PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI TARI DAN MUSIK
JURUSAN SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SASTRA
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
- Nama Prodi
S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
- Visi, Misi dan Tujuan Prodi
VISI
Visi Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik pada tahun 2018 menjadi rujukan tingkat Regional dan tahun 2022 menjadi rujukan yang unggul tingkat Nasional dalam fungsinya sebagai pencetak tenaga kependidikan seni (tari, musik, drama) profesional yang peduli nilai kemanusiaan, berorientasi pada budaya lokal, serta pemerataan dan perluasan akses bagi masyarakat.
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas untuk menghasilkan sarjana kependidikan seni khususnya seni tari, seni music yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan masyarakat yang berbasis budaya lokal.
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang menghasilkan tenaga kependidikan yang unggul di bidang pembelajaran seni budaya yang melingkupi seni tari, seni musik, seni rupa dan seni teater untuk memenuhi kebutuhan tenaga kependidikan di tingkat sekolah menengah pertama, atas dan yang sederajat serta menumbuhkan jiwa wirausaha bidang seni, khususnya wirausaha bidang seni tari.
- Menumbuhkan semangat, motivasi, dan partisipasi civitas akademik dalam rangka menghasilkan karya tulis ilmiah serta karya seni (tari, musik dan drama) yang berkualitas, memiliki daya saing bagi peningkatan mutu akademik serta konservasi dan pengembangan seni tradisional.
- Menjadi penyedia layanan bagi pengembangan dan revitalisasi seni (tradisi) di era global dengan menyajikan kurikulum kependidikan seni (tari dan musik), penelitian-penelitian serta penulisan berbagai karya ilmiah yang berbasis kearifan lokal bercirikan karakter bangsa yang dapat diakses dengan mendayagunakan teknologi modern/IT.
- Meningkatkan mutu, daya saing lulusan tenaga kependidikan bidang seni tari melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang kreatif dan inovatif.
- Menumbuhkan semangat kompetitif di dalam berkarya seni (tari, musik dan drama) bertaraf regional, nasional maupun internasional.
- Membangun organisasi berazas kekeluargaan yang sehat melalui penguatan tata kelola, transparansi,akuntabel, bertanggungjawab, adil dan pencitraan publik
TUJUAN PRODI
Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik bertujuan untuk menghasilkan tenaga pengajar pendidikan bidang seni tari dan musik yang memiliki profil kompetensi: 1) religius dan bermoral Pancasila serta memiliki integritas kepribadian yang tinggi dan berbudi luhur serta berkarakter sesuai dengan karakter budaya bangsa Indonesia, (2) bersikap terbuka, tenggap terhadap perubahan kemajuan IPTEK dan Seni maupun masalah-masalah yang dihadapi masyarakat khususnya yang berkaitan dengan bidang keahlian pendidikan seni tari dan atau musik, (3) mampu menerapkan ilmu sesuai bidang keahlian tari dan musik kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan kreatif dan produktif sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat pendidikan maupun masyarakat umum, (4) menguasai dasar-dasar ilmiah dan pengetahuan serta metodologi bidang kependidikan tari dan musik sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara menyelesaikan masalah dalam ruang lingkup pendidikan seni tari dan musik, (5) menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berpikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuwan dan mampu mengikuti perkembangan IPTEK sesuai dengan bidang keahliannya, (6) menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi bidang seni tari dan musik secara profesional, berpandangan ke depan dan sadar terhadap perubahan fungsi seni pertunjukan dalam masyarakat
- Profil Lulusan
Profil lulusan Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik, yaitu Sarjana seni tari dan musik yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang menguasai seni pertunjuk antari dan musik, trampil merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan memecahkan berbagai permasalahan dalam pembelajaran seni tari dan musik pada jenjang pendidikan SMP dan SMA, serta memiliki kemampuan mengembangkan keahlian tambahan yang berbasis seni tari dan musik sesuai dengan perkembangan IPTEKS dalam berbagai profesi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat
Profil lulusan dibuat atas dasar berberapa pertimbangan, yaitu:
- Dewasa ini dibutuhkan lulusan yang mampu mengembangkan kopetensi bidang studi atas dasar kapabelitas dalam dunia usaha dan kemandirian
- Bidang studi yang mengacu pada bidang keilmuan telah mengalamai diversifikasi yang besar, oleh karena itu dibutuhkan lulusan yang dapat mempertimbangkan apliksi bidang profesi di masyarakat
- Kebijakan pemerintah yang menempatkan profesi keahlian lulusan tidak selalu pada bidang yang sesuai, namun diharapkan mampu menjadi titik tolak pengembangan pribadi dan kepemimpinan yang secara mandiri dapat ditrapkan untuk diberbagai bidang instansi.
- Pertimbangan hasil evaluasi lulusan selama 5 (lima) tahun terakhir, menunjukan lulusan prodi pendidikan seni tari dan musik yang berkecimpung dibidang dunai usaha pada bidang keahlian atau bidang usaha jasa kreatif.
