(0341)567475 literature@um.ac.id

DESIGNIUM 2023 sukses digelar dengan dihadiri oleh pembicara sekaligus pemateri seminar, Assoc. Prof. Dr. Badrul Bin Isa dari Fakultas Pendidikan Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia dan Mohammad Arief Nazaruddin, S.Sn., M.Ds. dari Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya. Design’s International Symposium atau DESIGNIUM 2023 adalah acara seminar yang diadakan secara berkala oleh Program Studi Desain dan Komunikasi Visual Universitas Negeri Malang. Tujuannya adalah untuk memperluas pengetahuan mahasiswa di luar ruang kelas. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung D14, Audio Visual Aula (AVA) pada hari Jumat (10/11).

Wakil Dekan III Fakultas Sastra, Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd. dalam sambutannya mengingatkan pentingnya kreativitas dalam proses belajar dan berpartisipasi dalam masyarakat. Kemampuan untuk berpikir dan bertindak kreatif menjadi poin yang dibutuhkan di era serba cepat seperti sekarang.

Selaras dengan sambutan WD III FS, Andreas Syah Pahlevi, S.Sn., M.Sn. yang menjabat sebagai Sekretaris Departemen Seni dan Desain, juga memberikan sambutan dan berharap agar mahasiswa dapat memaksimalkan manfaat dari seminar semacam ini. Beliau menggarisbawahi bahwa pendidikan seni memainkan peran yang signifikan dalam industri kreatif yang besar. “Seminar dan kuliah tamu merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk menambah pengalaman dan pengetahuan di luar lingkungan perkuliahan. Mahasiswa seharusnya mengambil peluang ini semaksimal mungkin,” ungkap beliau.

Acara ini dipandu oleh Joni Agung Sudarmanto, S.Sn., M.Ds., dan mencakup dua topik besar, yaitu Creative Industry and Immersive Media. Sesi penyampaian materi dilakukan selama dua jam penuh, diikuti oleh sesi tanya jawab yang melibatkan partisipasi mahasiswa. Acara diakhiri dengan momen berbagi foto bersama. Harapannya, seminar DESIGNIUM 2023 dapat memberikan pengetahuan dan wawasan yang berharga bagi semua peserta, membantu mahasiswa dalam memahami perkembangan terbaru dalam industri kreatif dan teknologi media yang terus berubah dan memengaruhi dunia sekitar mereka.

Pewarta: Indhana AF Mubarokah (Intern Humas FS UM)

en_USEnglish