PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI TARI DAN MUSIK
JURUSAN SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SASTRA
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
- A. Nama Program Studi
Prodi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni Desain FS-UM
- Visi dan Misi Program Studi Desain Komunikasi Visual
- VISI
Mengacu pada katalog Jurusan Seni dan Desain, bahwa visi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, (2015:89) adalah: “Menjadi perguruan tinggi unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi” dan visi Fakultas Sastra UM yaitu “Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi unggul di wilayah Indonesia Timur tahun 2019. Dalam pengembangan ilmu kependidikan dan non-kependidikan dalam bidang humaniora, seni, desain, dan keagamaan yang peduli terhadap nilai kemanusiaan”. Konsep visi, misi, tujuan dan sasaran program studi dirumuskan bersama antara Gugus Penjamin Mutu ditingkat jurusan / program studi, dengan pimpinan jurusan dan dosen Desain Komunikasi Visual. Bertolak dari rumusan tersebut di atas maka visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dapat dirumuskan. Selanjutnya, rumusan yang telah dihasilkan, disepakati, dan ditetapkan, serta disosialisasikan kepada seluruh civitas akademik program studi Desain Komunikasi Visual untuk memperoleh tanggapan, masukan, dan kritikan demi penyempurnaannya. Hasil akhir dari visi, misi, tujuan, dan sasaran dalam media cetak serta elekronik berupa katalog Jurusan Seni dan Desain yang di dalamnya tersirat Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, serta dilengkapi dengan Website JSD, X banner, media social, dan poster.
- MISI
Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang atau disingkat DKV JSD FS-UM memiliki misi menjadi program studi yang unggul dan menjadi rujukan dalam proses penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi bidang ilmu desain komunikasi visual yang berorientasi pada budaya lokal dan pendayagunaan teknologi informasi yang mempertimbangkan nilai-nilai kemanusiaan. Secara terperinci misi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang menyiapkan lulusan mahasiswa strata satu atau tingkat sarjana (S-1) yang memenuhi kebutuhan profesi melalui Penyelengaraan bidang:
- Memiliki kemampuan dan keterampilan desain, khususnya bidang; media grafis, media interaktif, media audio visual, ataupun media alternatif,
- Memiliki keunggulan wawasan dan keterampilan (skill) dalam bidang desain komunikasi visual yang berorientasi pada interaksi antara manusia dengan objek dalam konteks local content terkait dengan aspek teknologi, lingkungan, sosial, dan ruang lingkup budaya,
- Memiliki karakter dan kompetensi sebagai praktisi bidang industri kreatif yang positif dan agen perubahan social serta budaya dan lingkungan dalam masyarakat,
- Memiliki kemampuan untuk mengolah, mengembangkan, dan mengkomuni-kasikan konsep kreatif yang akan digunakan dalam pengembangan karya desain komunikasi visual,
- Memiliki kemampuan menyiapkan karya desain akhir (final artwork) untuk direproduksi guna kepentingan masyarakat,
- Memiliki kemampuan melakukan prosedur formal yang berhubungan dengan sistem untuk mendokumentasikan proyek desain komunikasi visual pada industri kreatif,
- Memiliki kemampuan dalam mengoperasikan perangkat media audio visual serta kemampuan mempersiapkan media audio visual untuk platform (video, televisi, internet dan lain sebagainya) di industri desain kreatif,
- Memiliki kemampuan dalam meningkatkan citra yang berkualitas baik dalam bentuk materi media cetak maupun audio visual
- Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dengan mengutamakan objektivitas baik dalam mengambil keputusan, memahami pentingnya waktu (kedisiplinan), dan pentingnya peranan orang lain (team work),
- Memiliki kemampuan dalam menciptakan lapangan kerja (wirausahawan) maupun sebagai pekerja desain di bidang industri kreatif,
- Memiliki keunggulan dalam menghasilkan pengetahuan berbasis penelitian dan pengembangan (research and development) dalam bidang desain komunikasi visual, baik berupa karya ilmiah, rancangan karya, maupun program terapan yang memiliki pemanfaatan luas
- TUJUAN
Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (DKV JSD FS-UM) dalam penyelenggaran pembelajaran program S-1 mempunyai tujuan sebagai berikut:
- Menghasilkan lulusan yang cerdas, religius, berakhlak mulya, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional dalam bidang ilmu desain komunikasi visual,
- Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dan menjadi rujukan dalam bidang ilmu desain komunikasi visual,
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan dalam bidang ilmu desain komunikasi visual,
- Menghasilkan kinerja program studi desain komunikasi visual yang efektif dan efisien untuk menjamin pertumbuhan kualitas dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang berkelanjutan.
