(0341)567475 literature@um.ac.id

Malang, 20 Agustus 2024 – Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang sukses melaksanakan workshop dengan tema “Menggali Kekayaan Sastra Mandarin: Pendekatan Inovativ Bagi Penutur Asing” yang dihadiri oleh 19 mahasiswa dan sejumlah dosen dari Guangxi Normal University, China. Kegiatan ini merupakan wujud realisasi dari keterbukaan Fakultas Sastra dalam mendukung program pemberdayaan mahasiswa yaitu pertukaran pelajar. Hubungan  Kerjasama antara Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dengan Guangxi Normal University telah terjalin dengan sangat baik. Kedua belah pihak saling bersinergi dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan bagi setiap mahasiswa.

Workshop yang berlangsung di Laboratorium Drama Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang ini diawali dengan penampilan indah dari Neila Firdausi yang membawakan lagu khas Indonesia berjudul Kicir-Kicir serta penampilan tarian khas Tingkok yaitu Tari Qianzhan 千盏. Dalam kegiatan ini juga terdapat sambutan dari Wakil Dekan II Sastra yaitu Dr. Edy Hidayat. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Fakultas Sastra UM menerima dengan hangat dan terbuka 19 mahasiswa asing yang hendak melaksanakan program pertukaran pelajar Angkatan 4. Dengan adanya program pertukaran pelajar ini diharap dapat menjadi program berkelanjutan sekaligus ruang bagi mahasiswa Guangxi Normal University untuk bisa menimba ilmu, merasakan suasana baru, dan bertukar budaya dengan mahasiswa lainnya. Fakultas Sastra juga berkomitmen dalam memberi dukungan dan pendampingan terhadap proses adaptasi dari setiap mahasiswa asing. Terdapat fasilitas Asrama Mahasiswa Internasional yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa pertukaran pelajar Angkatan 4 Guangxi Normal University. Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata oleh Ibu Dewi Kartika kepada perwakilan dosen dari Guangxi Normal University. Kemudian kegiatan diakhiri dengan foto bersama.

Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang terus berupaya dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan secara unggul dan terpadu. Dengan adanya program pertukaran pelajar ini dapat menjadi sarana dalam mengenalkan budaya Indonesia sekaligus menambah wawasan baru bagi setiap mahasiswa asing Guangxi Normal University yang berkesempatan untuk menggali ilmu di kampus tercinta Universitas Negeri Malang.

en_USEnglish