah wa Kitabatil Qur’an 2 PARA6110 Tajwid Tilawah wa Kitabatil Qur’an 2
37 PARA629 Khath-Imlak 2 PARA6111 Khath-Imlak 2
38 PARA630 Amtsal Arabiyah 2
39 PARA631 Istima’ Ibtida’i 2 PARA6410 Istima’ Ibtida’i 2
40 PARA632 Istima’ Tsanawi 2 PARA6411 Istima’ Tsanawi 2
41 PARA633 Kalam Ibtida’i 2 PARA6412 Kalam Ibtida’i 2
42 PARA634 Kalam Tsanawi 2 PARA6413 Kalam Tsanawi 2
43 PARA635 Khathabah 2 PARA6414 Khathabah 2
44 PARA636 Qira’ah Ibtida’iyah 2 PARA6415 Qira’ah Ibtida’iyah 2
45 PARA637 Qira’ah Tsanawiyah 2 PARA6416 Qira’ah Tsanawiyah 2
46 PARA638 Qiraah Al-Nushush Al-Turatsiyyah 2 PARA6417 Qiraah Muwassa’ah 2
47 PARA639 Qira’ah Al-Nushush Al-‘Ashriyyah 2
48 PARA640 Kitabah Ibtida’iyah 2 PARA6418 Kitabah Ibtida’iyah 2
49 PARA641 Kitabah Tsanawiyah 2 PARA6419 Kitabah Tsanawiyah 2
50 PARA642 Kitabah Maqalah 2 PARA6420 Kitabah Maqalah 2
51 PARA643 Tarjamah 2 PARA6421 Tarjamah 2
52 PARA644 Ikhtibar Syamil 3 PARA6423 Ikhtibar Syamil 0
53 PARA645 Tariqah Tadris Lughah 3 PARA6501 Tariqah Tadris Lughah 3
54 PARA646 Wasail Tadris 2 PARA6502 Wasail Tadris 3
55 PARA647 Taqwim 2 PARA6503 Taqwim 3
56 PARA648 Manahij wa Kutub Madrasiyah 3 PARA6504 Manahij wa Kutub Madrasiyah 3
57 PARA649 Tadris Mushaghar 2 PARA6505 Tadris Mushaghar 3
58 PARA650 Thariqah Bahts 3 PARA6601 Thariqah Bahts 3
59 PARA683 Al-Bahts al-Ilmi (Skripsi) 6 PARA6602 Al-Bahts Al-Ilmi (skripsi) 6
60 UKPL601 Kajian dan Praktik Lapangan  (KPL) 4 UPLP6090 Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 4
61 UKKN601 Kuliah Kerja Nyata (KKN) 4 UKKN6090 Kuliah Kerja Nyata (KKN) 4
62 UNIV6010 Manajemen Inovasi 3
Paket Pilihan Keahlian Khusus @ 12 SKS Paket Peminatan Keahlian Khusus  @ 12 SKS
Penerjemahan Penerjemahan
63 PARA651 Teknik Penerjemahan 2 PARA6701 Teknik Penerjemahan 2
64 PARA652 Latihan Penerjemahan 4 PARA6702 Latihan Penerjemahan 4
65 PARA653 Tugas Akhir Penerjemahan 4 PARA6703 Tugas Akhir Penerjemahan 4
66 PARA654 Kewirausahaan Penerjemahan 2 PARA6704 Kewirausahaan Penerjemahan 2
PAI PAI
67 PARA655 Akidah dan Akhlak 2 PARA6705 Akidah dan Akhlak 2
68 PARA656 Fikih 2 PARA6706 Fikih 2
69 PARA657 Tafsir Hadis 2 PARA6707 Tafsir Hadis 2
70 PARA658 Metodologi PAI 2 PARA6708 Metodologi PAI 2
71 PARA659 Pembelajaran BA Qur’ani 2 PARA6709 Pembelajaran BA Qur’ani 2