- PROFIL LULUSAN
Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang disiapkan menjadi Sumber Daya Manusia yang memiliki kualitas manajerial yang tanggap terhadap perkembangan zaman dan responsif terhadap kaidah dan norma ketimuran. Kualifikasi utama tersebut diharapkan memiliki kemampuan dalam menyikapi terhadap permasalahan lingkungan yang divisualisasikan pada karya nyata sesuai spesifikasi bidang desain komunikasi yang dipilih. Kewenangan lulusan tersebut secara rinci tertulis pada Standar Kompetensi Lulusan dan Capaian Pendidikan. Adapun standar kompetensi lulusan dalam Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, dapat tersusun sebagai berikut:
- Pendidikan dan pembelajaran dalam bidang ilmu Desain Komunikasi Visual yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.
- Penelitian dalam bidang bidang ilmu Desain Komunikasi Visual dan hasil temuannya bermanfaat bagi pengembangan ilmu serta kesejahteraan masyarakat,
- Pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Desain Komunikasi Visual yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat,
- Tata pamong Program Studi Desain Komunikasi Visual yang akuntabel dan transparan untuk menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.
- RUMUSAN SCPL
Program Studi Desain Komunikasi visual memiliki rumusan SCPL
- Memiliki kemampuan perancangan untuk memecahkan berbagai masalah dalam bentuk karya desain
- Mengelola bisnis desain komunikasi visual
- Memiliki penguasaan dalam menyelesaikan masalah desain komunikasi visual melalui karya ilmiah
- STRUKTUR KURIKULUM
I Matakuliah Dasar Pengembangan Karakter (MDPK) 16 SKS
II Matakuliah Wajib Keilmuan (MWK) 121 SKS
- Mata Kuliah Keilmuan 33 Sks
- Mata Kuliah Ketrampilan 88 Sks
III Matakuliah Peminatan Dan Pengembangan Diri (MPPD) 10 SKS
TOTAL 147 SKS
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS | JS | SEMESTER | T/P | Status | Prasyarat | ||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | inti | Inst | |||||||
1. MATA KULIAH DASAR PENGEMBANGAN KARAKTER | ||||||||||||||||
1 | UNIV6001 | Pendidikan Agama Islam* | 3 | 3 | 3 | T | ü | |||||||||
2 | UNIV6002 | Pendidikan Agama Protestan* | 3 | 3 | 3 | T | ü | |||||||||
3 | UNIV6003 | Pendidikan Agama Katolik” | 3 | 3 | 3 | T | ü | |||||||||
4 | UNIV6004 | Pendidikan Agama Hindu* | 3 | 3 | 3 | T | ü | |||||||||
5 | UNIV6005 | Pendidikan Agama Budha* | 3 | 3 | 3 | T | ü | |||||||||
6 | UNIV6006 | Pendidikan Agama Konghuchu* | 3 | 3 | 3 | T | ü | |||||||||
7 | UNIV6007 | Pendidikan Pancasila | 2 | 2 | 2 | T | ü | |||||||||
8 | UNIV6008 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | T | ü | |||||||||
9 | UNIV6009 | Bahasa Indonesia | 2 | 2 | 2 | T | ü | |||||||||
10 | UNIV6010 | Manajemen Inovasi | 3 | 3 | 3 | T | ü | |||||||||
2. MATA KULIAH KEILMUAN DAN KETRAMPILAN (MKK) | ||||||||||||||||
10 | FSAS6001 | Pengantar Filsafat Ilmu | 2 | 2 | 2 | T | ü | |||||||||
11 | FSAS6002 | Manusia Dan Kebudayaan Indonesia | 2 | 2 | 2 | T | ü | |||||||||
12 | DKVI6001 | Ilmu Komunikasi | 2 | 2 | 2 | T | ü | |||||||||
13 | DKVI6038 | Nirmana 2 Dimensi | 3 | 4 | 3 | P | ü | |||||||||
14 | DKVI6039 | Nirmana 3 Dimensi | 3 | 4 | 3 | P | ü | DKVI6038 | ||||||||
15 | DKVI6040 | Estetika | 2 | 2 | 2 | T | ü | |||||||||
16 | DKVI6002 | Etika Desain | 2 | 2 | 2 | T | ü | DKVI6040 | ||||||||