- Rumusan SCPL
- Menguasai konsep teoritis seni pertunjukan tari secara mandiri dan komprehensif sehingga memiliki kemampuan optimal untuk menginovasi secara kritis sesuai standar artistik berdasarkan norma agama dan etika profesi dengan memanfaatkan perkembangan pengetahuan dan teknologi sehingga dapat memberikan kontribusi bagi kehidupan
- Menguasai konsep teoritis seni pertunjukan musik secara mandiri dan komprehensif sehingga memiliki kemampuan optimal untuk menginovasi secara kritis sesuai standar artistik berdasarkan norma agama dan etika profesi dengan memanfaatkan perkembangan pengetahuan dan teknologi sehingga dapat memberikan kontribusi bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- menguasai konsep dan prosedur kependidikan seni jenjang SMP dan SMA dalam bidang seni tari dan musik yang mampu mengimplementasikan proses pembelajaran yang komprehensif secara mandiri sesuai dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi terkini melalui pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif berdasarkan norma agama, etikaprofesi dan konvensi bidang seni.
- Menguasai kajian teori, metode problematika sosial, dan mampu menuangkannya dalam bentuk karya tulis ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan kaidah-kaidah, publikasi secara Nasional maupun internasional
- Menguasai konsep, prinsip enterprener seni pertunjukantari dan musik secara mandiri serta mampu menerapkan penyajian seni pertunjukan secara profesional dengan memanfaatkan teknologiinformasi yang bertanggung jawab sesuaidengannorma agama, social dannilai-nilaietika dan estetika.
- Struktur Kurikulum
- Konsentrasi Pendidikan Seni Tari
Matakuliah Dasar Pengembangan Karakter (MDPK) 12
Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) Wajib 125
Matakuliah Peminatan dan Pengembangan diri (MPPD) 10
Jumlah sks 147
- Konsentrasi Pendidikan Seni Musik
Matakuliah Dasar Pengembangan Karakter (MDPK) 12 Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) Wajib 125
Matakuliah Peminatan dan Pengembangan diri (MPPD) 10
Jumlah sks 147
- Konsentrasi Pendidikan Seni Drama
Matakuliah Dasar Pengembangan Karakter (MDPK) 12
Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) Wajib 125
Matakuliah Peminatan dan Pengembangan diri (MPPD) 10
Jumlah sks 148
- Sebaran Kurikulum
KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI TARI DAN MUSIK
KONSENTRASI PENDIDIKAN SENI TARI
SEBARAN MATAKULIAH | |||||||||||||||||||||||||
NO | Sandi MK | Matakuliah | sks | js | I | II | III | IV | V | VI | VII | VIII | Prasyarat | ||||||||||||
A | MATAKULIAH DASAR PENGEMBANGAN KARAKTER (MDPK) | ||||||||||||||||||||||||
1 | UNIV
601 |
Pendidikan Agama Islam*) | 3 | 3 | 3 | ||||||||||||||||||||
2 | UNIV
602 |
Pendidikan Agama Protestan*) | 3 | 3 | 3 | ||||||||||||||||||||
3 | UNIV
603 |
Pendidikan Agama Katolik*) | 3 | 3 | 3 | ||||||||||||||||||||
4 | UNIV
604 |
Pendidikan Agama Hindu*) | 3 | 3 | 3 | ||||||||||||||||||||
5 | UNIV
605 |
Pendidikan Agama Budha*) | 3 | 3 | 3 | ||||||||||||||||||||
6 | UNIV
606 |
Pendidikan Agama Konghucu*) | 3 | 3 | 3 | ||||||||||||||||||||
7 | UNIV
609 |
Pendidikan Bahasa Indonesia | 2 | 2 | 2 | ||||||||||||||||||||
8 | UNIV
6010 |
Manajemen Inovasi | 3 | 3 | 3 | ||||||||||||||||||||
9 | UNIV
607 |
Pendidikan Pancasila | 2 | 2 | 2 | ||||||||||||||||||||
10 | UNIV
608 |
Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | ||||||||||||||||||||
∑ | 12 | ||||||||||||||||||||||||
B | MATAKULIAH KEILMUAN DAN KETERAMPILAN (MKK) | ||||||||||||||||||||||||
1 Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan Wajib | |||||||||||||||||||||||||
a. Keilmuan dasar | |||||||||||||||||||||||||
1 | FSAS
6001 |
Pengantar Filsafat Ilmu | 2 | 2 | 2 | ||||||||||||||||||||
2 | FSAS
6002 |
