Program 3+1 adalah program pertukaran antara mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin dengan Guangxi Normal University yang mana pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan di universitas mitra selama satu tahun tanpa mengurangi jumlah SKS yang ditempuh mahasiswa. Dengan kata lain mahasiswa menempuh matakuliah selama dua semester atau satu tahun di universitas mitra sesuai dengan kontrak kurikulum tahun masuk. Mahasiswa yang dapat mengikuti program selama satu tahun kedepan adalah mahasiswa angkatan 2017 dengan IPK minimal 3.0 dan bersedia memenuhi prosedur ijin tinggal di Tiongkok serta peraturan di Guangxi Normal University imbuh Koorprodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Drs. Tiksno Widyatmoko, M.A.

Sosialisasi yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Mei 2018 di Aula Gedung E6 Fakultas Sastra UM dihadiri oleh 28 mahasiswa Prodi. Pendidikan Bahasa Mandarin. Dengan didampingi oleh orangtua kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan Program 3+1 Kerjasama Pertukaraan Mahasiswa dan wawasan tentang universitas mitra serta apa saja manfaat mengikuti program ini. Dijelaskan oleh Dr. Primardiana HW, M.Pd selaku Wakil Dekan 1 Bidang Akademik FS UM bahwa Program 3+1 memberikan pengalaman belajar Bahasa Mandarin dengan berinteraksi ditengah-tengah masyarakat Tiongkok tentunya lebih membekas bagi mahasiswa kita.

Beberapa pertanyaan terkait izin tinggal, biaya selama mengikuti program, asuransi, keamanan, dan tiket pesawat dilontarkan oleh para orangtua kemudian di jawab oleh Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, Katua Jurusan Sastra Jerman, dan Koorprodi Pendidikan Bahasa Mandarin secara bergantian bahwa mahasiswa perlu menyiapkan Pasport, Visa, dan biaya pemondokan serta makan yang tidak jauh beda dengan Kota Malang. Pasport dapat diurus sendiri, sedangkan Visa dan asuransi dapat titip biaya pada Unit Hubungan Internasional UM berdasarkan rokomendasi Fakultas Sastra. UKT tetep dibayarkan ke UM pada setiap awal semester sesuai besaran UKT masing-masing mahasiswa karena di Guangxi Normal University mahasiswa sudah tidak ditarik biaya.

Tambahan dari WD 1, mahasiswa Guangxi Normal University yang berminat belajar di UM sebanyak 25 orang tetapi hanya dapat diterima 10 orang karena kapasitas pemondokan mahasiswa internasional yang dimiliki sudah terisi mahasiswa dari negara lain sehingga jumlah mahasiswa FS yang dikirim ke Guangxi Normal University harus berimbang sejumlah 10 orang. Untuk itu pendaftaran Program 3+1 dibuka mulai 21 Mei 2018 sampai terpenuhi kuota 10 orang mahasiswa. Jadwal selanjutnya adalah pengurusan Pasport, Visa, dan Tiket Pesawat yang terjawal awal dari Bulan Juli sampai keberangkatan pada awal September 2018.