17 | DKVI6003 | Gambar Sket | 3 | 4 | 3 | P | ü | |||||||||
18 | DKVI6004 | Tipografi | 3 | 4 | 3 | P | ü | |||||||||
19 | DKVI6005 | Gambar Teknik dan CAD | 3 | 4 | 3 | P | ü | |||||||||
20 | DKVI6041 | Fotografi | 3 | 4 | 3 | P | ü | |||||||||
21 | DKVI6042 | Videografi | 3 | 4 | 3 | P | ü | DKVI6041 | ||||||||
22 | DKVI6006 | Illustrasi | 3 | 4 | 3 | P | ü | |||||||||
23 | DKVI6007 | Tinjauan Desain Nusantara | 2 | 2 | 2 | T | ü | |||||||||
24 | DKVI6008 | Tinjauan Desain Barat/ mancanegara | 2 | 2 | 2 | T | ü | |||||||||
25 | DKVI6009 | Metodologi Desain | 2 | 2 | 2 | T | ü | |||||||||
26 | DKVI6010 | Metode Reprografika | 3 | 4 | 3 | P | ü | |||||||||
27 | DKVI6042 | Kapita Selekta Budaya Nusantara | 2 | 3 | 2 | TP | ü | |||||||||
28 | DKVI6011 | Manajemen Periklanan | 2 | 2 | 2 | T | ü | |||||||||
29 | DKVI6012 | Kewirausahaan | 2 | 3 | 2 | TP | ü | |||||||||
30 | DKVI6043 | Metodologi Penelitian | 3 | 4 | 3 | T | ü | |||||||||
31 | DKVI6044 | Proposal Penelitian | 3 | 4 | 3 | T | ü | |||||||||
32 | DKVI6013 | Semiotika | 2 | 2 | 2 | T | ü | |||||||||
3. MATAKULIAH KEAHLIAN BERKARYA (MKB) | ||||||||||||||||
33 | DKVI6014 | Bahasa dan Sistem Tanda Visual | 4 | 6 | 4 | TP | ü | |||||||||
34 | DKVI6015 | Identitas Korporat | 4 | 6 | 4 | TP | ü | DKVI6014 | ||||||||
35 | DKVI6016 | Media dan Perwajahan | 4 | 6 | 4 | TP | ü | DKVI6015 | ||||||||
36 | DKVI6017 | Reposisi dan Positioning Produk | 4 | 6 | 4 | TP | ü | DKVI6016 | ||||||||
37 | DKVI6018 | Porto Folio | 4 | 6 | 4 | TP | ü | DKVI6017 | ||||||||
38 | DKVI6019 | copywriting | 3 | 4 | 3 | TP | ü | |||||||||
39 | DKVI6020 | Visual Merchandising | 3 | 4 | 3 | P | ü | |||||||||
40 | DKVI6021 | Desain Kemasan Produk | 3 | 4 | 3 | P | ü | DKVI6010 | ||||||||
41 | DKVI6022 | Budaya Visual | 3 | 4 | 3 | T | ü | |||||||||
42 | DKVI6045 | Komputer grafis | 3 | 4 | 3 | P | ü | |||||||||
43 | DKVI6023 | Multi Media Interaktif | 3 | 4 | 3 | P | ü | DKVI6045 | ||||||||
44 | DKVI6024 | Desain Web | 3 | 4 | 3 | P | ü | DKVI6046 | ||||||||
45 | DKVI6025 | Video Editing | 3 | 4 | 3 | P | ü | DKVI6042 | ||||||||
46 | DKVI6026 | Animasi | 3 | 4 | 3 | P | ü | |||||||||
47 | DKVI6027 | Kreatif Media | 3 | 4 | 3 | TP | ü | DKVI6009 | ||||||||
48 | DKVI6028 | Pameran | 4 | 4 | 4 | T | ü | |||||||||
3.17. PILIHAN DESAINER | ||||||||||||||||
49 | DKVI6029 | visual branding proyek komersial | 3 | 4 | 3 | TP | ü | |||||||||
50 | DKVI6030 | visual branding proyek non komersial | 3 | 4 | 3 | TP | ü | |||||||||
51 | DKVI6031 | visual branding proyek inisiatif | 4 | 6 | 4 | TP | ü | |||||||||
3.18. PILIHAN CREATIVE PRENEUR | ||||||||||||||||
52 | DKVI6032 | Perencanaan bisnis | 3 | 4 | 3 | TP | ü | |||||||||
53 | DKVI6033 | Bisnis Produk dan Jasa | 3 | 4 | 3 | TP | ü | |||||||||
54 | DKVI6034 | Media Pemasaran | 4 | 6 | 4 | TP | ü | |||||||||
3.19. PILIHAN RISET | ||||||||||||||||
55 | DKVI6035 | Riset Konsep Media | 3 | 4 | 3 | TP | ü | |||||||||
56 | DKVI6036 | Riset Pesan Media | 3 | 4 | 3 | TP | ü | |||||||||
57 | DKVI6037 | Riset Target Audiance | 4 | 6 | 4 | TP | ü | |||||||||
58 | DKVI6100 | Skripsi | 6 | – | 6 | T | ü | |||||||||
59 | UPKL6090 | Praktik Kerja Industri | 4 | – | 4 | P | ü | |||||||||
60 | UKKN6090 | KKN | 4 | – | 4 | TP | ü | |||||||||
KURIKULUM TEMPUH | ## | ## | 19 | 21 | 21 | 20 | 21 | 19 | 18 | 8 | 0 | 0 | 0 |