Manusia dan Kebudayaan | 2 | 3 | 2 | ||||||||||||||||||||
∑ | 4 | ||||||||||||||||||||||||
b. Kependidikan | |||||||||||||||||||||||||
2 | UNIV 6011 | Pengantar Pendidikan | 3 | 3 | 3 | ||||||||||||||||||||
3 | UNIV 6012 | Pengembangan Peserta Didik | 3 | 3 | 3 | ||||||||||||||||||||
4 | UNIV 6013 | Belajar dan Pembelajaran | 4 | 4 | 4 | ||||||||||||||||||||
∑ | 10 | ||||||||||||||||||||||||
c. Keilmuan dan Keterampilan | |||||||||||||||||||||||||
5 | PTMD6909 | Estetika Seni Pertunjukan | 2 | 2 | 2 | ||||||||||||||||||||
6 | PTMD 6926 | Metodologi Penelitian | 3 | 4 | 3 | ||||||||||||||||||||
7 | PTMD 6928 | Proposal Penelitian | 3 | 4 | 3 | PTMD6910 | |||||||||||||||||||
8 | PTMD
6101 |
Komposisi Tari | 2 | 3 | 2 | – | |||||||||||||||||||
9 | PTMD
6102 |
Tari Daerah Lain | 2 | 4 | 2 | – | |||||||||||||||||||
10 | PTMD
6103 |
Teknik Tari Tradisi | 2 | 4 | 2 | – | |||||||||||||||||||
11 | PTMD
6904 |
Tari Daerah Malang | 2 | 4 | 2 | – | |||||||||||||||||||
12 | PTMD 6702 | Perancangan Tata Rias dan Busana Tari | 3 | 4 | 3 | – | |||||||||||||||||||
13 | PTMD
6104 |
Teknik Tari Non Tradisi | 2 | 4 | 2 | – | |||||||||||||||||||
14 | PTMD
6105 |
Tari Jawa Tengah | 2 | 4 | 2 | – | |||||||||||||||||||
15 | PTMD
6901 |
Seni Pertunjukan Dan Pariwisata Budaya | 3 | 5 | 3 | – | |||||||||||||||||||
16 | PTMD
6106 |
Iringan Tari | 2 | 4 | 2 | – | |||||||||||||||||||
17 | PTMD
6107 |
Tari Jawa Barat | 2 | 4 | 2 | – | |||||||||||||||||||
18 | PTMD
6108 |
Koreografi Tradisi | 3 | 4 | 3 | PTMD
6101 |
|||||||||||||||||||
19 | PTMD
6903 |
Enterpreneurship Seni Pertunjukan | 3 | 4 | 3 | ||||||||||||||||||||
20 | PTMD
6109 |
Koreografi Non Tradisi | 3 | 4 | 3 | PTMD
6101 |
|||||||||||||||||||
21 | PTMD
6905 |
Tata Teknik Pentas | 2 | 4 | 2 | ||||||||||||||||||||
22 | PTMD
6110 |
Repertoar Daerah Malang | 3 | 4 | 3 | ||||||||||||||||||||
23 | PTMD
6111 |
Tari Bali | 2 | 4 | 2 | ||||||||||||||||||||
24 | PTMD 6801 | Pengajaran Musik Sekolah | 2 | 3 | 2 | ||||||||||||||||||||
25 | PTMD
6907 |
Penulisan ilmiah Seni Pertunjukan | 2 | 3 | 2 | ||||||||||||||||||||
26 | PTMD
6112 |
Repertoar Jawa Timur | 3 | 4 | 3 | ||||||||||||||||||||
27 | PTMD
6906 |
Manajemen Pergelaran dan Produksi Seni Pertunpjukan | 3 | 5 | 3 | PTMD6903 | |||||||||||||||||||
28 | PTMD
6113 |
Penyajian Tari Nusantara | 3 | 4 | 3 | PTMD6904; PTMD6105; PTMD6107; PTMD6111; PTMD6102; PTMD6101 | |||||||||||||||||||
29 | PTMD
6908 |
Pengembangan Kritik Seni Pertunjukan | 2 | 3 | 2 | ||||||||||||||||||||
30 | PTMD
6902 |
Praktik Musik Tradisi | 2 | 4 | 2 | ||||||||||||||||||||
31 | PTMD
6927 |
Desain Penelitian Seni Pertunjukan | 3 | 4 | 3 | GSED6002 | |||||||||||||||||||
32 | PTMD
6911 |
Analisis Karakter | 2 | 2 | 2 | ||||||||||||||||||||
35 | PTMD
6917 |
Konsep Pendidikan Seni | 3 | 3 | 3 | ||||||||||||||||||||
36 | PTMD 6919 | Desain Pembelajaran Seni | 3 | 3 | 3 | ||||||||||||||||||||
37 | PTMD 6923 | Pengembangan Bahan Ajar Seni | 2 | 2 | 2 | ||||||||||||||||||||
38 | PTMD
6922 |
Strategi Pembelajaran Seni | 3 | 4 | 3 | ||||||||||||||||||||
39 | PTMD
6925 |
Pembelajaran Terbatas Seni Pertunjukan | 3 | 3 | 3 | PRSP6001 PRSP6002 PRSP6003 PRSP6004 PRSP6005 PRSP6007 PTMD6912 |
|||||||||||||||||||
40 | PTMD
6920 |
Evaluasi Pembelajaran Seni | 2 | 3 | 2 | ||||||||||||||||||||
41 | PTMD
6918 |
Kurikulum Pendidikan Seni | 2 | 2 | 2 | ||||||||||||||||||||
42 | PTMD
6921 |
Media Pembelajaran Seni | 3 | 3 | 3 | ||||||||||||||||||||
43 | PTMD
6924 |
Pengembangan media pembelajaran seni pertunjukan | 2 | 3 | 2 | PRSP6007 | |||||||||||||||||||
44 | PTMD
6114 |
Tari Pendidikan Tradisi | 3 | 4 | 3 | PTMD
6101 |
|||||||||||||||||||
45 | PTMD
6701 |
Tari Pendidikan Non Tradisi | 3 | 4 | 3 | PTMD
6101 |
|||||||||||||||||||
46 | GSED
6090 |
