(0341)567475 sastra@um.ac.id

Satu Semester di Malaysia, Mahasiswa S1 Sastra Inggris Ikuti Program Student Exchange Sambil Jelajah Negeri Tetangga

Jengka, 24 November 2023 – Bekerja sama antar perguruan tinggi, mahasiswa S1 program studi Bahasa dan Sastra Inggris merepresentasikan Universitas Negeri Malang dalam program student exchange yang dilaksanakan di Universitas Teknologi MARA, Jengka Pahang, Malaysia. Program ini diikuti oleh Deanisharla Andrianti selama satu semester, mulai dari bulan Oktober 2023 dan akan berakhir pada Februari 2024.

Meneruskan minatnya dalam belajar Bahasa Inggris, mahasiswa yang akrab disapa Dea itu memilih untuk mengambil 5 mata kuliah yang berfokus pada penggunaan Bahasa Inggris, beberapa di antaranya adalah oral presentations, academic writing, dan critical academic reading. Dengan mengikuti program ini, Dea berharap untuk bisa mengembangkan kemampuan berbahasanya sehingga dapat ia aplikasikan pada thesis yang sedang dikerjakan, serta membantunya untuk mencapai impiannya untuk menjadi seorang pengajar Bahasa Inggris kelak.

Selama berada di Malaysia, Dea juga menggunakan kesempatannya untuk menjelajah kota-kota di sana, memperluas relasinya dengan mengikuti kegiatan kampus yang ditawarkan, sekaligus menambah pengalaman belajar yang tak ia dapatkan di Indonesia. Sebagai contoh, pada Minggu, 19 November 2023, Dea ikut serta dalam program kerjasama antar kampus yang berlangsung di Universiti Malaysia Kelantan, Kelantan, Malaysia. Program tersebut bertajuk Lawatan Kerjasama Kolej 2023, yang ia ikuti bersama dengan teman-teman barunya dari organisasi Perwakilan Kolej Komplek Tok Gajah. Selama mengikuti program tersebut, Dea tak hanya mendapat pengalaman pengenalan terhadap kampus yang bekerja sama dengan Universiti Teknologi MARA berupa campus tour, tapi juga pengalaman berkeliling di Kota


Bharu, Kelantan, Malaysia.

Pengalaman yang diperoleh Dea selama mengikuti program student exchange di Malaysia merupakan sebuah kesempatan berharga yang difasilitasi oleh Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang demi mengembangkan kualitas pendidikan mahasiswanya. Dea juga berterima kasih pada Ibu Sari Karmina, sebagai dosen pembimbing yang sudah membantu dan mendukungnya untuk menggapai kesempatan tersebut dari awal. Program seperti ini perlu diadakan setiap tahunnya, karena dengan demikian, sebuah kontribusi dalam peningkatan kemampuan berbahasa Inggris bagi pelajar serta relasi antar kedua lembaga perguruan tinggi dapat diberikan ketika program sudah berakhir nanti.

id_IDIndonesian