(0341)567475 sastra@um.ac.id

Senin 27 November 2023 salah satu Tim Promosi Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang yang terdiri atasi Prof. Nunung Suryati, M.A., Ph.D, Prof. Dr Hanik Mahliatusikkah, M.Hum, dan Amalia Nurma Dewi, M.Hum mengunjungi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak yang berlokasi di Kantor Layanan Terpadu, Jl. Letkol Sutoyo No.1. Kunjungan Tim Promosi Fakultas Sastra UM diterima baik oleh ketua Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak Sri Sujiarti, SH.,M.Si, dan H. Jejen Rukmana, S.Pd., M.Pd selaku Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak beserta staf.

Tujuan kunjungan Tim Promosi Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak bertujuan untuk menginisiasi kerjasama dalam bidang peningkatan SDM guru yang ada di Kota Pontianak melalui berbagai program studi lanjut S2 dan S3 yang ditawarkan oleh Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Dalam kunjungan ini juga berlangsung diskusi yang membahas tentang kesulitan yang dihadapi oleh dinas dalam upaya peningkatan kualitas guru serta kebijakan yang menaungi hal tersebut. Melalui kegiatan ini  Prof. Nunung Suryati, M.A., Ph.D dan Prof. Dr Hanik Mahliatusikkah menjabarkan bahwa program non- regular S2 dan S3 yang ditawarkan oleh Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang akan mampu mengakomodasi kondisi guru-guru yang ingin studi S2 tetapi kesulitan untuk mengatur waktu. Prodi-prodi S2 dan S3 yang ditawarkan oleh UM selain memiliki keunggulan dari segi fleksibilitas waktu juga memiliki keunggulan lain yang tidak kalah penting yaitu kualitas dari prodi S2 dan S3 yang dikelola oleh Fakultas Sastra UM  telah terakreditasi unggul dan  terakreditasi internasional sehingga menjamin mutu Pendidikan dari prodi yang ditawarkan.

Menindaklanjuti kegiatan kunjungan Fakultas Sastra  UM dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Fakultas Sastra sesegera mungkin akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah agar implementasi kerjasama dapat segera direalisasikan dalam rangka mendukung SDGs 4 bidang Pendidikan berkelanjutan. Sudah saatnya para guru meningkatkan kualitasnya karena di Pundak merekalah kualitas mutu Pendidikan di sekolah. Semua pihak harus saling menbdukung demi terwujudnya Pendidikan yang lebih bermutu. Kendala-kendala teknis dan administratif akan dapat terselesaikan dengan saling bersinergi dan bertekad kuat untuk mewujudkan Pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik dan setara dengan negara-negara maju lainnya. Kemajuan sebuah bangsa di antaranya ditrentukan oleh mutu pendidikannya yang akan mencetak generasi berkarakter dan berbudaya. Peningkatan mutu guru melalui studi lanjut di Fakultas Sastra UM serta Peningkatan pedagogis para guru melalui berbagai pelatihan merupakan penekanan dalam kunjungan kerja tim promosi Fakultas Sastra UM.

id_IDIndonesian