Skripsi Seni Desain/Tugas Akhir | 6 | 6 | |||||||||||||||||||||
47 | UKPL
6001 |
KPL | 4 | 4 | |||||||||||||||||||||
48 | UKKN
6001 |
KKN | 4 | 4 | |||||||||||||||||||||
∑ | 111 | ||||||||||||||||||||||||
C | MATA KULIAH PEMINATAN DAN PENGEMBANGAN DIRI (MPPD) | ||||||||||||||||||||||||
a. Managemen dan kewirausahaan Seni Pertunjukan Wisata | |||||||||||||||||||||||||
49 | PTMD 6913 | Pengetahuan Managemen Seni Pertunjukan Wisata | 2 | 3 | 2 | ||||||||||||||||||||
50 | PTMD 6914 | Pengemasan Seni Pertunjukan Wisata | 2 | 4 | 2 | PTMD6913 | |||||||||||||||||||
51 | PTMD 6915 | Pemasaran Seni Pertunjukan Wisata | 3 | 4 | 3 | PTMD6914 | |||||||||||||||||||
52 | PTMD 6916 | Penyajian Atraksi Seni Pertunjukan Wisata | 3 | 6 | 3 | PTMD6915 | |||||||||||||||||||
∑ | 10 | ||||||||||||||||||||||||
b. Kesenian Rakyat | |||||||||||||||||||||||||
53 | PTMD6703 | Kesenian Rakyat Bercerita | 2 | 3 | 2 | ||||||||||||||||||||
54 | PTMD 6704 | Kesenian Rakyat Non Cerita | 2 | 3 | 2 | PTMD6703 | |||||||||||||||||||
55 | PTMD 6705 | Kesenian Rakyat Religi | 3 | 4 | 3 | PTMD6704 | |||||||||||||||||||
56 | PTMD6706 | Penyajian Kesenian Rakyat | 3 | 6 | 3 | PTMD6705 | |||||||||||||||||||
∑ | 10 | ||||||||||||||||||||||||
c. Produk Pendukung Pertunjukan Tari Wisata | |||||||||||||||||||||||||
57 | PTMD
6116 |
Produksi Busana Untuk tari | 2 | 4 | 2 | ||||||||||||||||||||
58 | PTMD
6117 |
Produksi Properti Untuk Tari | 2 | 4 | 2 | PTMD6116 | |||||||||||||||||||
59 | PTMD
6118 |
Produksi Assesoris Untuk Tari | 3 | 6 | 3 | PTMD6117 | |||||||||||||||||||
60 | PTMD
6119 |
Pameran Produk Pertunjukan Tari | 3 | 6 | 3 | PTMD6118 | |||||||||||||||||||
∑ | 10 | ||||||||||||||||||||||||
Jumlah SKS keseluruhan | 147 | 20 | 19 | 23 | 24 | 22 | 23 | 12 | 4 | ||||||||||||||||
KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI TARI DAN MUSIK
KONSENTRASI PENDIDIKAN SENI MUSIK
STRUKTUR PROGRAM | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. Matakuliah Dasar Pengembangan Karakter (MDPK) | 12 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) Wajib | 125 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. Matakuliah Peminatan dan Pengembangan Diri (MPPD) | 10 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
147 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
NO | Sandi MK | Matakuliah | sks | js | I | II | III | IV | V | VI | VII | VIII | Prasyarat | |||||||||||||||||||||||
A | MATAKULIAH DASAR PENGEMBANGAN KARAKTER (MDPK) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | UNIV601 | Pendidikan Agama Islam*) | 3 | 3 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
2 | UNIV602 | Pendidikan Agama Protestan*) | 3 | 3 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
3 | UNIV603 | Pendidikan Agama Katolik*) | 3 | 3 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
4 | UNIV604 | Pendidikan Agama Hindu*) | 3 | 3 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
5 | UNIV605 | Pendidikan Agama Budha*) | 3 | 3 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
6 | UNIV606 | Pendidikan Agama Konghucu*) | 3 | 3 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
7 | UNIV609 | Pendidikan Bahasa Indonesia | 2 | 2 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
8 | UNIV607 | Pendidikan Pancasila | 2 | 2 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
9 | UNIV608 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
10 | UNIV610 | Manajemen Inovasi | 3 | 3 | ||||||||||||||||||||||||||||||||
∑ | 12 | 9 | 5 | 4 | 0 | 3 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||||||||||||||||||||||||||