72 PARA660 Kewirausahaan PAI 2 PARA6710 Kewirausahaan PAI 2
Kaligrafi Kaligrafi
73 PARA661 Khat Naskhi dan Riq’i 3 PARA6711 Khat Naskhi dan Riq’i 3
74 PARA662 Khat Tsuluts dan Diwani 3 PARA6712 Khat Tsuluts dan Diwani 3
75 PARA663 Khat Kufi dan Farisi 2 PARA6713 Khat Kufi dan Farisi 2
76 PARA664 Ragam Teknik Seni Rupa Khat Arab 2 PARA6714 Ragam Teknik Seni Rupa Khat Arab 2
77 PARA665 Kewirausahaan Kaligrafi 2 PARA6715 Kewirausahaan Kaligrafi 2
Bahasa Arab untuk Anak (ALA) Bahasa Arab untuk Anak (ALA)
78 PARA666 Pembelajaran Baca-tulis Huruf Arab 2 PARA6716 Pembelajaran Baca-tulis Huruf Arab 2
79 PARA667 Strategi Pembelajaran ALA 2 PARA6717 Strategi Pembelajaran ALA 2
80 PARA668 Psikologi Anak 2 PARA6718 Psikologi Anak 2
81 PARA669 Pengembangan Materi ALA 2 PARA6719 Pengembangan Materi ALA 2
82 PARA670 Pengembangan Media ALA 2 PARA6720 Pengembangan Media ALA 2
83 PARA671 Kewirausahaan ALA 2 PARA6721 Kewirausahaan ALA 2
Komputer dan Internet  Komputer dan Internet 
84 PARA672 Desain Grafis 2 PARA6722 Desain Grafis 2
85 PARA673 Multimedia 2 PARA6723 Multimedia 2
86 PARA674 Internet 2 PARA6724 Internet 2
87 PARA675 Produksi Multi Media PBA 4 PARA6725 Produksi Multi Media PBA 4
88 PARA676 Kewirausahaan Komputer dan Internet 2 PARA6726 Kewirausahaan Komputer dan Internet 2
Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus
89 PARA677 Bahasa Arab untuk Haji dan Umrah 2 PARA6727 Bahasa Arab untuk Haji dan Umrah 2
90 PARA678 Bahasa Arab untuk  Penerjemah Lisan 2 PARA6728 Bahasa Arab untuk  Penerjemah Lisan 2
91 PARA679 Bahasa Arab Media Masa 2 PARA6729 Bahasa Arab Media Masa 2
92 PARA680 Bahasa Arab Pariwisata 2 PARA6730 Bahasa Arab Pariwisata 2
93 PARA681 Bahasa Arab Dunia Usaha 2 PARA6731 Bahasa Arab Dunia Usaha 2
94 PARA682 Kewirausahaan Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus 2 PARA6732 Kewirausahaan Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus 2
Bahasa Indonesia untuk Penutur Arab (BIPAR)
95 PARA6733 BI sebagai Bahasa Asing 2
96 PARA6734 Tsaqafah Indunisia 2
97 PARA6735 Program BI sebagai Bahasa Asing 2
98 PARA6736 Pengembangan Sumber Belajar BIPAR 2
99 PARA6737 Strategi Pembelajaran BI sebagai Bahasa Asing 2
100 PARA6738 Kewirausahaan Bahasa Indonesia untuk Penutur Arab 2
TOTAL 150 TOTAL 150

