(0341)567475 sastra@um.ac.id
Malang, 23 September 2024 – Universitas Negeri Malang (UM) sukses menggelar RAKERNAS PROBSI CENDEKIA 2024 dan Seminar Internasional Bahasa-Sastra Indonesia pada Senin, 23 September 2024. Acara yang bertemakan “Bahasa-Sastra Indonesia dan SDGs dalam Dinamika Lokalitas dan Globalitas” ini berlangsung meriah di Aula Gedung A20 UM.
Seminar internasional ini menghadirkan pemateri-pemateri ternama dari berbagai universitas, baik dalam maupun luar negeri. Di antaranya, Associate Prof. Dr. Sabzalli Musa Kahn dari University Malaya yang membahas seni visual dalam konteks tantangan masa kini. Selain itu, Dr. Ariani Selviana Pardosi, M.Pd dari JISU China menyoroti minat dan perkembangan Bahasa Indonesia di Tiongkok. Tidak ketinggalan, para akademisi dari Indonesia seperti Dr. Dwi Sulistyorini, S.S, M.Hum dari UM dan Dr. Pujiharto, M.Hum dari UGM juga turut memberikan paparan yang menarik. Seminar ini juga dimeriahkan oleh kehadiran Tom Hoogervorst dari Belanda yang berbagi penelitiannya tentang Bahasa Jawa.
Acara yang berlangsung selama tujuh jam ini dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari wakil petinggi UM, petinggi Fakultas Sastra UM, para pemakalah, peserta dari berbagai universitas, hingga mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2021-2024. Selain paparan dari para ahli, seminar ini juga menyajikan pertunjukan seni yang memukau dari mahasiswa BSI berupa pembacaan puisi, tarian, dan nyanyian. Kolaborasi ini semakin memperkaya acara dan menunjukkan bakat para mahasiswa.
Dengan suksesnya acara ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap Bahasa dan Sastra Indonesia, serta mendorong kolaborasi lebih lanjut dalam pengembangan bidang ini, baik di tingkat nasional maupun internasional.
id_IDIndonesian