MATAKULIAH KEILMUAN DAN KETERAMPILAN (MKK) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B | Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan Wajib | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Keilmuan Dasar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | FSAS6001 | Pengantar Filsafat Ilmu | 2 | 2 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
2 | FSAS6002 | Manusia dan Kebudayaan | 2 | 2 | ||||||||||||||||||||||||||||||||
∑ | 4 | 2 | 2 | 0 | 0 | 0 | 0 | 2 | 0 | 0 | ||||||||||||||||||||||||||
b. Kependidikan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | UNIV 6011 | Pengantar Pendidikan | 3 | 3 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
4 | UNIV 6012 | Pengembangan Peserta Didik | 3 | 3 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
5 | UNIV 6013 | Belajar dan Pembelajaran | 4 | 4 | 4 | |||||||||||||||||||||||||||||||
∑ | 10 | 10 | 3 | 3 | 0 | 4 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||||||||||||||||||||||||||
c. Keilmuan dan Keterampilan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6 | PTMD6201 | Solfegio dan Penulisan Notasi | 2 | 4 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
7 | PTMD6202 | Kapita Selekta Musik Barat | 2 | 2 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
8 | PTMD6203 | Kontrapung | 2 | 2 | 2 | PTMD6201 | ||||||||||||||||||||||||||||||
9 | PTMD6204 | Dasar-Dasar Ilmu Harmoni | 2 | 2 | 2 | PTMD6203 | ||||||||||||||||||||||||||||||
10 | PTMD6205 | Harmoni | 2 | 2 | 2 | PTMD6204 | ||||||||||||||||||||||||||||||
11 | PTMD6206 | Dasar Organologi Instrumen dan Akustika | 2 | 2 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
12 | PTMD6207 | Karawitanologi | 2 | 2 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
13 | PTMD6601 | Musik Ilustrasi | 2 | 4 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
14 | PTMD6904 | Tari Daerah Malang | 2 | 4 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
15 | PTMD6902 | Praktik Musik Tradisi | 2 | 4 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
16 | PTMD6208 | Repertoar Musik Malang | 3 | 5 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
17 | PTMD6209 | Repertoar Musik Nusantara | 3 | 5 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
18 | PTMD6901 | Seni Pertunjukan Dan Pariwisata Budaya | 3 | 5 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
19 | PTMD6907 | Penulisan Ilmiah Seni Pertunjukan | 2 | 3 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
20 | PTMD6905 | Tata Teknik Pentas | 2 | 3 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
21 | PTMD6906 | Manajemen Pergelaran dan Produksi Seni Pertunjukan | 3 | 5 | 3 | PTMD6903 | ||||||||||||||||||||||||||||||
22 | PTMD6210 | Pergelaran Musik | 3 | 4 | 3 | PTMD6209
PTMD6219 |
||||||||||||||||||||||||||||||
23 | PTMD6211 | Praktik Piano Dasar | 2 | 4 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
24 | PTMD6212 | Praktik Gesek Dasar | 2 | 4 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
25 | PTMD6213 | Praktik Gitar Dasar | 2 | 4 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
26 | PTMD6909 | Estetika Seni Pertunjukan | 2 | 2 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
27 | PTMD6926 | Metodologi Penelitian | 3 | 4 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
28 | PTMD6928 | Proposal Penelitian | 3 | 4 | 3 | GSED6002 | ||||||||||||||||||||||||||||||
29 | PTMD6908 | Pengembangan Kritik Seni Pertunjukan | 2 | 3 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
30 | PTMD6216 | Penataan Artistik Repertoar | 2 | 3 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
31 | PTMD6217 | Praktik Marching Band | 3 | 4 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
32 | PTMD6903 | Enterpreneurship Seni Pertunjukan | 3 | 4 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
33 | PTMD6911 | Analisis Karakter | 2 | 2 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
