(0341)567475 sastra@um.ac.id
Malang, 15 Januari 2025 – Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan kegiatan penting berupa Asesmen Lapangan (AL) yang dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) untuk Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Arab. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 15 hingga 16 Januari 2025 di Aula AVA D14 Lantai 2 Fakultas Sastra.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Universitas Negeri Malang menyambut kedatangan dua asesor LAMDIK yang berperan dalam proses asesmen, yaitu Prof. Dr. Abdul Munip, M.Ag. dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Dr. Fatwa Arifah, S.Pd., M.A.Pd. dari Universitas Negeri Jakarta.

Kegiatan asesmen lapangan ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas pengelolaan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Arab serta memastikan pelaksanaan standar mutu akademik di lingkungan Fakultas Sastra UM. Pembukaan asesmen dihadiri oleh pimpinan fakultas, dosen, serta tenaga kependidikan yang terlibat dalam pengelolaan program studi tersebut.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Sastra menyampaikan bahwa “asesmen lapangan ini merupakan bagian dari komitmen Universitas Negeri Malang dalam meningkatkan mutu pendidikan serta memberikan layanan akademik terbaik bagi mahasiswa”. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi media diskusi yang konstruktif bagi civitas akademika dalam upaya memperbaiki dan mengembangkan program studi ke arah yang lebih baik.

Proses asesmen lapangan oleh LAMDIK meliputi berbagai aspek, termasuk kurikulum, kualitas pembelajaran, penelitian, hingga kegiatan kemahasiswaan. Evaluasi ini juga akan meninjau bagaimana Unit Pengelola Program Studi (UPPS) menjalankan perannya dalam memastikan bahwa Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Arab memenuhi standar mutu yang ditetapkan.

Diharapkan, hasil asesmen lapangan ini akan memberikan masukan yang bermanfaat bagi Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Arab untuk terus melakukan perbaikan dan inovasi demi meningkatkan daya saing lulusan.

Penulis: Tim HUMAS FS UM

id_IDIndonesian