 

  1. DAFTAR DOSEN JURUSAN SASTRA ARAB

 

DAFTAR DOSEN TETAP PNS

JURUSAN SASTRA ARAB TAHUN 2018

 

No N a m a Sandi Baru Alamat No. Telepon
  1. Prof. Drs. Muhaiban

NIP 19520222 197903 1 001

NIDN: 0022025201

792301 Perum Landungsari Asri C-60, Malang 65151

Email: muhaiban.fs@um.ac.id

460605

0817530107

  2. Drs. M. Syatibi Nawawi., M.Pd

NIP 19540807 198002 1 001

NIDN: 0007085404

802309 Jl. Joyosuko I/5B, Merjosari Malang 65144

Email: m.syathibi.fs@um.ac.id

581580

08170901650

  3. Prof. Dr. Nurul Murtadho., M.Pd

NIP 19600717 198601 1 001

NIDN: 0017076008

862311 Jl. Teluk Cendrawasih 21A Arjosari Malang

Email: nurul.murtadho.fs@um.ac.id

08123398402
  4. Dr. Moh. Khasairi., M.Pd

NIP 19610902 198601 1 001

NIDN: 0002096103

862311 Jl. Gading Pesantren 45, Malang 65115

Email: moh.khasairi.fs@um.ac.id

568661

08123320921

  5. Prof. Dr. Imam Asrori., M.Pd

NIP 19631115 198601 1 001

NIDN: 0015116306

862306 Perum Bunul Asri A-62, Bunulrejo Malang 65123

Email: imam.asrori.fs@um.ac.id

476384

081217710163

  6. Prof. Dr. Moh. Ainin., M.Pd

NIP 19600401 198701 1 001

NIDN: 0001046009

872307 Jl. Simpang Sunan Kalijaga V No 3 Malang

Email: moh.ainin.fs@um.ac.id

08125224830

085258724828

  7. Dr. Irhamni., M.Pd

NIP 19650709 198812 1 001

NIDN: 0009076505

862312 Desa Sememek Kebon Agung Malang

Email: irhamni.fs@um.ac.id

085646856172
  8. Dr. Nurhidayati., M.Pd

NIP 19650828 198812 2 001

NIDN: 0028086508

882313 Jl. Terusan Ambarawa VII/2, Malang 65145

Email: nurhidayati.fs@um.ac.id

586613

081233277025

  9. Dr. Kholisin., M.Hum

NIP 19651209 199002 1 001

NIDN: 0009126506

902310 Jl. Masjid 34 RT. 21 Kuwolu Bululawang Malang 65171

Email: kholisin.fs@um.ac.id

08155510335

082139847828

10. Dra. Nur Anisah Ridwan., M.Pd

NIP 19640423 199803 2 001

NIDN: 0023046401

982313 Jl. Panjaitan 17C No.69, Malang

Email: nur.anisah.fs@um.ac.id

081267706664
11. Achmad Tohe, M.A., Ph.D

NIP 19730921 199803 1 001

NIDN: 0021097303

982315 Jl. Bantaran Indah Blok D No. 1 Tulusrejo Lowokwaru Malang

Email: achmad.tohe.fs@um.ac.id

08123315331

082232303181

12. Dr. Hanik Mahliatussikah., M.Hum

NIP 19740427 199803 2 002

NIDN: 0027047405

982317 Jl. Tirto Mulyo V/10, RT. 02 RW.09 Landungsari Dau Malang

Email: hanik.mahliatussikah.fs@um.ac.id

085855120880

081252555374

13. Dr. Lilik Nur Kholidah., M.Pd.I

NIP 19771101 200212 2 003

NIDN: 0001117702

022316 Perum Bukit Cemara Tidar Blok E4 No. 7 Malang

Email: lilik.nur.fs@um.ac.id

081615603929
14. Dr. Ahmad Munjin Nasih., M.Ag

NIP 19711210 200312 1 001

NIDN: 0010127103

032321 Jl. Bulutangkis 123 RT/RW: 5/2 Tasikmadu Lowokwaru Malang

Email: munjin.nasih.fs@um.ac.id

08125245905
15. Dr. Yusuf Hanafi., M.Fil.I

NIP 19780628 200312 1 004

NIDN: 0028067802

032324 Griya Janti Asri Kav. 6

Jl. Janti Barat Blok A Sukun, Malang

Email: yusuf.hanafi.fs@um.ac.id

496998

081334111537

081233990889

16. Laily Maziyah., S.Pd., M.Pd

NIP 19800807 200312 2 001

NIDN: 0007088001

032325 Jl. Tirtomulyo VI/1B RT 02/09 Landungsari, Dau, Malang

Email: laily.maziyah.fs@um.ac.id

08121642752

081233694145

17. Ibnu Samsul Huda, S.S, M.A.

NIP 19790818 200501 1 003

NIDN: 0018087901

052327 Perum Permata Tlogomas Blok

B17 Tlogomas, Malang 65144

Email: ibnu.samsul.fs@um.ac.id

573761

081511581321

082230158245

18. Ali Ma’sum, S.Pd., M.A

NIP 19790826 200501 1 002

NIDN: 0026087904

052331 Perum Bukit Cemara Tidar G10 No 20 Karang Besuki, Sukun, Malang

Email: ali.masum.fs@um.ac.id

08123300432
19. Moh. Ahsanuddin, S.Pd., M.Pd

NIP 19810120 200604 1 001

NIDN: 0020018103

062332 Joyo Tamansari I Gg I/15 Merjosari Malang

Email: mohammad.ahsanuddin.fs@um.ac.id

08125229077

089681037615

20. Achmad Sultoni, S.Ag., M.Pd.I.

NIP 19761103 200812 1 002

NIDN: 0003117610

084321 Perum Uniga 15 Joyosari Merjosari Lowokwaru Malang

Email: achmad.sultoni.fs@um.ac.id

081331895524
21. Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd

NIP 19820711 201404 1 001

NIDN: 0011078204

142199 Jl. Notojoyo 20 Gondang RT/RW 01/01 Tegalgondo, Karangploso, Malang

Email: muhammadalfan99@gmail.com

085784899959
22. Titis Thoriquttyas., M.Pd.I

NIP 19920118 201803 1 001

NIDN:

2306 Perumahan Jembawan, Blok 3E No 27 Sawojajar malang

Email: titisthoriq.fs@um.ac.id

085649623498

 

DAFTAR DOSEN TETAP NON PNS

JURUSAN SASTRA ARAB TAHUN 2018

No N a m a Sandi Alamat No. Telepon
1. Abdul Adzim Irsyad., L.c., M.Pd. 2333 Perum Gadang Cahaya Raya A/4 Malang

Email: azzimi@yahoo.com

08123470831
2. Faris Khoirul Anam, Lc., M.H.I., 2301 Jl. Arif Rahman Hakim V/73 Malang

Email: fk_anam@yahoo.com

081230503236
3. Moch. Wahib Dariyadi, S.Pd., M.Pd 2390 Perum Palmira Graha A2 Jl. Joyo Agung Merjosari Malang Email: wahib_dr@yahoo.com 081333991883
4. Moh. Fauzan, S.Pd, M.Pd.I 2392 Dsn. Maqbul Rt 014/004 Ds. Kuwolu Kec. Bululawang Kab. Malang

Email: fao_1984@yahoo.com

085646383034

 

  1. DAFTAR DOSEN TETAP BERDASARKAN KELOMPOK BIDANG KEAHLIAN (KBK)

 

No N a m a Sandi

dosen

Kelompok Bidang Keahlian I Kelompok Bidang Keahlian II
 1.  

Prof. Drs. Muhaiban

 

792301 Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Bahasa dan Sastra Arab
 2.  

Drs. M. Syatibi Nawawi., M.Pd

 

802309 Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Bahasa dan Sastra Arab
 3. Prof. Dr. Nurul Murtadho., M.Pd

 

862311 Bahasa dan Sastra Arab Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
 4. Dr. Moh. Khasairi., M.Pd

 

862311 Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Bahasa dan Sastra Arab
 5. Prof. Dr. Imam Asrori., M.Pd

 

862306 Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Bahasa dan Sastra Arab
 6. Prof. Dr. Moh. Ainin., M.Pd

 

872307 Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Bahasa dan Sastra Arab
 7. Dr. Irhamni., M.Pd

 

862312 Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Bahasa dan Sastra Arab
 8. Dr. Nurhidayati., M.Pd

 

882313 Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Bahasa dan Sastra Arab
 9. Dr. Kholisin., M.Hum

 

902310 Bahasa dan Sastra Arab Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
10. Dra. Nur Anisah Ridwan., M.Pd

 

982313 Bahasa dan Sastra Arab Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
11. Achmad Tohe, M.A., Ph.D

 

982315 Studi Islam Bahasa dan Sastra Arab
12. Dr. Hanik Mahliatussikah., M.Hum

 

982317 Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Bahasa dan Sastra Arab
13. Dr. Lilik Nur Kholidah., M.Pd.I

 

022316 Studi Islam Pendidikan Agama Islam
14. Dr. Ahmad Munjin Nasih., M.Ag

 

032321 Studi Islam Pendidikan Agama Islam
15. Dr. Yusuf Hanafi., M.Fil.I

 

032324 Studi Islam Pendidikan Agama Islam
16. Laily Maziyah., S.Pd., M.Pd

 

032325 Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Bahasa dan Sastra Arab
17. Ibnu Samsul Huda, S.S, M.A.

 

052327 Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Bahasa dan Sastra Arab
18. Ali Ma’sum, S.Pd., M.A

 

052331 Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Bahasa dan Sastra Arab
19. Moh. Ahsanuddin, S.Pd., M.Pd

 

062332 Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Bahasa dan Sastra Arab
20. Achmad Sultoni, S.Ag., M.Pd.I.

 

084321 Studi Islam Pendidikan Agama Islam
21. Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd

 

142199 Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Bahasa dan Sastra Arab
22. Titis Thoriquttyas., M.Pd.I

 

2306 Studi Islam Pendidikan Agama Islam
23. Abdul Adzim Irsyad., L.c., M.Pd. 2333 Studi Islam Pendidikan Agama Islam
24. Faris Khoirul Anam, Lc., M.H.I., 2301 Studi Islam Pendidikan Agama Islam
25. Moch. Wahib Dariyadi, S.Pd., M.Pd 2390 Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Bahasa dan Sastra Arab
26. Moh. Fauzan, S.Pd, M.Pd.I 2392 Studi Islam Pendidikan Agama Islam