34 | PTMD6927 | Desain Penelitian Seni Pertunjukan | 3 | 4 | 3 | GSED6002 | ||||||||||||||||||||||||||||||
35 | PTMD6917 | Konsep Pendidikan Seni | 3 | 3 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
36 | PTMD6919 | Desain Pembelajaran Seni | 3 | 3 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
37 | PTMD6922 | Strategi Pembelajaran Seni | 3 | 4 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
38 | PTMD6923 | Pengembangan Bahan Ajar Seni | 2 | 2 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
39 |
PTMD6925 | Pembelajaran Terbatas | 3 | 4 | 3 | PRSP6001 | ||||||||||||||||||||||||||||||
PRSP6002 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PRSP6003 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PRSP6004 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PRSP6005 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PRSP6006 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PRSP6007 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PTMD6912 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
40 | PTMD6920 | Evaluasi Pembelajaran Seni | 2 | 3 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
41 | PTMD6918 | Kurikulum Pendidikan Seni | 2 | 2 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
42 | PTMD6921 | Media Pembelajaran Seni | 3 | 3 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
43 | PTMD6218 | Aransemen Musik Sekolah | 2 | 4 | 2 | PTMD6205 | ||||||||||||||||||||||||||||||
44 | PTMD6924 | Pengembangan Media Pembelajaran Seni Pertunjukan | 2 | 3 | 2 | PRSP6007 | ||||||||||||||||||||||||||||||
45 | PTMD6801 | Pengajaran Musik Sekolah | 2 | 3 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
46 | PTMD6219 | Komposisi Musik Sekolah | 2 | 3 | 2 | PTMD6218 | ||||||||||||||||||||||||||||||
47 | PTMD6918 | Skripsi/Tugas Akhir Seni Desain | 6 | 6 | ||||||||||||||||||||||||||||||||
48 | UKPL601 | KPL | 4 | 4 | ||||||||||||||||||||||||||||||||
49 | UKKN601 | KKN | 4 | 4 | ||||||||||||||||||||||||||||||||
∑ | 111 | 135 | 10 | 13 | 22 | 15 | 20 | 16 | 11 | 4 | ||||||||||||||||||||||||||
C | Matakuliah Peminatan dan Pengembangan Diri (MPPD) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Penyajian Seni Pertunjukan Untuk Pariwisata | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | PTMD6913 | Pengetahuan Manajemen Seni Pertunjukan Wisata | 2 | 2 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
2 | PTMD6914 | Pengemasan Seni Pertunjukan Wisata | 2 | 4 | 2 | PTMD6013 | ||||||||||||||||||||||||||||||
3 | PTMD6915 | Pemasaran Seni Pertunjukan Wisata | 3 | 4 | 3 | PTMD6014 | ||||||||||||||||||||||||||||||
4 | PTMD6916 | Penyajian Atraksi Seni Pertunjukan Wisata | 3 | 5 | 3 | PPTM6015 | ||||||||||||||||||||||||||||||
∑ | 10 | 15 | 0 | 0 | 2 | 2 | 3 | 3 | 0 | 0 | ||||||||||||||||||||||||||
2. Vokasi Alat Musik Gesek | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | PTMD6219 | Praktik Instrumen Cello | 2 | 4 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
2 | PTMD6220 | Praktik Instrumen Viola | 2 | 4 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
3 | PTMD6221 | Praktik Instrumen Biola | 3 | 4 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
4 | PTMD6222 | Penyajian Ansambel Gesek | 3 | 5 | 3 | PTMD6219
PTMD6220 PTMD6221 |
||||||||||||||||||||||||||||||
∑ | 10 | 17 | 0 | 0 | 2 | 2 | 3 | 3 | 0 | 0 | ||||||||||||||||||||||||||
3. Vokasi Vokal | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | PTMD6223 | Vokal Dasar | 2 | 4 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
2 | PTMD6224 | Vokal Grup | 2 | 4 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
3 | PTMD6225 | Vokal Paduan Suara | 3 | 4 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
