(0341)567475 literature@um.ac.id

Study tour merupakan kegiatan belajar siswa dengan langsung turun ke lapangan. Kegiatan seperti study tour ini menjadi salah satu program pembelajaran yang dilakukan SMAN 1 Puncu. Keluarga besar SMA 1 Puncu Kabupaten Kediri yang terdiri dari 206 siswa kelas XI beserta para guru dan kepala sekolah adakan kunjungan ke Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM).

Kunjungan SMAN 1 Puncu diadakan hari Kamis (05/16) bertempat di AVA. Acara dimulai pada jam 11.00 WIB. Dr. Tri Wahyuningtyas, S.Pd., M.Si. yang kerap dipanggil Bu Tri pada kesempatan kali ini menjadi narasumber sekaligus perwakilan Humas Sastra untuk mengenalkan Universitas Negeri Malang. Bu Tri menjelaskan dalam materinya terkait sejarah UM, jumlah fakultas yang ada di dalamnya, fasilitas apa saja, hingga keunggulan pada akreditasi. Beliau juga menjabarkan tentang Fakultas Sastra UM. Jalur penerimaan mahasiswa pun tidak luput dalam materi yang disampaikan oleh Bu Tri.

“Seni itu di sekolah kami merupakan suatu ikon yang cukup dikenal di Kediri. Karena kami juga merasa lebih unggul di bidang seni itu sendiri.” tutur Bapak Sukamto, S.Pd. sebagai Kepala Sekolah SMAN 1 Puncu dalam sambutannya. Hal inilah menjadi salah satu alasan terpilihnya Fakultas Sastra UM sebagai rujukan perguruan tinggi yang ingin dituju SMAN 1 Puncu.

            “Melihat banyaknya guru SMAN 1 Puncu yang menjadi alumni UM, semua juga harus mengikuti jejak bapak ibu guru. Sekaligus berharap UM menerima dari adik-adik semuanya,” harap Ibu Dr. Tri Wahyuningtyas, S.Pd., M.Si.

Gambar 1. Pemberian Cenderamata

Setelah pemberian materi oleh Ibu Dr. Tri Wahyuningtyas, S.Pd., M.Si. acara dilanjut dengan pemberian cinderamata dan foto bersama. Keluarga besar SMAN 1 Puncu diarahkan menuju pameran yang berada di Selasar Gedung D18. Pameran ini digelar oleh Program Studi Desain Komunikasi Visual UM. Bersama dengan para pengunjung lain, keluarga besar SMAN 1 Puncu menikmati dan mengapresiasi karya mahasiswa DKV UM.

“Menurut saya sangat berkesan karena pengenalan-pengenalan yang langsung kepada kampus itu sendiri. Mungkin ini juga yang dirasakan oleh anak-anak, ternyata dari jurusan-jurusan di sini akreditasinya sudah sangat bagus, dalam hal ini unggul bahkan internasional. Hal semacam ini menimbulkan daya tarik tersendiri bagi guru khususnya memberi memotivasi kepada anak,” kesan dari Kepala Sekolah SMAN 1 Puncu.

“Anak-anak diharapkan dengan berbagai kesulitan yang dihadapinya, optimis untuk melanjutkan kuliah. Ternyata beasiswanya juga banyak. Silahkan memilih jurusan yang terbaik sesuai dengan cita-cita.karena di UM ini di Sastra ini dengan keunggulan akreditasinya yang sangat baik terutama di kependidikannya. Buktinya di lapangan, lulusan dari UM benar-benar mewarnai negeri ini,” lanjutan pesan dari Bapak Sukamto.

Pewarta : Hania Nuha Tsabita

en_USEnglish