4 | PTMD6226 | Penyajian Musik Vokal | 3 | 5 | 3 | PTMD6223
PTMD6224 PTMD6225 |
||||||||||||||||||||||||||||||
∑ | 10 | 17 | 0 | 0 | 2 | 2 | 3 | 3 | 0 | 0 | ||||||||||||||||||||||||||
4. Vokasi Musik Sekolah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | PTMD6602 | Recorder | 2 | 4 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
2 | PTMD6603 | Pianika | 2 | 4 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
3 | PTMD6604 | Angklung | 3 | 4 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
4 | PTMD6605 | Penyajian Ansambel Musik Sekolah | 3 | 5 | 3 | PTMD6602
PTMD6603 PTMD6604 |
||||||||||||||||||||||||||||||
∑ | 10 | 17 | 0 | 0 | 2 | 2 | 3 | 3 | 0 | 0 | ||||||||||||||||||||||||||
5. Vokasi Vokal Tembang | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | PTMD6227 | Praktik Vokal Macapat dan Bawa | 2 | 4 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
2 | PTMD6228 | Praktik Vokal Gerong | 2 | 4 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
3 | PTMD6229 | Praktik Vokal Sinden | 3 | 4 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
4 | PTMD6230 | Penyajian Musik Vokal Tembang | 3 | 5 | 3 | |||||||||||||||||||||||||||||||
10 | 17 | 0 | 0 | 2 | 2 | 3 | 3 | 0 | 0 | |||||||||||||||||||||||||||
Jumlah SKS keseluruhan | 147 | 175 | 20 | 20 | 24 | 24 | 23 | 21 | 11 | 4 | ||||||||||||||||||||||||||
KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI TARI DAN MUSIK
KONSENTRASI PENDIDIKAN SENI DRAMA
|
||||||||||||||||||||||||
STRUKTUR PROGRAM | ||||||||||||||||||||||||
A. Matakuliah Dasar Pengembangan Karakter (MDPK) | 12 | |||||||||||||||||||||||
B. Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) Wajib | 126 | |||||||||||||||||||||||
C. Matakuliah Peminatan dan pengembangan diri (MPPD) | 10 | |||||||||||||||||||||||
TOTAL | 148 | sks | ||||||||||||||||||||||
SEBARAN MATAKULIAH | ||||||||||||||||||||||||
NO | Sandi MK | Matakuliah | sks | js | I | II | III | IV | V | VI | VII | VIII | Prasyarat |
A | MATAKULIAH DASAR PENGEMBANGAN KARAKTER (MDPK) | ||||||||||||
1 | UNIV601 | Pendidikan Agama Islam | 3 | 3 | 3 | ||||||||
2 | UNIV602 | Pendidikan Agama Protestan | 3 | 3 | |||||||||
3 | UNIV603 | Pendidikan Agama Katolik | 3 | 3 | 3 | ||||||||
4 | UNIV604 | Pendidikan Agama Hindu | 3 | 3 | 3 | ||||||||
5 | UNIV605 | Pendidikan Agama Budha | 3 | 3 | 3 | ||||||||
6 | UNIV6010 | Managemen Inovasi | 3 | 3 | 3 | ||||||||
7 | UNIV609 | Pendidikan Bahasa Indonesia | 2 | 2 | 2 | ||||||||
8 | UNIV607 | Pendidikan Pancasila | 2 | 2 | 2 | ||||||||
9 | UNIV608 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | ||||||||
∑ | 12 | ||||||||||||
B | MATAKULIAH KEILMUAN DAN KETERAMPILAN (MKK) WAJIB | ||||||||||||
1 Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan Wajib | |||||||||||||
a. Keilmuan dasar | |||||||||||||
1 | FSAS6001 | Pengantar Filsafat Ilmu | 2 | 2 | 2 | ||||||||
2 | FSAS6002 | Manusia dan Kebudayaan | 2 | 2 | 2 | ||||||||
3 | UNIV6011 | Pengantar Pendidikan | 3 | 3 | 3 | ||||||||
4 | UNIV6012 | Perkembangan Peserta Didik | 3 | 3 | 3 | ||||||||
5 | UNIV6013 | Belajar dan Pembelajaran | 4 | 4 | 4 | ||||||||
∑ | 14 | ||||||||||||
b. Keilmuan dan Keterampilan | |||||||||||||
6 | PTMD6909 | Estetika Seni Pertunjukan | 2 | 2 | 2 | ||||||||
7 | PTMD6926 | Metodologi Penelitian | 3 | 4 | 3 | ||||||||
8 | PTMD6928 | Proposal Penelitian | 3 | 4 | 3 | GSED604 | |||||||
9 | PTMD6701 | Teknik Tari Non Tradisi | 2 | 4 | 2 | ||||||||
10 | PTMD6301 | Dramaturgi | 2 | 2 | 2 | ||||||||
11 | PTMD6302 | Vokal Drama | 2 | 2 | 2 | ||||||||
12 | PTMD6303 | Teknik Pemeranan | 2 | 3 | 2 | ||||||||
13 | PTMD6901 | Seni Pertunjukan dan Pariwisata Budaya | 3 | 4 | 3 | ||||||||
14 | PTMD6902 | Praktek Musik Tradisi | 3 | 4 | 3 | ||||||||
15 | PTMD6903 | Enterpreneurship Seni Pertunjukan | 3 | 4 | 3 | ||||||||
16 | PTMD6904 | Tari Daerah Malang | 2 | 3 | 2 | ||||||||
17 | PTMD6304 | Literatur | 2 | 2 | 2 | ||||||||
18 | PTMD6702 | Perancangan Tata Rias & Busana | 3 | 4 | 3 | ||||||||
19 | PTMD6305 | Dasar-dasar Penyutradaraan | 3 | 4 | 3 | ||||||||
20 | PTMD6306 | Pemeranan Drama Tradisi | 3 | 4 | 3 | ||||||||
21` | PTMD6911 | Analisis Karakter | 2 | 2 | 2 | ||||||||
22 | PTMD6307 | Monolog | 2 | 4 | 2 | ||||||||
23 | PTMD6905 | Tata Teknik Pentas | 3 | 4 | 3 | ||||||||
24 | PTMD6308 | Penyutradaraan | 3 | 5 | 3 | ||||||||
25 | PTMD6601 | Musik Ilustrasi | 3 | 4 | 3 | ||||||||
26 | PTMD6309 | Keaktoran | 3 | 4 | 3 | ||||||||
27 | PTMD6906 | Manajemen Pergelaran dan Produksi Seni Pertunjukan | 3 | 5 | 3 | ||||||||
28 | PTMD6310 | Repertoar Drama | 3 | 4 | 3 | PTMD6309 | |||||||
29 | PTMD6907 | Penulisan Ilmiah Seni Pertunjukan | 2 | 3 | 2 | ||||||||
30 | PTMD6908 | Kritik Seni Pertunjukan | 2 | 3 | 2 | ||||||||
31 | PTMD6927 | Desain Penelitian Seni Pertunjukkan | 3 | 4 | 3 | ||||||||
32 | PTMD6311 | Penyajian Drama | 3 | 4 | 3 | PTMD6310; PTMD6308 | |||||||
33 | PTMD6917 | Konsep Pendidikan Seni | 3 | 3 | 3 | ||||||||
34 | PTMD6919 | Desain Pembelajaran Seni | 3 | 3 | 3 | GSED6002 | |||||||
35 | PTMD6923 | Pengembangan Bahan Ajar Seni | 2 | 2 | 2 | ||||||||
36 | PTMD6922 | Strategi Pembelajaran Seni | 3 | 4 | 3 | ||||||||
37 | PTMD6925 | Pembelajaran Terbatas Seni Pertunjukan | 3 | 3 | 3 | PRSP6001 PRSP6002 PRSP6003 PRSP6004 PRSP6005 PRSP6006 PRSP6007 PTMD6012 |
|||||||
38 | PTMD6920 | Evaluasi Pembelajaran Seni | 2 | 3 | 2 | ||||||||
39 | PTMD6918 | Kurikulum Pendidikan Seni | 2 | 2 | 2 | ||||||||
40 | PTMD6921 | Media Pembelajaran Seni | 3 | 3 | 3 | ||||||||
41 | PTMD6924 | Pengembangan media pembelajaran seni pertunjukan | 2 | 3 | 2 | PRSP6007 | |||||||
42 | PTMD6312 | Pembelajaran Teater Nusantara | 2 | 2 | |||||||||
43 | PTMD6313 | Pembelajaran Sastra Lakon | 2 | 3 | |||||||||
44 | PTMD6314 | Pembelajaran Penulisan Naskah Drama | 2 | 3 | |||||||||
45 | PTMD6918 | Skripsi/Tugas Akhir | 6 | 6 | |||||||||
46 | UKPL6001 | PLP | 4 | 4 | PTMD6012 | ||||||||
47 | UKKN6001 | KKN | 3 | 3 | |||||||||
∑ | 112 | ||||||||||||
C. MATAKULIAH PEMINATAN DAN PENGEMBANGAN DIRI (MPPD) | |||||||||||||
35 | PTMD6913 | Pengetahuan Managemen Seni Pertunjukan Wisata | 2 | 2 | 2 | ||||||||
36 | PTMD6914 | Pengemasan Seni Pertunjukan Wisata | 2 | 4 | 2 | PTMD6013 | |||||||
37 | PTMD6915 | Pemasaran Seni Pertunjukan Wisata | 3 | 4 | 3 | PTMD6014 | |||||||
38 | PTMD6916 | Penyajian Atraksi Seni Pertunjukan Wisata | 3 | 6 | 3 | PTMD6013 PTMD6014 PTMD6015 | |||||||
∑ | 10 | ||||||||||||
b. Kesenian Rakyat | |||||||||||||
39 | PTMD6703 | Kesenian Rakyat Bercerita | 2 | 2 | 2 | ||||||||
40 | PTMD6704 | Kesenian Rakyat Non Cerita | 2 | 2 | 2 | PTMD6703 | |||||||
41 | PTMD6705 | Kesenian Rakyat Religi | 3 | 4 | 3 | PTMD6704 | |||||||
42 | PTMD6706 | Penyajian Kesenian Rakyat | 3 | 6 | 3 | PTMD6703, PTMD6704, PTMD6705 | |||||||
∑ | 10 | ||||||||||||
c. Pendidikan Teater Sekolah Bidang Puisi | |||||||||||||
47 | PTMD6319 | Penulisan Puisi | 2 | 2 | 2 | ||||||||
48 | PTMD6320 | Musikalisasi Puisi | 2 | 3 | 2 | PTMD6319 | |||||||
49 | PTMD6321 | Dramatisasi Puisi | 3 | 5 | 3 | PTMD6320 | |||||||
50 | PTMD6322 | Penyajian Puisi-Puisi | 3 | 5 | 3 | PTMD6319; PTMD6320; PTMD6321 | |||||||
∑ | 10 | ||||||||||||
d. Vokasi Musik Sekolah | |||||||||||||
51 | PTMD6602 | Rekorder | 2 | 3 | 2 | ||||||||
52 | PTMD6603 | Pianika | 2 | 3 | 2 | PTMD6602 | |||||||
53 | PTMD6604 | Angklung | 2 | 3 | 2 | PTMD6603 | |||||||
54 | PTMD6605 | Penyajian Ansambel Musik Sekolah | 4 | 6 | 4 | PTMD6602; PTMD6603; PTMD6604 | |||||||
∑ | 10 | ||||||||||||
∑ MKK | 147 |